Bahayannya Kelebihan Vitamin

suplemen vitamin

suplemen vitamin

Ada baiknya untuk berhati-hati dalam mengkonsumsi suplemen vitamin E secara berlebihan khususnya bagi para pria. Sebab, konsumsi vitamin E yang terlalu berlebihan ternyata dapat menyebabkan munculnya berbagai macam gangguan pada kesehatan kita sendiri.

Berdasarkan sebuah penelitian terbaru telah menemukan bahwa kebiasaan seperti mengkonsumsi vitamin E maupun selenium dalam dosis tinggi tidak memberikan berbagai manfaat yang signifikan, justru dapat meningkatkan resiko munculnya kanker prostat. Hasil penelitian ini telah diterbitkan dalam Journal of National Cancer.

Vitamin E secara alami terkandung dalam berbagai macam sayuran, khususnya sayuran brokoli serta bayam. Selain itu vitamin E juga dapat kita temukan pada kacang-kacangan. Vitamin E merupakan nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia.

Sedangkan selenium merupakan mineral yang berfungsi untuk mencegah munculnya penyakit jantung. Selenium dapat kita temukan pada jenis makanan seperti daging serta ikan.

Para peneliti dari Fred Hutchinson Cancer Research Centre, Seattle, Amerika Serikat, menyatakan bahwa asupan vitamin E dan selenium dalam jumlah tinggi dapat meningkatkan resiko terjadinya penyakit kanker prostat sebesar 17%. Resiko ini justru akan semakin meningkat mencapai 91% jika seorang pria mengkonsumsi selenium sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin E yang keduanya dalam dosis tinggi secara rutin.

Para peneliti menyatakan bahwa, pada awalnya penelitian yang dilakukan merupakan sebuah penelitian untuk mengetahui secara detil apakah tambahan nutrisi seperti vitamin E dan selenium memang memiliki kemampuan dalam hal mencegah terjadinya kanker prostat. Namun yang terjadi justru sebaliknya dan benar-benar diluar dugaan. Para peneliti justru menemukan semakin banyak kasus kanker prostat pada pria yang mengkonsumsi vitamin E sebesar 400 IU setiap harinya, dibandingkan dengan pria yang hanya mengkonsumsi plasebo.

400 IU vitamin E setara dengan 363 mg vitamin E. Jumlah itu lebih besar 30 kali lipat dibandingkan dengan jumlah harian yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan. Resiko munculnya kanker prostat juga akan meningkat sebesar 63% pada pria yang mengkonsumsi selenium dalam dosis rendah dan ditambah dengan vitamin E.

katarak

katarak

Apapun itu yang baik untuk tubuh kita bila dilakukan secara berlebihan maka hasilnya akan tidak baik bagi tubuh kita. Begitu juga dengan mengkonsumsi vitamin secara berlebihan. Konsumsi vitamin secara berlebihan justru akan merusak kesehatan kita. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan pada dokter anda terlebih dahulu sebelum anda mengkonsumsi vitamin tambahan untuk menunjang kesehatan anda.

Segala sesuatu yang bermanfaat namun dilakukan secara berlebihan merupakan hal yang buruk yang dapat memberikan dampak sebaliknya. Vitamin memang baik untuk kesehatan, dengan catatan bila dikonsumsi sesuai dengan aturan dan tetap dalam jumlah wajar.

Bila vitamin dikonsumsi secara berlebihan, justru dapat berdampak buruk pada kesehatan. Contohnya vitamin E. Seperti yang kita ketahui sebelumnya, kelebihan vitamin E dapat menyebabkan kanker prostat.

Selain dapat menyebabkan kanker prostat, kelebihan konsumsi vitamin E juga berdampak pada kesehatan organ mata. Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Karolinska Institute, Stockholm, yang telah menemukan bahwa kelebihan kadar vitamin E dalam tubuh akan memicu munculnya penyakit katarak sebesar 60%. Sedangkan kelebihan vitamin lain seperti vitamin C diketahui mampu meningkatkan resiko munculnya kebutaan sebesar 20%.

Menurut para peneliti, suplemen vitamin E dan C sebelumnya diduga mampu melindungi organ mata dari penyakit katarak maupun kebutaan, sebab kedua vitamin tersebut merupakan komponen dari antioksidan.

Namun, bila vitamin E dan C dikonsumsi secara berlebihan, ternyata dapat membuat keseimbangan protein pada organ mata menjadi terganggu sehingga mata justru menjadi lebih rentan terhadap penyakit.

suplemen

suplemen

Tubuh manusia tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan maupun memproduksi vitamin C sendiri. Sumber vitamin C berasal dari sayuran serta buah-buahan. Kadar vitamin C yang direkomendasikan oleh para ahli kesehatan sebesar 40 mg perhari.

Manfaat dari vitamin C bagi tubuh kita adalah untuk menjaga kesehatan sel-sel tubuh serta mempercepat proses penyembuhan. Dengan mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan yang mengandung vitamin C maka kita sudah dapat memenuhi kebutuhan vitamin harian yang sesuai dengan kebutuhan kita sehari-hari.

Jika anda ingin mengkonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen maupun tablet, maka sebaiknya lakukanlah sesuai dengan saran yang dianjurkan oleh dokter maupun para ahli kesehatan. Hal seperti ini bertujuan agar anda terhindar dari bahayanya kelebihan vitamin dalam tubuh yang dapat mengganggu kesehatan tubuh anda secara menyeluruh.