Berbagai Hal Yang Dapat Menyebabkan Kedinginan

merasa dingin

merasa dingin

Anda pasti pernah merasa kedinginan pada saat musim hujan maupun di ruangan yang menggunakan AC. Rasa dingin yang muncul di kondisi seperti itu, merupakan hal yang wajar.

Namun, bila anda merasa dingin secara terus menerus meskipun kita tidak dalam ruangan ber AC maupun musim hujan, maka sebaiknya anda segera memeriksakan kesehatan anda. Sebab, bisa saja rasa dingin yang anda rasakan merupakan tanda buruknya kesehatan anda.

Umumnya wanita akan lebih mudah merasakan kedinginan. Kebanyakan rasa dingin yang dirasakan oleh wanita merupakan akibat dari fisiologi tubuhnya serta kondisi kesehatan.

Berbagai hal yang dapat menyebabkan munculnya rasa kedinginan, meliputi:

  • Tubuh terlalu kurus

Terlalu kurus didefinisikan dengan indeks massa tubuh kurang dari 18,5. Tubuh yang terlalu kurus akan membuat tubuh kita kekurangan lemak. Lemak juga digunakan untuk menghangatkan tubuh dalam suhu tinggi. Kekurangan asupan makanan juga dapat menyebabkan tubuh kita lebih mudah merasa kedinginan. Kekurangan kalori mampu memperlambat metabolism tubuh sehingga tubuh kita menjadi kekurangan panas tubuh. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya tambahkan asupan protein, lemak serta karbohidrat kompleks.

  • Gangguan tiroid

Munculnya rasa dingin bisa juga terjadi karena adanya gangguan kelenjar yang berbentuk seperti kupu-kupu di bagian leher kita. Rasa kedinginan yang muncul secara terus menerus bisa jadi merupakan tanda dari hipotiroidisme yang artinya kelenjar tiroid kita tidak mampu mengeluarkan hormone tiroid dalam jumlah yang cukup. Jika hormone tiroid yang keluar jumlahnya tidak mencukupi, maka metabolism tubuh kita ikut melambat, sehingga tubuh kita tidak menghasilkan panas yang cukup. Tanda-tanda lain dari penyakit hipotiroid meliputi kulit kering, rmabut menipis serta kelelahan kronis.

  • Kekurangan zat besi
kedinginan

kedinginan

Kekurangan zat besi adalah mineral penting yang membuat sel darah merah mampu membawa oksigen, panas dan juga berbagai nutrisi ke seluruh jaringan tubuh maupun sel-sel dalam tubuh. Kurangnya zat besi akan membuat sel-sel darah merah tidak mampu bekerja dengan maksimal. Untuk mengatasinya, anda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti bayam, brokoli, daging, telur, serta seafood.

  • Gangguan pada sirkulasi darah

Bila tangan dan kaki anda merasa kedinginan sedangkan bagian tubuh lainnya tidak, bisa jadi itu adalah gejala dari adanya gangguan pada sirkulasi darah. Hal seperti ini bisa saja disebabkan oleh adanya penyakit jantung coroner. Jantung tidak mampu memompa darah secara optimal maupun karena adanya sumbatan pada pembuluh darah, sehingga darah tidak bisa mencapai jari-jari kaki maupun tangan. Gangguan pada sirkulasi darah juga bisa disebabkan oleh rokok. Kemungkinan lainnya adalah adanya penyakit Raynaud yang menyebabkan pembuluh darah di bagian kaki maupun tangan menyempit.

  • Kurang tidur

Kurang tidur mampu merusak system saraf, mengacaukan system pengaturan di bagian otak yang berpengaruh pada suhu turbuh. Masih belum bisa diketahui secara pasti, mengapa itu semua bisa terjadi. Ada penelitian yang menyatakan bahwa respon terhadap stress karena kurang tidur menyebabkan aktivitas di hipotalamus menjadi berkurang. Hipotalamus sendiri merupakan bagian otak yang juga berfungsi sebagai pengatur suhu.

  • Dehidrasi

Lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari cairan. Air dalam tubuh kita juga ikut mengatur suhu tubuh. Ketika kita minum air dalam jumlah yang cukup, maka air akan ikut menjaga panas tubuh dan melepaskannya secara perlahan-lahan, agar tubuh kita tetap merasa nyaman. Dehidrasi menyebabkan tubuh kita menjadi lebih sensitive terhadap suhu ekstrem. Selain itu, air juga akan membantu memeprcepat proses metabolism tubuh. Dehidrasi akan menyebabkan proses metabolism tubuh menjadi lambat sehingga tubuh kita lebih mudah merasa kedinginan.

  • Efek samping obat tertentu

Beberapa obat seperti beta-blocker yang biasanya digunakan untuk tekanan darah tinggi, angina, maupun migraine parah, juga dapat menyebabkan munculnya rasa dingin pada bagain tungkai. Beta-blocker mampu mengurangi peredaran darah, sehingga dapat menyebabkan kantuk, kram otot, insomnia serta impotensi. Sebaiknya konsultasikan terlebih daulu pada dokter ahli sebelum menggunakan obat beta-blocker, agar penggunaannya lebih aman.

  • Kurang vitamin B12
gejala anemia

gejala anemia

Tubuh kita memerlukan vitamin B12 untuk memproduksi sel darah merah yang nantinya akan mengangkut oksigen ke seluruh jaringan dan sel tubuh. Kekurangan vitamin B12 akan menyebabkan kita mengalami anemia yang biasanya disertai dengan rasa dingin yang kronis. Kekurnagan vitamin B12 umumnya disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Sebaiknya usahakan untuk mengkonsumsi ikan, daging maupun susu, untuk mencukupi kebutuhan asupan vitamin B12.

  • Jenis kelamin

Umumnya tubuh wanita lebih baik dalam menyimpan panas, jika dibandingkan dengan pria. Tubuh wanita umumnya menyimpan banyak panas tubuh untuk menjaga aliran darah ke organ vital seperti jantung dan otak tetap lancar. Sayangnya, karena kebanyakan panas yang ada dalam tubuh hanya menjaga kelancaran peredaran di otak maupun jantung, membuat aliran darah ke kaki dan tangan menjadi lambat, sehingga wanita lebih mudah mengalami dingin.

  • Diabetes

Penyakit diabetes yang tidak terkontrol menyebabkan munculnya kerusakan pada bagian saraf tepi yang nantinya akan memberikan sensasi perasaan dingin pada kaki maupun tangan. Ketika hal seperti ini terjadi, maka anda akan merasa kaki dan tangan anda menjadi nyeri dan disertai kebas. Saraf tepi sebenarnya ikut bertanggung jawab dalam mengirim pesan ke otak yang berhubungan dnegan sensasi suhu di bagian kaki maupun tangan, sehingga muncul perasaan dingin pada kaki maupun tangan.

  • Kekurangan massa otot

Otot dalam tubuh juga ikut menjaga suhu tubuh dengan cara memproduksi panas. Kekurangan massa otot akan menyebabkan kita mudah merasakan kedinginan. Massa otot yang sesuai akan mempercepat proses metabolism tubuh yang nantinya akan memerangi rasa dingin. Beberapa cara untuk membangun massa otot adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein serta melakukan olahraga beban.

  • Mengidap anorexia nervosa

Pengidap anorexia umumnya selalu merasa dingin. Anoreksia ditandai dengan adanya penunrunan berat badan secara ekstrem. Beberapa gejala lain dari anorexia, seperti pusing, pergelangan kaki membengkak, rambut menjadi halus, gangguan siklus haid serta hilangnya libido pada pria.