Bahaya Kekurangan Dan Manfaat Dari Vitamin B5

makanan yang kaya akan vitamin B5

makanan yang kaya akan vitamin B5

Vitamin B5 atau asam pantotenat, dikenal sebagai salah satu vitamin yang mampu mengobati gangguan mental yang serius, seperti stress kronis, kecemasan maupun depresi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B5 akan memastikan kesehatan serta semua system organ tubuh kita dapat berfungsi dengan baik.

Vitamin B5 melakukan berbagai macam fungsi dari tubuh kita, seperti produksi neurotransmitter di otak, pemyimpan steroid, mengekstrak lemak, mengolah protein serta mengolah berbagai nutrisi penting lainnya dari makanan yang kita konsumsi.

Beberapa gejala dari kekurangan vitamin B5, adalah rasa sakit pada kaki, peradangan pada kaki, nyeri kaki yang sering sekali datang serta kaki menjadi mati rasa. Beberapa gejala dari kekurangan vitamin B5 yang lainnya, meliputi anemia, insomnia, muntah-muntah, kontraksi otot serta kulit yang cenderung berkembang secara tidak normal.

Berbagai jenis makanan yang kaya akan vitamin B5, meliputi brokoli, jamur, kacang-kacangan, kubis, sawi, madu serta salmon. Selain itu, vitamin B5 juga bisa kita dapatkan dari makanan lainnya, seperti telur, susu, keju, yoghurt, ikan serta ragi. Gandum, kacang tanah, kacang kedelai serta molase juga mengandung vitamin B5.

Ada begitu banyak manfaat dari vitamin B5 untuk menunjang kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Sebagai synthesizer

Vitamin B5 berfungsi sebagai synthesizer atau digunakan dalam proses pembentukan dari berbagai macam komponen yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Vitamin B5 sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan lemak, karbohidrat, protein, asam amino serta antibiotic alami. Selain itu, vitamin B5 juga ikut merangsang hormone adrenalin.

  • Mengurangi stress
vitamin B5

vitamin B5

Vitamin B5 mampu mengurangi stress serta berbagai masalah gangguan mental serius lainnya, seperti depresi maupun kecemasan. Sehingga, vitamin B5 ikut menjaga pikiran kita tetap dalam kondisi bugar. Vitamin B5 berfungsi sebagai pengatur berbagai hormone yang berperan dalam kondisi stress, depresi maupun cemas.

  • Menjaga kesehatan jantung

Vitamin B5 juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan jantung. Vitamin B5 bertugas untuk mengatur kadar kolesterol dalam tubuh serta ikut membantu menjaga kestabilan tekanan darah dalam tubuh kita. Dengan begini, maka jantung akan tetap sehat dan mampu bekerja dengan lebih baik.

  • Meningkatkan stamina

Vitamin B5 ikut membantu mengurangi kelelahan serta meningkatkan stamina. Vitamin B5 membuat system metabolism tubuh kita berjalan dengan baik dan benar. Dengan demikian, maka vitamin B5 akan membuat stamina tubuh kita menjadi meningkat untuk melakukan berbagai aktivitas dengan cara yang sehat. Maka dari itu, vitamin B5 sering digunakan sebagai suplemen untuk orang-orang yang aktif maupun atlet.

  • Menjaga kesehatan rambut dan kulit

Vitamin B5 juga ikut menjaga kesehatan rambut dan kulit. Menggkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B5 akan membuat rambut anda menjadi semakin sehat dan kuat. Selain itu kulit anda juga akan semakin sehat dan terbebas dari tanda-tanda penuaan seperti keriput maupun noda pada kulit. Vitamin B5 merupakan vitamin yang penting untuk menjaga warna rambut anda yang alami, dan menjaganya tetap sehat sampai tua.

  • Larut dalam air

Vitamin B5 merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air. Kelebihan vitamin B5 akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Hal ini tentu saja membuat tubuh anda tetap dalam kondisi sehat, karena tidak ada penumpukan vitamin yang nantinya bisa menjadi racun yang justru berbahaya bagi tubuh.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh
berbagai macam jamur

berbagai macam jamur

Vitamin B5 juga mampu meningkatkan system kekebalan tubuh kita. Sebab, vitamin B5 ikut berperan dalam melawan mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi maupun penyakit. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B5 akan meningkatkan produksi sel darah putih, sehingga system kekebalan tubuh menjadi semakin optimal.

  • Meningkatkan hemoglobin

Vitamin B5 dipercaya mampu meningkatkan kadar hemoglobin dalam tubuh kita. Hal ini nantinya akan membantu organ hati dalam proses metabolism zat beracun dalam tubuh. Selain itu, meningkatnya kadar hemoglobin akan memperbaiki proses pembelahan sel serta reproduksi DNA dalam tubuh kita.

Selain itu, masih ada berbagai macam manfaat yang bisa kita dapatkan dari vitamin B5 untuk menunjang kesehatan kita. Vitamin B5 dipercaya mampu meringankan gejala asma, osteoarthritis, sidrom pramenstruasi serta masih banyak lagi.