Berbagai Jenis Makanan Untuk Menunjang Stamina

menjaga stamina

menjaga stamina

Stamina atau daya tahan tubuh, merupakan kemampuan suatu organisme untuk tetap aktif dalam jangka waktu yang panjang, serta kemampuan untuk melawan, menahan serta pulih dari luka, kelelahan maupun trauma.

Stamina biasanya digunakan dalam menjalankan semua aktivitas maupun dalam berolahraga. Ada beberapa jenis makanan yang mampu meningkatkan energy dan stamina. Namun ada juga makanan yang justru mampu mengurangi stamina anda.

Bagi orang-orang yang banyak bergerak maupun suka berolahraga, anda akan memerlukan makanan yang tidak hanya memberikan energy, namun juga akan membuat anda tetap kenyang sepanjang hari.

Nutrisi makro, seperti karbohidrat kompleks, protein, serat maupun vitamin C sangat penting bagi mereka yang banyak bergerak serta suka berolahraga. Nutrisi kompleks akan membuat anda semakin aktif serta merasa lebih berstamina.

Untuk membangun stamina, anda perlu mengkonsumsi karbohidrat kompleks. Karbohidrat adalah sumber utama dari energy untuk tubuh maupun otak. Karbohidrat adalah bahan utama untuk mendapatkan glukosa yang menyediakan energy. Karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, beras merah maupun pasta, akan membuat anda menjadi lebih berstamina.

Protein sangat diperlukan untuk perkembangan, pertumbuhan serta untuk memperbaiki jaringan tubuh maupun otot. Protein juga diperlukan untuk metabolism tubuh dan membakar kalori dalam jumlah yang lebih banyak. Protein akan meningkatkan rasa kenyang, sehingga mencegah seseorang untuk makan lebih banyak. Makanan yang merupakan sumber protein, adalah susu, daging, telur, ikan serta kacang-kacangan.

Serat juga mampu meningkatkan stamina serta menjaga tubuh kita tetap sehat. Serat akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Berbagai jenis buah dan sayuran akan sangat baik untuk kesehatan dan menunjang stamina anda. Buah dan sayuran banyak mengandung serat dan vitamin C, yang nantinya akan membuat anda tetap sehat.

makanan yang mengandung zat besi

makanan yang mengandung zat besi

Zat besi dan kalsium juga ikut berperan dalam menunjang stamina. Kekurnagan zat besi akan membuat anda menjadi lemas dan hilang stamina. Kekurangan kalsium juga akan membuat anda lebih cepat merasa lelah. Berbagai makanan, seperti kacang-kacangan, brokoli maupun bayam, merupakan makanan yang kaya zat besi dan kalsium.

Selain mengkonsumsi makanan sehat, sebaiknya kurangi atau hilangkan kebiasaan buruk, seperti merokok. Kebiasaan merokok dapay menghalangi tubuh mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup, sehingga akan mempersulit anda untuk menyerap nutrisi dan menjaga stamina.

Selain itu, merokok juga dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit jantung bahkan kerusakan pada paru-paru yang akan menganggu kesehatan anda.

Beberapa jenis makanan yang baik untuk menjaga stamina, meliputi:

  • Oatmeal

Oatmeal merupakan dalah satu jenis karbohidrat kompleks. Oatmeal dicerna secara perlahan-lahan oleh tubuh, sehingga anda akan merasa tetap kenyang dalam waktu yang lama. Mengkonsumsi oatmeal akan membuat stamina anda tetap terjaga selama berjam-jam lamanya. Karena oatmeal dicerna secara perlahan dalam tubuh kita, maka gula darah juga akan tetap stabil.

  • Quinoa
quinoa

quinoa

Quinoa merupakan makanan suci bagi orang-orang suku Inca karena dipercaya mampu meningkatkan daya tahan tubuh, menambah energy serta menunjang stamina para prajurit kekaisaran Inca sejak zaman dulu. Quinoa mengandung banyak vitamin, mineral, serat dan juga asam amino yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi quinoa akan membuat anda menjadi semakin aktif.

  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan jenis makanan yang kaya akan vitamin, mineral dan juga kaya zat besi. zat besi akan ikut membantu dalam menghasilkan sel darah merah, yang berperan dalam membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh serta menjaga stamina.

  • Kopi

Kopi dikenal sebagai penyedia energy secara instan. Kopi mampu melawan kelelahan, karena bekerja dengan cara memicu system saraf pusat. Kopi akan ikut membantu anda tetap berenergi serta aktif sepanjang hari. Namun, sebaiknya jangan mengkonsumsi kopi dalam jumlah berlebihan.

  • Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau merupakan makanan yang penting untuk membangun stamina serta meningkatkan produksi sel darah merah. Sayuran berdaun hijau juga kaya akan serat yang nantinya akan dicerna secara perlahan dalam tubuh kita, sehingga tingkat glukosa dalam tubuh kita tetap stabil.

  • Pisang

Pisang merupakan makanan sumber energy yang baik dan bisa anda konsumsi beberapa jam sebelum anda melakukan aktivitas maupun olehraga. Pisang kaya akan karbohidrat, serat dan mampu memidu pelepasan hormone dopamine yang nantinya akan membuat anda lebih focus dalam menjalankan semua aktivitas anda.

  • Selai kacang

Kacang merupakan jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 yang nantinya ikut berperan dalam mengurangi rasa sakit, menjaga kesehatan organ jantung serta mengembangkan kemampuan otak. Selai kacang juga mampu menunjang stamina tubuh anda. Selai kacang tinggi kalori serta dicerna secara perlahan.

  • Ikan
ikan salmon

ikan salmon

Ikan, seperti ikan salmon, herring, sarden maupun makarel, merupakan jenis makanan yang kaya akan omega 3 serta protein. Ikan ikut berperan dalam membangun dan perbaikan otot serta ikut mengurangi terjadinya peradangan dalam tubuh.

  • Selai almond

Anda juga bisa mengkonsumsi selai almond sebagai pengganti selai kacang. Selai almond dipercaya mampu membangkitkan energy karena mengandung banyak protein, kalsium, magnesium, kalium, serat dan juga vitamin E. selain selai almond anda juga bisa mengkonsumsi segenggam kacang almond sebelum beraktivitas agar stamina anda tetap terjaga.

  • Daging dan telur

Daging dan telur merupakan makanan yang kaya protein. Protein berperan dalam membangun dan memperbaiki otot. Daging, seperti daging sapi tanpa lemak juga mengandung zat besi yang nantinya akan meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh, sehingga anda tidak mudah lelah.

  • Anggur

Buah anggur mengandung vitamin C dan resveratrol yang nantinya ikut menjaga kesehatan tubuh serta menunjang energy dalam tubuh anda. Kandungan gula dalam anggur lebih kecil daripada gula, sehingga memberikan energy instan, ikut membantu membangun stamina serta membuat anda tidak mudah terserang penyakit.

  • Jus bit

Segelas jus bit sebelum beraktivitas maupun berolahraga akan membuat tubuh anda menjadi tetap segar selama berjam-jam tanpa merasa lelah. Bit kaya akan vitamin A dan vitamin C yang ikut berperan dalam mengurangi kelelahan serta menunjang stamina tubuh anda.