Bahan Alami Untuk Mengurangi Masalah Pernapasan

sistem pernapasan

sistem pernapasan

Masalah pernapasan sebenarnya mencakup berbagai macam penyakit maupun ganggun yang mempengaruhi system pernapasan serta paru-paru.

Ada dua kategori dari masalah pernapasan, yaitu masalah pernapasan atas dan masalah pernapasan bawah.

Masalah pernapasan bagian atas meliputi hal-hal yang sederhana, seperti flu biasa, gangguan pada hidung, sinus, mulut serta tenggorokan. Masalah pernapasan atas umumnya lebih mudah untuk diobati.

Masalah pernapasan bagian bawah seringkali terjadi karena adanya gangguan yang mempengaruhi saluran bronkial serta paru-paru. Kebanyakan orang mengalami satu atau dua infeksi pernapasan dalam setiap tahunnya.

Masalah pernapasan umumnya tidak begitu serius, namun sangat mengganggu kehidupan pengidap masalah pernapasan itu sendiri.

Beberapa masalah pada system pernapasan, meliputi batuk, radang tenggorokan, sakit tenggorokan, sulit bernapas, nyeri dibagian dada, demam, mengi, tekanan pada sinus, hidung meler, serta sakit dibagian telinga.

Umumnya masalah pernapasan tidak akan menjadi masalah yang serius. Namun bila masalah pernapasan tidak segera ditangani, maka akan mengembangkan pneumonia serta kerusakan pada saluran pernapasan anda.

Banyak orang yang menyarankan untuk menggunakan obat antibiotic untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan. Penggunaan antibiotic secara terus menerus justru akan membuat bakteri penyebab masalah pernapasan menjadi kebal terhadap antibiotic dan semakin sulit untuk ditangani.

Cara yang lebih baik untuk mengatasi masalah pernapasan adalah dengan cara yang alami. Ada begtu banyak bahan alami yang bisa kita gunakan untuk mengatasi masalah pernapasan.

Berbagai bahan alami untuk mengurangi masalah pernapasan, meliputi:

  • Licorice
akar licorice dan permen licorice

akar licorice dan permen licorice

Akar licorice telah digunakan sejak zaman dahulu untuk mengatasi masalah pernapasan karena memiliki sifat antibakteri, antivirus, anti-inflamasi serta ekspektoran alami. Disamping itu, licorice juga memiliki sifat menenangkan. Adanya kandungan saponin dalam licorice mampu membantu mengurangi lendir berlebihan pada saluran pernapasan. Lendir berlebihan pada system pernapasan umumnya merupakan reaksi alami dari tubuh kita untuk melawan bakteri maupun virus dalam saluran pernapasan. Kandungan antioksidan dalam licorice juga mampu mengurangi peradangan pada saluran pernapasan, sehingga napas anda menjadi lebih lega.

  • Ginkgo biloba

Bila anda mengalami masalah pernapasan yang disebabkan oleh adanya penyakit asma, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan ekstrak ginkgo. Ekstrak ginkgo mampu mencegah terjadinya serangan asma dengan cara menghambat factor kimia tertentu dalam tubuh kita. Hal ni nantinya akan menenangkan tubuh kita dan mengurangi munculnya batuk serta mengi yang terjadi karena serangan asma.

  • Peppermint

Peppermint mengandung bahan aktif penting yaitu menthol. Menthol mampu membersihkan saluran pernapasan, mengurangi peradangan, membasmi radikal bebas serta mencegah terjadinya serangan alergi. Karena itulah, menthol sering digunakan sejak zaman dahulu untuk mengurangi masalah pernapasan. Mengkonsumsi teh peppermint merupakan salah satu cara yang baik untuk mengurangi masalah pernapasan. Selain itu anda juga bisa menggosok dada anda dengan minyak peppermint untuk melonggarkan pernapasan secara cepat.

  • Thyme

Daun thyme mengandung antibiotic alami yang bersifat anti virus dan antijamur. Menambahkan beberapa potong daun thyme pada masakan yang anda konsumsi akan mencegah terjadinya masalah pernapasan maupun infeksi pada pernapasan. Anda juga bisa mencium minyak thyme untuk melonggorkan serta memperbaiki masalah pernapasan.

  • Oregano
manfaat oregano untuk kesehatan

manfaat oregano untuk kesehatan

Oregano juga memiliki minyak esensial yang cukup efektif untuk mengurangi masalah pada pernapasan. Oregano mengandung asam rosmarinic yang ternyata memiliki sifat antihistamin dan juga bersifat dekongestan. Oregano juga memiliki sifat antibakteri yang baik karena adanya asam rosmarinic. Menghirup aroma minyak oregano atau menambahkan oregano dalam makanan anda, akan mengurangi lendir sekaligus membunuh berbagai bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan.

  • Jahe

Menambahkan jahe atau mengkonsumsi teh jahe mampu memperbaiki masalah pernapasan. Masalah pernapasan yang paling umum terjadi adalah batuk serta pilek. Jahe memiliki sifat antibakteri serta ekspektoran alami yang nantinya akan mengurangi masalah pada pernapasan. Jahe akan membantu mengeluarkan lendir berlebihan serta akan melonggarkan pernapasan anda.

  • Bawang putih

Menambahkan bawang putih atau mengkonsumsi sepotong kecil bawang putih secara langsung juga mampu mengurangi masalah pernapasan. Bawang putih memiliki sifat antibiotic alami yang nantinya akan ikut mencegah terjadinya infeksi serta mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Hal ini nantinya akan membuat napas anda menjadi lebih lega.