Beberapa Hal Yang Dapat Mengganggu Kesehatan Ginjal

organ ginjal

organ ginjal

Seperti yang kita ketahui bersama, ginjal merupakan organ ekskresi bagi semua vertebrata yang memiliki bentuk seperti kacang. Ilmu kedokteran yang mempelajari tentang ginjal serta berbagai penyakit yang berkenaan dengan ginjal disebut nefrologi.

Sebagai bagian dari system urin, ginjal memiliki fungsi untuk menyaring semua kotoran khususnya urea yang mengandung racun dari darah serta membuangnya secara bersamaan dengan air dalam bentuk urin.

Ginjal merupakan salah satu organ yang paling penting serta memiliki peranan yang sangat vital untuk menjaga kesehatan tubuh kita secara keseluruhan.

Bila ginjal kita sampai mengalami gangguan, maka hal seperti ini akan langsung mempengaruhi kesehatan tubuh kita secara menyeluruh. Maka dari itu, sudah seharusnyalah kita menjaga organ ginjal kita agar tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Salah satu cara yang penting sekali untuk menjaga kesehatan ginjal kita adalah dengan menerapkan pola hidup sehat serta menghindari berbagai macam hal yang dapat menganggu kesehatan ginjal.

Beberapa hal yang dapat menganggu kesehatan ginjal, meliputi :

  • Alcohol

Alcohol sangat buruk sekali bagi kesehatan tubuh kita. Sebaiknya jauhilah minuman beralkohol. Alkohol tidak hanya mampu merusak organ hati, namun juga dapat merusak organ ginjal.

  • Soda

Berdasarkan pada sebuah penelitian pada tahun 2008, seseorang yang mengkonsumsi 2 gelas soda atau lebih per hari, memiliki resiko yang lebih besar untuk terserang penyakit ginjal kronis. Meskipun hubungan antara kerusakan ginjal dengan minuman bersoda masih belum dapat ditemukan. Namun menurut The New York Times, minuman bersoda mengandung asam fosfat yang sangat tinggi. Asam fosfat sangat berkaitan dengan batu ginjal serta masalah ginjal lainnya, seperti gagal ginjal.

  • Rokok
pack rokok

pack rokok

Kebiasaan lain yang dapat menganggu kesehatan ginjal adalah kebiasaan merokok. Rokok mampu menganggu peredaran darah ke beberapa bahkan ke berbagai organ tubuh yang lainnya. Bila peredaran darah yang menuju ke ginjal sampai terganggu, maka fungsi ginjal pun juga akan mengalami gangguan. Gangguan yang terjadi secara terus menerus akan menyebabkan masalah yang serius pada ginjal.

  • Kafein berlebihan

Konsumsi kafein secara berlebihan mampu menyebabkan kerusakan permanen pada organ ginjal. Kafein juga mampu menyebabkan dehidrasi karena dapat mengurangi kadar cairan dalam tubuh. Mengkonsumsi kopi yang terlalu kental akan menyebabkan organ ginjal bekerja lebih keras untuk memisahkan air dengan kandungan-kandungan lain yang ada di dalam kopi. Perbanyak minum air setelah mengkonsumsi kopi untuk melindungi organ ginjal.

  • Menahan kencing

Kebiasaan seperti menahan atau menunda kencing juga dapat mempengaruhi fungsi ginjal. Menahan kencing dalam waktu yang terlalu lama akan membuat kandung kemih mengalami suatu tekanan yang nantinya akan sangat buruk sekali bagi organ ginjal.

  • Kurang minum

Kekurangan cairan karena kurang minum akan sangat berbahaya bagi tubuh serta organ ginjal. Air sangat penting untuk membuang racun-racun dalam tubuh kita. Kurang minum akan membuat racun-racun dalam tubuh kita semakin menumpuk dan terbawa ke organ tubuh kita yang lain dalam darah. hal seperti ini akan sangat berbahaya sekali bagi kesehatan kita.

  • Kurang gerak

Kurang gerak, baik itu karena kurang berolahraga atau kurang melakukan aktivitas fisik juga dapat mempengaruhi kinerja organ ginjal. Olahraga sangat baik untuk kesehatan tubuh kita serta mampu mencegah terjadinya masalah pada ginjal. Melakukan berbagai aktivitas fisik maupun olahraga mampu mengurangi resiko terjadinya masalah pada ginjal sampai 30%.

  • Kurang tidur

Tidur sangat penting artinya bagi kesehatan, yaitu untuk mengistirahatkan tubuh serta mampu mendongkrak proses penyembuhan terhadap penyakit. Kurang tidur ternyata juga mampu menyebabkan terjadinya gangguan bahkan kerusakan pada organ ginjal. Maka dari itu, sebaiknya mulai sekarang pastikan bahwa anda bisa mendapatkan waktu untuk tidur yang cukup, demi menjaga kesehatan ginjal.

  • Kurang vitamin
makanan yang mengandung vitamin B

makanan yang mengandung vitamin B

Kekurangan vitamin tertentu juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan pada ginjal. Kekurangan vitamin B6 mampu menyebabkan terjadinya batu ginjal. Maka dari itu, sebaiknya terapkan pola makan sehat serta diet yangs eimbang mulai dari sekarang. Beberapa jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B, meliputi ikan, kentang serta kacang polong.

  • Kekurangan mineral

Kekurangan mineral juga dapat mempengaruhi kinerja serta kesehatan organ ginjal. Contohnya kekurangan magnesium. Kekurangan mineral magnesium akan membuat tubuh kita kesulitan untuk menyerap kalsium dengan baik. Bila kalsium tidak dapat diserap dengan baik, maka nantinya akan berkumpul di ginjal dna menyebabkan batu ginjal. Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang kaya akan magnesium, seperti sayuran berdaun hijau, biji-bijian, buncis serta kacang-kacangan.

  • Kelebihan garam

Mengkonsumsi makanan yang kaya akan garam akan berdampak buruk bagi kesehatan. Kandungan garam yang berlebihan akan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Selain itu, kandungan garam yang terlalu berlebihan di dalam tubuh akan membuat beban kerja organ ginjal menjadi semakin berat serta kesulitan untuk membuang kelebihan garam yang ada dalam tubuh kita. Sebaiknya perbanyak minum air putih setelah mengkonsumsi makanan yang kaya akan garam untuk mempermudah proses pengeluaran garam dalam tubuh kita.

  • Konsumsi obat tertentu

obatMengkonsumsi obat-obatan tertentu memiliki efek samping yang sangat berbahaya bagi kesehatan organ ginjal. Kebiasaan mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit mampu mempengaruhi fungsi ginjal. Selain itu, mengkonsumsi vitamin C dalam bentuk tablet terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan iritasi pada organ ginjal serta organ pencernaan. Maka dari itu, sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter tentang efek samping dari obat-obatan yang anda gunakan.

  • Kelebihan protein

Para ahli dibidang kesehatan percaya bahwa asupan protein berlebihan akan sangat berbahaya bagi ginjal. Mengkonsumsi makanan yang kaya akan protein secara berlebihan akan sangat berbahaya bagi ginjal karena akan menyebabkan ginjal bekerja lebih keras. Ginjal yang bekerja lebih keras karena konsumsi protein berlebihan akan menyebabkan kerusakan pada organ ginjal itu sendiri.