Bahaya Penggunaan Pendingin Ruangan Bagi Kesehatan

pendingin ruangan

pendingin ruangan

Tanpa kita sadari, kita sering menghabiskan waktu di dalam ruangan yang terdapat alat pendingin ruangan, seperti di kantor, kamar tidur maupun di pusat perbelanjaan. Meskipun memberikan rasa nyaman, pendingin ruangan juga dapat menyebabkan timbulnya dampak buruk bagi kesehatan.

Hidup di kota besar sepertinya tidak bias lepas dari pendingin ruangan yang membuat orang merasa lebih nyaman karena udara diluar terasa panas. Hal ini disebabkan oleh semakin panasnya suhu udara sebagai akibat dari pemanasan global. Padahal, penggunaan pendingin ruangan juga merupakan salah satu penyebab dari terjadinya pemanasan global karena dapat menyebabkan penipisnya lapisan ozon.

Orang-orang yang bekerja di dalam ruangan tertutup, seperti kantor yang memiliki pendingin ruangan, akan terpapar polutan yang berada di dalam ruangan tersebut. Polutan tersebut berasal dari penggunaan bahan bangunan sintetik, atau karena perawatan pribadi dari orang tersebut serta polutan yang berasal dari produk-produk rumah tangga yang banyak mengandung zat kimia.

Ruangan yang menggunakan pendingin ruangan biasanya cenderung tertutup. Maka, sirkulasi udara dalam ruang tersebut akan berputar-putar serta ditambah dengan berbagai polutan yang terdapat pada udara di dalam ruangan tersebut.

Hal seperti ini akan memicu terjadinya Sick Building Syndrome, yaitu suatu sindrom yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan serta dapat memperburuk pengidap penyakit asma serta alergi akibat dari adanya udara yang kotor.

Gejala yang ditimbulkan dari sindrom seperti ini, meliputi pusing, sinus dengan hidung tersumbat, mata merah dan berair, gatal-gatal di kulit, gatal di tenggorokan, mual, lesu serta sulit berkonsentrasi.

pendingin ruangan dalam kantor

pendingin ruangan dalam kantor

Bila gejala seperti diatas tidak segera ditangani, maka akan dapat menyebabkan munculnya penyakit yang lebih serius. Selain berbagai masalah kesehatan seperti diatas, penggunaan pendingin ruangan secara terus menerus akan membuat kulit menjadi kering serta tubuh lebih cepat kehilangan cairan.

Paparan udara dingin dari pendingin ruangan dalam waktu lama juga dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Sebab, pendingin ruangan bekerja dengan cara menyerap kelebaban dalam suatu ruangan.

Pendingin ruangan akan menarik kelembaban dari kulit sehingga menyebabkan kulit kering. Bila kita tidak melindungi kulit kita dengan pelembab, maka kulit kita akan mudah rusak. Kekeringan yang terjadi secara terus-menerus akan mempengaruhi lapisan kulit yang paling dalam.

Efek dari penggunaan pendingin ruangan dalam jangka panjang, bila kita tidak menjaga kesehatan kulit kita, meliputi:

  • Saat kulit kita mengalami kekeringan, maka kulit kita akan terasa gatal. Pendingin ruangan akan memperburuk kelainan yang terjadi pada kulit kita.
  • Hilangnya air serta kurangnya cairan pengganti pada kulit kita akan menyebabkan kulit mudah terkelupas, pacah-pecah serta kering.
  • kerutan pada kulit wajah

    kerutan pada kulit wajah

    Air sangat penting untuk menjaga aliran darah. Air juga berfungsi untuk mempertahankan elastisitas kulit kita. Ketika kelebaban dalam suatu ruangan telah hilang, maka kulit akan layu. Kulit yang layu akan menyebabkan munculnya penuaan dini.

  • Orang-orang yang sering melakukan kegiatan diluar ruangan lalu masuk ke dalam ruangan yang menggunakan pendingin ruangan tanpa menggunakan pelindung pada kulit akan memicu terjadinya kerusakan kulit yang relative serius karena adanya perubahan suhu udara yang terlalu ekstrem.
  • Efek akan semakin buruk karena adanya paparan polusi udara yang tinggi di luar ruangan, perubahan cuaca yang ekstrem, diet yang buruk serta adanya gaya hidup yang tidak sehat lainnya seperti kebiasaan merokok.

Maka dari itu, untuk menjaga kesehatan serta keindahan kulit kita, lakukanlah beberapa cara seperti dibawah ini:

  • Gunakanlah lotion pelembab kulit ketika anda berada di kantor. Selain itu cobalah untuk tidak menggunakan pendingin ruangan ketika anda berada di dalam rumah. Sebisa mungkin kurangi penggunaan pendingin ruangan.
  • Batasi penggunaan sabun pada daerah kulit yang rentan mengalami kering. Gunakan lotion untuk melembabkan kulit. Oleskan lotion pelembab kulit pada bagian leher, wajah, siku serta lutut. Lotion yang berbahan dasar air akan lebih baik.
  • Gunakan krim setelah anda mengoleskan lotion pelembab pada kulit anda.
  • Perbanyak minum air putih untuk menjaga kelembaban kulit anda, meskipun anda berada dalam ruangan yang menggunakan pendingin ruangan. Jangan tunggu sampai anda merasa haus, sebab air sangat mudah sekali diserap oleh tubuh kita.
  • Tempatkan mangkuk yang berisi air ketika anda berada dalam ruangan yang menggunakan pendingin ruangan. Pendingin ruangan cenderung menarik kelembaban suatu ruangan. Dengan menempatkan mangkuk yang berisi air akan mengurangi efek kulit kering karena penggunaan pendingin ruangan.