Bahaya Lain Stres Dan Cara Mengatasi Stres Dalam Bekerja

stres

stres

Stres yang kita alami ketika kita masih muda nantinya akan berbuntut panjang bagi kesehatan.

Menurut berbagi penelitian, orang-orang dewasa yang sering mengalami stress di waktu muda akan mengalami gangguan memori jangka pendek ketika usia semakin menua.

Hubungan antara hormone dengan gangguan memori jangka pendek ini diungkapkan oleh peneliti yang berasal dari unuversitas Iowa, Amerika Serikat. Menurunnya kemampuan memori lebih disebabkan oleh tingginya hormone kortisol yang diproduksi ketika kita mengalami stress.

Kortisol alias hormone stress masih tetap kita perlukan untuk bertahan hidup, namun tentunya dalam jumlah yang sedikit. Hormone kortisol sebenarnya membantu kita dalam menghadapi situasi yang penuh tekanan, membuat kita lebih awas serta dapat berpikir dengan cepat. Namun bila jumlahnya terlalu banyak, maka dampaknya tentu saja akan buruk sekali bagi kesehatan.

Bila hormone kortisol tetap ada dalam tubuh kita dengan kadar yang terlalu tinggi, maka akan memberikan dampak yang buruk bagi tubuh kita. Dampaknya meliputi gangguan pencernaan, kecemasan, peningkatan berat badan maupun tekanan darah tinggi.

Hormon kortisol yang muncul karena stress juga merupakan salah satu penyebab dari pelapukan pada organ otak. Maka dari itu, perlahan-lahan akan membuat organ otak kita jadi terganggu.

pikun di usia tua

pikun di usia tua

Dalam penelitian tersebut, pada peneliti menemukan bahwa peningkatan kadar hormone kortisol karena stress yang berkelanjutan akan secara bertahap menghilangkan jaringan penghubung atau sinap pada organ otak bagian depan. Bagian depan otak kita merupakan pusat kognitif yang juga bertanggung jawab atas memori jangka pendek.

Seiring dengan semakin bertambahnya usia seseorang, maka paparan kortisol yang terjadi secara berulang-ulang karena stress secara berkepanjangan akan menyebabkan sinap otak semakin mengkerut dan lama kelamaan akan hilang. Akibatnya, fungsi mengingat pun jadi ikut berkurang.

Selain karena stress berkepanjangan, kondisi seperti trauma berat, kematian anggota keluarga, kehilangan pasangan maupun korban pelecehan juga merupakan orang yang memiliki kadar kortisol tinggi dalam tubuhnya.

Stres, sebenarnya juga dapat membantu untuk menampilkan performa kerja yang lebih cemerlang, baik di tempat kerja maupun di tempat yang lain. Namun, stress yang terjadi dalam waktu yang lama nantinya akan membuat perasaan menjadi tidak nyaman. Seperti mudah emosi, kurang waspada,kurang konsentrasi dan lain sebagainya.

Maka dari itu, bila stress yang anda rasakan sudah terlalu berlebihan, sebaiknya cobalah melakukan beberapa cara seperti dibawah ini:

  • Ganti tugas

Seorang psikiatri dari San Diego, David Reiss, mengatakan bahwa bila memungkinkan maka kerjakanlah tugas yang lainnya selain tugas yang membuat anda merasa stress. Mengerjakan hal lain untuk beberapa saat akan memberikan istirahat pada otak anda dari stress yang dipicu oleh suatu tugas.

  • Membantu orang lain

Melakukan hal yang baik seperti membantu orang lain akan membuat anda merasa lebih tenang. Seorang penulis bernama Gretchen Rubin mengatakan, melakukan sesuatu yang baik akan mengurangi stress yang di dapat dari lingkungan kerja. Misalnya mengirim info yang bermanfaat pada rekan kerja atau membantu orang membawa barang mereka ketika mereka tampak kerepotan.

  • Tenangkan pikiran

Ketika pikiran anda terlalu penuh dengan pekerjaan, cobalah untuk menenangkan pikiran dengan melakukan meditasi. Cukup pejamkan mata sesaat sambil menarik napas panjang, kemudian hembuskan napas anda secara perlahan. Lakukan cara seperti ini berulang-ulang maka pikiran anda akan tenang kembali.

  • Lakukan peregangan
melakukan peregangan

melakukan peregangan

Melakukan peregangan pada bagian bahu, punggung maupun lutut juga dapat mengurangi ketegangan akibat stress. Caranya luruskan kedua lengan anda ke depan lalu tarik napas panjang sambil mengangkat tangan anda ke atas kepala. Lalu hembuskan napas secara perlahan. Untuk peregangan punggung anda bisa berdiri dengan tegak sambil membusungkan dada serta merilekskan lengan. Tarik napas panjang dan hembuskan secara perlahan. Gerakan seperti ini juga dapat memudahkan aliran darah ke kepala dan anda akan merasa segar kembali.

  • Bergerak

Lakukan gerkan kecil seperti melompat atau sekedar berjalan-jalan sejenak. Menurut para instruktur senam, cara seperti ini akan membuat mood anda menjadi lebih baik selama bekerja sehingga tidak mudah stress.

  • Ubah sudut pandang

Pekerjaan akan selalu menbuat kita menjadi stress.maka dari itu disebut pekerjaan. Namun anda juga harus bisa mengatur stress supaya tidak sampai membuat anda menjadi semakin depresi. Jadi, cobalah untuk mengubah sudut pandang anda dengan menilai stress dari pekerjaan merupakan hal yang positif demi untuk kemajuan dalam bidang pekerjaan.