Bahaya Penggunaan Gadget Bagi Kesehatan

macam-macam gadget

macam-macam gadget

Berbagai gadget seperti, ponsel serta computer telah membuat hidup kita menjadi semakin mudah bagi mayoritas masyarakat.

Namun, penggunaan gadget juga dapat memberikan dampak yang tidak baik bagi kesehatan kita, seperti cedera.

Cedera yang disebabkan oleh karena penggunaan gadget secara berlebihan biasanya seperti masalah nyeri pada bagian leher serta bahu yang sering terjadi pada para pengguna gadget.

Cedera seperti nyeri pada bagian leher serta bahu karena penggunaan gadget biasanya disebabkan oleh terlalu seringnya menggunakan gadget dalam waktu yang lama, seperti memegang tablet dalam posisi tertentu maupun karena terlalu lama dalam mengetik di depan computer.

Banyak sekali kasus yang terjadi karena penggunaan gadget yang terlalu lama. Berbagai kasus tersebut tidak saja terjadi pada orang dewasa, namun bisa saja terjadi pada anak-anak.

Selain berbagai masalah seperti nyeri pada bagain leher serta bahu, penggunaan gadget yang terlalu lama bisa juga menyebabkan berbagai gangguan yang tidak bias diremehkan begitu saja bagi kesehatan kita.

Beberapa bahaya penggunaan gadget bagi kesehatan kita yang lain, meliputi:

  • Tersengat listrik

Perangkat elektronik seperti apapun juga pasti menggunakan listrik untuk mengoperasikannya. Tentu saja pasti ada bahaya seperti tersengat listrik walaupun jumlah kasusnya hanya sedikit sekali. Tersengat listrik dalam jumlah yang sediki tidak akan berbahaya bagi kesehatan kita. Namun, apabila seorang pengguna gadget mengidap penyakit jantung tentunya tersengat listrik akan menyebabkan terjadinya serangan jantung mendadak yang akibatnya bisa sangat fatal.

  • Gangguan kulit

Ada sebuah kasus gangguan kulit baru yang ditemukan karena kebiasaan memainkan game dengan menggunakan stick yang dipegang terlalu kuat dalam waktu yang lama. Gejala yang muncul seperti adanya ruam serta benjolan pada bagian telapak tangan. Kasus seperti ini terjadi pada seorang anak yang berumur 12 tahun yang berasal dari Swiss yang mengalami rasa nyeri serta ruam pada bagian telapak tangannya. Setelah diperiksa, ternyata angguan tersebut disebabkan oleh kebiasaan memainkan game dnegan menggunakan stick terlalu lama.

  • Kejang-kejang
bermain ipad

bermain ipad

Game atau permainan virtual akan membuat seseorang terus menatap layar gadget. Ada beberapa orang yang peka terhadap cahaya yang keluar dari layar sehingga dapat memicu terjadinya kejang-kejang serta pingsan. Ada sekitar 1 dari 100 orang pengidap epilepsi serta 3 sampai 5% orang dengan kondisi sangat sensitive terhadap rangsangan cahaya yang dikeluarkan oleh layar gadget.

  • Nyeri dibagian tangan dan jari

Menggerakkan tangan serta jari secara berulang-ulang dalam waktu yang lama, seperti mengetik maupun main game dengan menggunakan gadget, akan membuat otot serta saraf di bagian tangan maupun jari mengalami cedera secara bertahap. Salah satu cedera yang paling sering terjadi adalah sindrom carpal tunnel yang disebabkan oleh adanya tekanan secara berlebihan dan terus-menerus pada saraf di daerah pergelangan tangan.

  • Sindrom penglihatan computer

Orang yang terlalu sering menggunakan computer lebih dari dua jam dalam sehari akan berresiko mengalami sindrom penglihatan computer. Sindrom ini terjadi karena menggunakan computer dalam waktu yang terlalu lama. Gejala dari sindrom penglihatan computer, meliputi penglihatan kabur, sakit kepala serta mata terasa kering.

  • Telinga berdengung

Gangguan kesehatan seperti telinga berdengung umumnya terjadi karena penggunaan ponsel yang terlalu lama. Telinga berdengung disebut juga dengan istilah tinnitus. Ada sebuah penelitian yang meneliti secara khusus kasus kejadian tinnitus. Dan ternyata, orang yang terlalu sering telepon dengan menggunakan ponsel akan mengalami resiko telinga berdengung 2 kali lebih besar daripada orang yang jarang menggunakan ponsel.

ponsel

ponsel

Selain itu, ada juga beberapa kebiasaan buruk yang sering kali kita lakukan tanpa sadar. Seingkali kita meletakkan gadget seperti tablet maupun ponsel di dekat bantal saat kita tidur agar kita bias lebih mudah memeriksa ponsel kita saat ada pesan atau telepon masuk.

Bahkan menurut sebuah survey, ada 44% pemilik ponsel yang suka melakukan kebiasaan seperti menaruh ponsel di dekat bantal sebelum tidur.

Kita memang sepertinya tidak bias jauh dari gadget seperti ponsel yang memang tampak penting sekali artinya. Namun sebaiknya saat kita hendak tidur simpanlah ponsel maupun gadget anda yang lain jauh-jauh dari tempat tidur.

Dibawah ini adalah beberapa resiko yang bisa saja terjadi karena adanya gadget yang letaknya terlalu dekat dengan kita ketika kita tidur.

  • Resiko kebakaran

Ada banyak kasus tentang ponsel pintar yang meledak dan terbakar di tempat tidur. Sejauh ini, kasus seperti ini diduga karena pemakaian baterai yang tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel. Maka dari itu, pilihlah aksesoris maupun baterai yang asli serta jauhkan ponsel anda dari tempat tidur.

  • Mengganggu tidur

sleep-texting1Televisi, ponsel, tablet maupun gadget yang menggunakan layar LED akan mengeluarkan cahaya yang berwarna kebiruan. Cahaya ini disinyalir dapat menghambat produksi hormone melatonin yang kita butuhkan untuk menjaga kesehatan kita. Terganggunya produksi hormone melatonin akan merusak jam biologis serta menyebabkan tubuh kita mudah terserang penyakit.

  • Radiasi

Belum ada penelitian yang telah membuktikan bahwa penggunaan ponsel dapat menyebabkan kanker. Namun, umumnya gadget maupun ponsel akan mengeluarkan radiasi elektromagnetis dalam kadar yang rendah. Perangkat lain seperti microwave maupun alat rontgen juga menghasilkan radiasi elektromagnetik. Menurut WHO, radiasi seperti ini bias saja bersifat karsinogenik pada manusia. Terlebih lagi pada anak-anak.