Berbagai Fakta Tentang Hidung Manusia

anatomi hidung

anatomi hidung

Hidung manusia berfungsi untuk mencium dengan cara mengikuti sesuatu yang berbau di sekitarnya. Fungsinya hampir sama seperti mata yang memberikan segala informasi melalui penglihatan serta telinga yang memberikan informasi melalui suara di sekeliling kita.

Hidung memiliki dua lubang hidung yang disebut dengan nama nostril. Lubang hidung serta saluran hidung dipisah oleh suatu dinding yang disebut dengan nama septum. Bagian hidung yang paling dalam mendekati tengkorak dan dilindungi oleh septum yang terbuat dari tulang yang tipis sekali.

Septum atau dinding hidung terbuat dari cartilage. Cartilage sendiri merupakan bahan fleksibel yang lebih keras jika dibandingkan dengan kulit maupun otot, namun tidak lebih keras daripada tulang. Ketika kita memencet bagian ujung hidung maka akan terasa seperti bergoyang-goyang.

Di balik hidung terdapat tempat yang disebut dengan nama rongga hidung yang berhubungan langsung dengan tenggorokan belakang. Rongga hidung ini dipisahkan dari bagian dalam mulut dengan langit-langit mulut yang disebut juga dengan nama palate.

Pada bagian atas dari rongga hidung yang juga disebut dengan nama olfactory epithelium, merupakan tempat memberikan data cipta maupun imajinasi terhadap sesuatu dengan penciuman. Olfactory epithelium memiliki banyak reseptor khusus yangsangat peka terhadap molekul bau yang menyebar melalui udara.

bagan hidung

bagan hidung

Secara tidak langsung, hidung ikut berperan dalam penampilan wajah dari seseorang. Selain berperan dalam penampilan wajah dari seseorang, hidung memiliki fungsi yang penting bagi kehidupan kita.

Ya, hidung memang memiliki fungsi yang penting bagi kehidupan kita. Fungsi dari hidung, meliputi bernafas, mencegah infeksi, mencium aroma dan lain sebagainya. Bahkan, hidung juga bisa membuat anda jatuh cinta serta mampu merasakan atau mendeteksi bahaya.

Jika kita bicara tentang rasa, maka indera yang terpikirkan oleh kita adalah indera pengecap atau lidah. Namun pada kenyataannya, rasa tidak akan ada artinya tanpa bantuan dari hidung.

Kenapa bisa begitu? Sejatinya indera penciuman serta indera perasa memiliki hubungan yang erat. Dengan adanya bau yang nikmat dari suatu makanan maka kita akan terdorong untuk mencicipinya. Maka dari itu, jangan pernah menganggap remeh kemampuan dari indera penciuman atau hidung anda.

Semua orang punya hidung, namun tidak semua orang tahu tentang berbagai fakta menarik tentang hidung. Berbagai fakta yang menarik tentang hidung, meliputi:

  • Hidung mampu mendeteksi trilyunan aroma
organ hidung

organ hidung

Ada penelitian terbaru yang mengungkapkan bahwa hidung kita memiliki 400 reseptor jenis bau bahkan mampu mengenali satu trilyun aroma yang berbeda-beda. Penelitian tersebut dilakukan oleh para peneliti dari Rockefeller University di New York, Amerika. Para peneliti jaman dulu pernah meneliti tentang kemampuan hidung dan mempercayai bahwa hidung “hanya” mampu mencium 10.000 aroma.

  • Hidung mampu membaui emosi

Sebuah penelitian di Utrecht University, belanda telah menemukan fakta bahwa manusia mampu membaui atau mendeteksi emosi melalui zat-zat kimia yang dikeluarkan oleh tubuh. Hal ini telah dibuktikan. Seseorang bisa merasakan perasaan takut atau jijik hanya dari aroma keringat dari orang lain.

  • Hidung mampu membuat kecanduan

Aroma dari bayi yang baru lahir dapat mempengaruhi otak wanita yang nantinya akan memicu rasa senang. Aroma ini nantinya akan merangsang produksi dopamine. Dopamine umumnya diproduksi ketika seseorang sednag melakukan hubungan intim, mengkonsumsi makanan enak maupun mengkonsumsi apapun yang menyebabkan kecanduan. Jadi dengan kata lain, aroma dari bayi membuat wanita menjadi merasa senang sehingga tanpa disadari membuat wanita tersebut menjadi kecanduan dengan aroma tersebut.

  • Manusia memiliki gaya bersin yang berbeda

Gaya bersin dari seseorang berbeda dnegan orang lain. Gaya bersin dipengaruhi oleh keturunan, sehingga dengan kata lain gaya bersin diturunkan dari generasi-generasi sebelumnya. Bisa jadi gaya bersin yang anda miliki sekarang dipengaruhi atau sama seperti gaya bersin ibu atau kakek anda.

  • Ingus melindungi tubuh
lubang hidung

lubang hidung

Ketika hidung anda kotor dan dipenuhi ingus, pastinya anda merasa tidak suka. Seharusnya anda justru berbahagia. Ingus dan kotoran yang ada didalam hidung justru melindungi anda dari infeksi maupun alergi. Lendir atau ingus dalam tubuh berfungsi untuk menangkap debu maupun mikroorganisme yang terbawa di udara, agar tidak memasuki system pernapasan yang nantinya menyebabkan alergi maupun infeksi. Meskipun lendir dalam hidung terasa menjijikkan, namun fungsinya sangat baik untuk kesehatan.

  • Jangan sepelekan bersin

Bersin merupakan suatu reflek dari tubuh yang sulit untuk dihentikan ketika akan terjadi. Bersin memiliki kecepatan lebih dari 150 kilometer per jam serta udara yang anda keluarkan ketika bersin bisa mencapai lima kaki atau 1,5 m. selain itu, satu kali bersin saja dapat menyebarkan 100.000 kuman di udara.

  • Kemampuan hidung semakin menurun karena usia

Ketika usia manusia semakin bertambah, maka semua kemampuannya semakin berkurang, termasuk kemampuan daya penciumannya. Umumnya kemampuan daya penciuman manusia akan berkurang ketika manusia mencapai usia 65 tahun. Ketika manusia telah mencapai usia 80 tahun, maka kemampuan hidungnya berkurang mencapai 50%.