Beberapa Cara Agar Kita Tidak Mudah Lapar

obesitas

obesitas

Beberapa kasus terjadinya obesitas kebanyakan disebabkan oleh adanya rasa mudah lapar. Kita selalu berusaha untuk membatasi asupan makanan untuk menjaga berat badan kita agar tetap stabil.

Namun umumnya terasa sangat sulit sekali karena kita sering merasakan lapar, padahal baru beberapa jam yang lalu kita makan.

Rasa lapar yang terjadi beberapa jam setelah makan, sering menjadi masalah bagi banyak orang. Bila rasa lapar yang berlebihan seperti ini diabaikan, maka nantinya akan menyebabkan kita mengalami kesulitan dalam berkonsentrasi. Namun, bila rasa lapar ini kita turuti nantinya akan berdampak pada berat badan kita.

Rasa lapar yang mudah sekali muncul setiap saat sebenarnya bisa kita siasati. Ada beberapa cara untuk mencegah rasa mudah lapar agar kesehatan kita tidak terganggu karena kondisi seperti ini.

Beberapa cara agar kita tidak mudah lapar, meliputi:

  • Perbanyak aktivitas fisik

Berolahraga memang baik. Bahkan lebih baik daripada melakukan aktivitas fisik. Namun, umumnya setelah berolahraga seseorang justru merasa lapar. Dan tidak jarang orang yang merasa lapar setelah berolahraga akan makan dalam jumlah yang lebih besar.

Jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh terkadang jutru lebih banyak daripada kalori yang dibakar melalui olahraga.

Untuk menghindari hal ini, sebaiknya lakukanlah aktivitas fisik yang agak berat, seperti bersepeda, berenang, menari atau berjalan kaki. Kalori yang dibakar ketika kita melakukan aktivitas fisik memang tidak sebanyak kalori yang dibakar ketika kita melakukan olahraga. Namun, bila kita rutin melakukan aktivitas fisik, pelan tapi pasti hasilnya juga akan terlihat. Hasilnya hampir setara dengan berolahraga.

  • Istirahat yang cukup

Kurang tidur atau istirahat bisa menyebabkan nafsu makan menjadi semakin meningkat. Selain itu, kurang istirahat juga dapat menyebabkan kita menjadi lebih tertarik untuk mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa, kurang tidur atau istirahat akan membuat perut kita mudah lapar sehingga kita cenderung memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung lemak serta karbohidrat. Maka dari itu, tidur atau istirahat yang cukup bisa mengendalikan keinginan kita untuk makan maupun ngemil makanan-makanan yang tidak sehat.

  • Air putih

air putih 4Minum air putih dalam jumlah yang cukup telah terbukti dapat menekan nafsu makan. Ada sebuah penilitian yang menunjukkan bahwa orang yang minum air putih sebanyak 7 gelas per hari memiliki jumlah kalori yang lebih sedikit di dalam tubuhnya dibandingkan dengan orang yang minum air putih kurang dari 7 gelas per hari. Minum segela air putih sebelum makan juga merupakan salah satu cara yang baik agar perut kita terasa lebih kenyang sehingga makanan yang kita konsumsi tidak terlalu berlebihan.

  • Makan tepat pada waktunya

Sebaiknya mulai sekarang aturlah jam makan anda. Cobalah untuk sarapan sekitar 1 jam setelah bangun tidur lalu ambil jeda aktu sekitar 3 atau 4 jam sebelum makan siang. Makan tepat pada waktunya setiap hari akan melatih tubuh kita sendiri untuk bisa menahan rasa lapar yang berlebihan.

Cara seperti ini bisa mengurangi keinginan untuk ngemil makanan yang tidak menyehatkan. Ketika anda makan tepat pada waktunya anda juga harus tetap menjaga menu makanan yang anda konsumsi. Konsumsilah makanan-makanan yang baik dan jangan terlalu berlebihan. Pola makan yang baik seperti ini juga akan membuat tubuh kita selalu berenergi.

  • Mengendalikan stres

Stres juga dapat mempengaruhi perasaan pada seseorang. tres dapat memicu rasa lapar yang muncul secara tiba-tiba. Pada saat kita mengalami stres, ada hormon-hormon tertentu yang jumlahnya semakin meningkat sehingga kita cenderung mencari-cari cara agar tubuh kita menjadi lebih nyaman.

Umumnya, makanan-makanan yang mengandung lemak maupun gula merupakan jenis makanan yang dapat menimbulkan rasa nyaman ketika kita mengalami stres. Bila kondisi seperti ini berlangung terus menerus lama kelamaan akan memicu munculnya penyakit berbahaya seperti diabetes.

Banyak orang yang menghindari konsumsi buah alpukat dengan alasan takut gemuk sebab alpukat mengandung lemak. Padahal, alpukat justru dapat membantu tubuh kita tetap langsing karena dengan mengkonsumsi alpukat akan membuat perut kita menjadi kenyang lebih lama. Jadi, untuk mencegah agar kita tidak mudah lapar, kita bisa mengkonumi buah alpukat.

buah alpukat

buah alpukat

Ada sebuah penelitian yang menunjukkan baha dengan mengkonsumsi separuh buah alpukat akan mengurangi keinginan untuk makan maupun ngemil di sore hari. Sebab, kandungan lemak tak jenuh tunggal serta serat dalam buah alpukat dapat mencegah perut mudah lapar.

Lemak tak jenuh tunggal merupakan lemak yang baik bagi kita karena tidak menyebabkan kita mengalami kegemukan. Buah alpukat juga mengandung asam lemak oleat yang baik sekali untuk kesehatan kita. Asam lemak oleat mampu menurunkan resiko terjadinya penyakit jantung koroner. Selain itu alpukat juga mengandung banyak vitamin eperti vitamin A dan vitamin C.

Untuk mencegah rasa mudah lapar, anda bisa mengkonsumsi alpukat segar atau sebagai bahan campuran untuk salad buah tanpa dressing. Anda juga bisa mengkonsumsi buah alpukat yang sudah di jus terlebih dahulu. Namun, sebaiknya jangan ditambah dengan susu kental manis maupun sirup.