Beberapa Faktor Penyebab Seseorang Bertubuh Kurus

tubuh yang kurus

tubuh yang kurus

Tentunya ada sebagian orang yang memiliki tubuh kurus, walaupun sudah melakukan berbagai cara untuk menaikkan berat badannya.

Kebiasaan serta pola makan tidak selalu memiliki pengaruh yang sama terhadap bentuk tubuh setiap orang. Ada orang yang makannya banyak namun tetap kurus, ada juga orang yang makannya biasa-biasa saja namun tubuhnya lebih gemuk.

Ada beberapa factor penyebab seseorang bertubuh kurus. Selain dari factor kebiasaan makan, factor keturunan juga ikut berperan dalam menentukan kurus atau gemuknya seseorang.

Selain itu, ada juga beberapa factor lain yang mempengaruhi seseorang memiliki tubuh yang tetap kurus. Orang-orang yang mengidap penyakit kronis serta infeksi tidak bisa gemuk, karena setiap kalori yang dikonsumsi tidak bisa diubah menjadi otot.

Kalori yang diasup digunakan untuk memberikan energy bagi system daya tahan tubuhnya untuk melawan penyakit yang diidap oleh orang tersebut.

Bisa saja orang yang tubuhnya tetap kurus disebabkan oleh adanya gangguan fisiologis yang membuat system metabolisme tubuhnya berjalan terlalu cepat. Atau karena produksi enzim pencernaannya kurang, atau bisa juga karena rendahnya kemampuan usus untuk menyerap sari-sari makanan yang dikonsumsinya.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini adalah beberapa factor penyebab seseorang bertubuh kurus meskipun sudah melakukan berbagai cara untuk menaikkan berat badannya.

  • Faktor genetika

Kurus bisa disebabkan karena factor genetika. Ada 3 sifat genetik yang dapat mempengaruhi bentuk tubuh seseorang, yaitu ectomorph, mesomorph serta endomorph.

Tipe ectomorph menggambarkan seseorang yang terlahir dengan genetika kurus. Dari kecil sampai dewasa orang tersebut akan tetap kurus, meskipun makannya tergolong banyak. Orang-orang yang makannya banyak namun tubuhnya tetap kurus kemungkinan termasuk dalam tipe ectomorph. Kondisi seperti ini membutuhkan asupan kalori yang lebih banyak dengan gizi yang seimbang. Selain itu, mereka juga perlu mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi untuk memudahkan proses pembentukan otot.

Tipe mesomorph menggambarkan orang yang terlahir dengan genetika bertubuh kekar.Kondisi seperti ini akan membuat seseorang akan tampak berotot sejak ia masih kecil. Ketika tumbuh menjadi dewasa, tubuhnya tampak seperti atlet meskipun jarang sekali melakukan olahraga maupun latihan.

Tipe endomorph menggambarkan seseorang yang dilahirkan dengan factor genetika gemuk. Kondisi seperti ini membuat seseorang cenderung bertubuh gemuk, dari kecil hingga dewasa, meskipun frekuensi serta makanan yang dikonsumsi sama dengan teman-teman seusianya. Semakin dewasa, orang bertipe endomorph akan semakin mudah untuk gemuk.

  • Kurang asupan makanan bergizi
orang yang bertubuh kurus

orang yang bertubuh kurus

Faktor kurang asupan makanan bergizi merupakan factor yang paling memungkinkan yang membuat seseorang memiliki tubuh tetap kurus meskipun makannya banyak.

Bila seseorang kekurangan asupan makanan yang bergizi maka tubuhnya akan tetap kurus karena harus menyesuaikan energy yang dikeluarkan. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi makanan yang termasuk dalam 4 sehat 5 sempurna, seperti telur, daging, sayur, buah, susu dan lain sebagainya

  • Stres

Seseorang umumnya mengalami stress karena berbagai macam hal. Salah satu penyebab stress karena banyak pikiran. Berpikir juga dapat menguras tenaga. Bila tidak di imbangi dengan asupan makanan yang cukup serta istirahat, maka seseorang yang sering mengalami stress akan tetap bertubuh kurus.

  • Kurang cairan

Mayoritas tubuh manusia terdiri dari cairan. Bila seseorang mengalami kondisi seperti kekurangan cairan karena kurang minum maka akan menyebabkan terjadinya gangguan pencernaan serta dapat memnyebabkan tubuhnya menjadi kurus. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Hindari minuman bersoda karena kebanyakan mengandung zat kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

  • Terlalu sering begadang

kurusAgar segala fungsi dari tubuh kita dapat berjalan dengan baik dan lancar,sebaiknya kita dapat menyeimbangkan aktivitas dengan istirahat.

Terlalu sering begadang dapat penyebabkan terjadinya gangguan pada keseimbangan tubuh. Terlalu sering begadang bisa menyebabkan tubuh kita menjadi kurus.

  • Konsumsi minuman beralkohol

Minuman beralkohol tidak baik untuk kesehatan dan juga mengandung sedikit kalori yang tidak akan dapat menambah berat badan kita. Mengkonsumsi minuman beralkohol justru akan membuat lambung kita terisi oleh gas sehingga menyebabkan rasa penuh pada lambung yang menyebabkan nafsu makan kita jadi semakin berkurang.

  • Kurang olahraga

Olahraga sangat baik untuk kesehatan manusia. Bila seseorang kurang berolahraga maka tubuhnya akan rentan terserang berbagai macam penyakit. Tubuh yang rentan terserang penyakit akan menyebabkan tubuh menjadi kurus.