Berbagai Bahaya Dari Kebiasaan Menggigit Kuku

kebiasaan menggigit kuku

kebiasaan menggigit kuku

Kebiasaan buruk seperti menggigit kuku umumnya sering dilakukan oleh anak-anak dan bisa saja berlanjut sampai anak tersebut telah berusia dewasa. Memang kebiasaan seperti menggigit kuku sering kali dipandang remeh.

Namun, semua itu salah. Ternyata, kebiasaan menggigit kuku merupakan suatu kebiasaan buruk yang dapat memberikan dampak yang buruk pula terhadap kesehatan seseorang.

Banyak penyakit yang bisa terjadi karena kebiasaan menggigit kuku. Salah satu penyakit yang sering terjadi karena kebiasaan menggigit kuku adalah penyakit flu. Selain itu, masih ada penyakit lain yang bisa timbul karena kebiasaan menggit kuku.

Kuku, merupakan tempat berkumpulnya berbagai macam kuman dan bakteri. Bakteri yang sering terdapat pada lapisan kuku merupakan bakteri keluarga enterobacteriaceae yang mencakup bakteri E.coli maupun bakteri salmonella. Bakteri dan kuman tersebut akan berkembang dengan baik di celah-celah kuku.

Ketika seseorang menggigit kuku, maka bakteri-bakteri yang cenderung berbahaya tersebut akan berpindah dari kuku ke mulut dan akan menuju ke usus. Bakteri yang menyebar sampai ke usus akan menyebabkan infeksi yang biasanya menyebabkan terjadinya penyakit seperti sakit perut serta diare.

Kebiasaan buruk seperti menggigit kuku juga dapat berpengaruh pada bentuk kuku, baik secara sementara maupun permanen. Kebanyakan, kuku diproduksi di bagian dasar kuku yang berbentuk lengkungan berwarna putih atau lunula.

kerusakan pada kuku

kerusakan pada kuku

Bila seseorang mengalami peradangan bahkan sampai mengalami infeksi kulit, khususnya di bagian lunula tersebut, maka hal seperti ini akan merubah bentuk kuku menjadi aneh.

Bentuk aneh pada kuku tersebut bisa hilang setelah satu atau dua minggu, namun ada juga yang akan tetap bertahan seperti itu selamanya.

Kebiasaan menggigit kuku biasanya terjadi hanya karena sekedar iseng atau hanya untuk mengusir kebosanan. Selain itu, kebiasaan menggigit kuku bisa juga terjadi karena seseorang mengalami rasa cemas.

Kebiasaan buruk seperti menggigit kuku juga dapat berdampak buruk pada bentuk gigi karena kebiasaan seperti ini akan mengikis enamel gigi dan bahkan dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada gusi yang disebabkan oleh kuman yang berpindah dari kuku ke mulut.

Ada berbagai bahaya dari kebiasaan menggigit kuku yang sangat berpengaruh pada kondisi dan kesehatan seseorang. Berbagai bahaya tersebut, meliputi:

  • Infeksi bakteri

Kuku, merupakan tempat yang nyaman bagi kuman dan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan kita. Bakteri seperti salmonella serta e.coli sering terdapat di lekukan kuku.

Ketika seseorang menggigit kuku, maka bakteri tersebut akan masuk ke mulut serta usus. Bila bakteri tersebut berkembang di dalam usus maka akan menyebabkan terjadinya sakit perut serta diare.

  • Paronychia
paronychia atau cantengan

paronychia atau cantengan

Dalam jangka panjang, kebiasaan menggigit kuku akan menyebabkan terjadinya paronychia atau biasa disebut cantengan, yaitu suatu infeksi kulit di sekeliling kuku. Hal seperti ini akan menimbulkan luka maupun lecet pada bagian kulit jari. Kulit di sekitar kuku akan membengkak, berwarna merah serta terasa nyeri.

Kulit di sekitar kuku yang lecet akan menjadi tempat masuknya bakteri yang terdapat di permukaan kulit khususnya bagian tangan dan jari.

Bila jari sampai terjadi pembengkakan karena cantengan, maka harus diambil melalui pembedahan. Paronychia kebanyakan disebabkan oleh bakteri, namun bisa juga dipicu oleh adanya jamur.

  • HPV

HPV atau Human Papilloma Virus tidak hanya mengganggu kesehatan organ genital pada wanita saja. Ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa virus HPV juga dapat ditemukan di bawah kuku, khususnya kuku pria.

Selain itu, bila anda memiliki kutil, kebiasaan menggigit kuku akan menyebabkan kutil tersebut menyebar ke bagian tubuh yang lain. Karena, kutil disebabkan oleh salah satu dari berbagai jenis virus HPV. Virus HPV sendiri merupakan suatu virus yang mudah untuk menular. Semakin banyak kulit yang terbuka, maka semakin mudah virus tersebut untuk menyebar. Dan kabar buruknya, virus HPV juga dapat menyebar ke mulut.

  • Kerusakan gigi

Kebiasaan menggigit kuku akan menyebabkan kerusakan gigi karena adanya oklusi gigi atau cara gigi untuk saling bersentuhan ketika mengunyah sesuatu.

Karena telah terbiasa untuk menggigit kuku, maka posisi gigi semakin bergeser. Hal seperti ini juga bisa menyebabkan infeksi khususnya di bagian mulut.