Waspadai Bahaya Kanker Payudara Pada Pria

waspada kanker payudara pada pria

waspada kanker payudara pada pria

Meskipun kasusnya jarang sekali terjadi, kanker payudara juga bisa dialami oleh pria. Berbeda dengan kasus kanker payudara pada wanita, umumnya kasus kanker payudara pada pria muncul ketika pria sudah berusia lanjut serta ketika kanker tersebut sudah mencapai tahap akhir.

Setiap tahunnya, di Amerika ditemukan sekitar 2000 kasus kanker payudara pada pria dan diperkirakan ada 500 pria yang meninggal akibat penyakit kanker payudara.

Kanker payudara memang bisa terjadi kapan saja, namun umumnya banyak ditemukan pada pria yang berumur 60 sampai 70 tahun atau bisa dikatakan 10 tahun lebih mundur bila dibandingkan dengan wanita.

Penyakit kanker payudara pada pria baru bisa terdiganosis ketika seorang pria sudah berusia lanjut karena banyak pria yang merasa tidak mungkin mengalami penyakit seperti ini. Penyebab pasti dari penyakit kanker payudara pada pria masih belum diketahui secara pasti. Namun banyak ahli kesehatan yang percaya bahwa beberapa pria memiliki resiko mengalami kanker payudara lebih besar daripada pria lainnya.

Pria yang memiliki pola hidup yang tidak sehat, seperti kegemukan atau obesitas, kurang bergerak, mengkonsumsi junkfood secara berlebihan, suka begadang serta memiliki kebiasaan merokok lebih beresiko mengalami kanker payudara.

Beberapa kasus kanker payudara pada pria kebanyakan tidak murni kanker payudara karena bisa saja ditunjang oleh berbagai factor yang lain, misalnya karena ada kanker paru-paru akibat dari kebiasaan merokok. Pada pria, ukuran payudara juga dapat mempengaruhi, sebab pada pria yang tubuhnya gemuk juga memiliki kelenjar susu, sehingga dia lebih rentan mengalami kanker payudara.

Maka dari itu, tidak ada salahnya bagi para pria untuk terus memeriksakan kondisi kesehatan tubuhnya serta payudaranya.  Ketika terlihat adanya suatu benjolan atau rasa nyeri pada bagian payudara maka sebaiknya segera berkonsultasi pada dokter ahli.

Selain karena factor diatas, ada juga beberapa factor yang rupanya ikut berperan dalam meningkatkan resiko kanker payudara pada pria, seperti:

  • Mewarisi gen BRCA1 serta BRCA2 yang termutasi dalam tubuhnya
  • Memiliki Klinefelter syndrome, yaitu suatu kelainan genetic dimana tubuhnya memiliki kromosom ekstra
  • Riwayat penyakit payudara yang bukan kanker
  • Pembesaran payudara pada pria atau gynecomastia

Sama seperti wanita, pria juga memiliki jaringan payudara yang tumbuh ketika masa puber. Namun, perkembangan jaringan payudara pada pria tidak sebanyak wanita. Sehingga, meskipun jarang terjadi, pria juga bisa saja mengalami kanker payudara.

Beberapa gejala kanker payudara pada pria, meliputi:

  • Adanya benjolan di payudara
diagram payudara pria

diagram payudara pria

Gejala awal dari kanker payudara adalah adanya benjolan di daerah payudara. Meskipun benjolan tersebut tidak terasa sakit saat diraba, namun bila anda menemukan adanya benjolan yang tidak wajar pada bagian payudara maka sebaiknya periksakan ke dokter ahli.

  • Keluar cairan dari putting

Gejala lain dari kanker payudara adalah keluarnya cairan baik berupa darah maupun cairan berwarna putih dari putting susu. Bila putting susu sampai keluar cairan seperti ini, hal tersebut menandakan bahwa kanker payudara yang anda alami sudah dalam tahap yang parah.

  • Rasa lemah serta lelah

Gejala lain dari kanker payudara adalah timbulnya rasa lemah serta lelah yang berlebihan. Hal seperti ini terjadi, karena perkembangan sel kanker dapat mengganggu fungsi tubuh sehingga menyebabkan rasa lemah, lelah bahkan dehidrasi.

  • Kurangnya nafsu makan dan berat badan

Umumnya, seseorang yang tubuhnya terasa tidak enak akan berkurang nafsu makannya. Karena sel kanker mampu mempengaruhi fungsi tubuh, maka tubuh kita tidak mampu menyerap nutrisi secara maksimal.  Hal inilah yang menyebabkan berat badan menjadi berkurang.

  • Munculnya berbagai gangguan fungsi tubuh

Sel kanker payudara merupakan jenis sel kanker yang sangat agresif dalam menyerang tubuh. Sehingga berbagai fungsi tubuh kita akan terganggu serta dapat menyebabkan timbulnya berbagai macam gangguan kesehatan. Sel kanker payudara juga dapat mempengaruhi kesehatan hati maupun prostat pada pria.

Kanker payudara baru bisa didiagnosis dengan cara melakukan pembedahan atau biopsy pada bagian payudara maupun di bagian ketiak. Sayangnya, tidak ada pemeriksaan rutin untuk penyakit kanker payudara serta tidak adanya rasa sakit pada benjolan di payudara. Maka dari itu, kanker payudara pada pria umumnya baru ditemukan ketika sel kanker sudah menyebar ke organ tubuh atau jaringan yang lain.

pria yang pernah mengidap kanker payudara

pria yang pernah mengidap kanker payudara

Pengobatan utama untuk kasus kanker payudara pada pria adalah tindakan operasi yang dikenal dengan nama amstektomi total. Operasi mastektomi total adalah suatu operasi untuk mengangkat payudara secara keseluruhan serta melakukan biopsy pada kelenjar getah bening sentinel.

Lumpektomi atau operasi konservasi payudara umumnya tidak dilakukan pada pria, karena pria tidak memiliki banyak jaringan dalam payudaranya seperti wanita.

Masih sedikit sekali penelitian yang dilakukan untuk mengobati kanker payudara pada pria. Dikarenakan kasus kanker payudara pada pria juga jarang sekali terjadi. Namun, kanker payudara pada pria juga hampir sama dengan kanker payudara pada wanita, sehingga beberapa perawatan tetap bisa dilakukan, seperti kemoterapi, terapi radiasi, terapi target serta terapi hormone.

Tindakan perawatan seperti kemoterapi baru bisa dilakukan setelah melakukan tindakan operasi dengan tujuan untuk mengurangi kemungkinan kanker payudara muncul kembali di bagian tubuh yang lain.

Bila kanker payudara sensitive terhadap hormone tertentu, yang ditandai dengan adanya reseptor progesterone maupun estrogen, maka kanker payudara pada pria mungkin bisa diobati dengan obat penghalang hormone atau tamoxifen.

2 comments for “Waspadai Bahaya Kanker Payudara Pada Pria

  1. Pingback: max
  2. Pingback: lewis

Comments are closed.