Berbagai Gejala Saat Tubuh Kurang Vitamin Dan Mineral

sayur dan buah

sayur dan buah

Protein, karbohidrat, vitamin serta mineral merupakan berbagai macam zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Terlebih lagi vitamin dan mineral, zat ini sangat penting sekali artinya oleh tubuh kita, sehingga kita diharuskan untuk mengkonsumsi berbagai macam makanan yang mengandung vitamin.

Ada banyak sekali jenis vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh kita, meliputi vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D dan masih banyak lagi yang lainnya. Vitamin memang merupakan zat yang sangat penting sekali fungsinya bagi tubuh kita.

Berbagai vitamin dapat kita temukan pada buah-buahan dan sayur-sayuran. Vitamin C dapat kita temukan pada jeruk, sedangkan vitamin A dapat kita temukan pada sayuran wortel.

Bila seseorang mengalami kekurangan vitamin, maka akan muncul tanda-tanda atau gejala kekurangan vitamin pada beberapa bagian tubuhnya. Ada berbagai gejala yang muncul saat tubuh kita kekurangan vitamin, seperti:

  • Rabun dan katarak
katarak pada anak

katarak pada anak

Gejala seperti rabun dan katarak merupakan pertanda bahwa asupan vitamin A dalam tubuh kita tidak memadai. Munculnya masalah lain, seperti ketombe, kulit bersisik serta mudah sekali terserang flu, juga merupakan pertanda bahwa tubuh kita kekurangan vitamin A. Vitamin A berfungsi untuk melawan infeksi, meningkatkan fungsi penglihatan serta menjaga kesehatan kulit.

Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A seperti hati, wortel, pepaya, ikan, lemon, apricot dan juga telur, maka kebutuhan tubuh anda akan vitamin A akan tetap memadai.

  • Infeksi

Gejala seperti infeksi pada luka merupakan pertanda bahwa tubuh anda memerlukan vitamin C dalam jumlah yang memadai. Selain itu gejala lain seperti gusi berdarah serta sariawan juga merupakan tanda dari kurangnya asupan vitamin C. Berbagai makanan terutama buah-buahan seperti jeruk, jambu biji, nanas serta beberapa jenis sayuran merupakan makanan yang merupakan sumber dari vitamin C.

  • Turunnya daya tahan tubuh

kacang-kacanganGejala seperti turunnya daya tahan tubuh, bibir pecah-pecah serta pembengkakan pada lidah merupakan pertanda bahwa tubuh anda kekurangan vitamin B2 atau biasa disebut riboflavin. begitu juga dengan gejala lain seperti migrain. Untuk mencegah kekurangan vitamin B2 maka anda dianjurkan untuk mengkonsumsi susu, daging, hati, kacang almond, jamur, kacang kedelai serta gandum. Riboflavin berfungsi untuk merubah karbohidrat menjadi gula yang nantinya menjadi energi untuk tubuh kita.

  • Kulit kering

Gejala seperti kulit kering merupakan gejala umum dari kekurangan vitamin E. Selain itu gejala lain seperti kemandulan juga merupakan gejala dari kurangnya asupan vitamin E dalam tubuh anda. Dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E, seperti kecambah, telur, mentega, alfalfa, selada, asparagus serta biji bunga matahari dapat menambah asupan vitamin E dalam tubuh kita.

  • Gigi kropos
sayuran kukus

sayuran kukus

Gejala seperti gigi yang keropos umumnya disebabkan oleh kurangnya vitamin D. Selain itu gejala seperti pertumbuhan tulang yang tidak normal bisa juga merupakan pertanda bahwa anda kekurangan vitamin D. Vitamin D juga dikenal dengan nama kalsiferol. Vitamin D banyak ditemukan pada jenis makanan seperti tomat, brokoli, jeruk maupun strawberry. Selain itu, vitamin D juga bisa ditemukan pada ikan, telur, keju maupun susu.

  • Anemia

Gejala anemia atau kurang darah seperti lemah, letih, lesu serta lemas merupakan pertanda bahwa anda kekurangan vitamin B12. Makanan yang banyak mengandung vitamin B12, adalah daging, ikan, telur, susu, kacang almond, bisa anda konsumsi untuk mencegah terjadinya anemia.

  • Kram otot

gejala seperti kram otot merupakan pertanda bahwa anda kekurangan vitamin B5 atau biasa disebut asam pantotenat. Sebagai tindakan pencegahan anda bisa mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B5 seperti alpukat, brokoli serta kacang-kacangan.

  • Gatal-gatal
biji dan kacang-kacangan

biji dan kacang-kacangan

Gejala seperti gatal-gatal di kulit merupakan pertanda bahwa tubuh kita kekurangan mineral seng. Selain itu gejala lainnya seperti luka yang sulit sekali untuk disembuhkan serta garis putih pada kuku juga merupakan pertanda dari kekurangan seng. Mineral seng akan membantu dalam proses membuang karbon dioksida dari dalam tubuh serta untuk proses penyembuhan luka.

Mineral seng dapat kita temukan pada jenis makanan, seperti kacang-kacangan, serealia, daging merah, ikan laut serta biji-bijian. Tiram juga termasuk jenis makanan yang kaya akan mineral seng.

  • Insomnia dan kurang nafsu makan

Gejala seperti insomnia juga bisa disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin B1. Gejala lainnya seperti kurang nafsu makan, beri-beri maupun pegal-pegal juga merupakan pertanda lain bahwa tubuh anda memerlukan asupan vitamin B1 lebih banyak. Sumber makanan yang banyak mengandung vitamin B1 adalah daging, baik itu daging sapi, daging ayam maupun daging ikan. Selain itu, makanan seperti brokoli, nanas, anggur, terong maupun bayam juga mengandung vitamin B1.