Berbagai Jenis Tumbuhan Untuk Mengusir Nyamuk

bunga lavender

bunga lavender

Seperti yang kita ketahui bersama sebelumnya, nyamuk merupakan salah satu binatang yang dapat menularkan penyakit. Berbagai penyakit yang dapat ditularkan oleh nyamuk, seperti cikungunya, malaria serta demam berdarah. Selain itu masih banyak penyakit lainnya yang juga bisa ditularkan oleh nyamuk, misalnya penyakit kuning maupun penyakit kaki gajah.

Umumnya, kita sering menggunakan obat anti nyamuk untuk mengusir nyamuk. Baik itu yang disemprotkan, dioles ke kulit maupun yang dibakar. Ada begitu banyak merk obat anti serangga atau anti nyamuk yang banyak dijual dipasaran. Namun kebanyakan obat anti nyamuk berasal dari bahan-bahan kimia. Sebagian merk obat anti nyamuk ditambahi dengan keterangan menggunakan bahan alami, namun tetap saja penggunaan bahan alami di dalamnya hanya sekian persen saja.

Lavender sendiri merupakan tumbuhan asli dari Swiss dan telah dikenal sebagai tumbuhan untuk mengusir nyamuk, sehingga banyak dimanfaatkan dalam pembuatan lotion maupun obat anti nyamuk di pasaran. Bunga lavender mengandung senyawa linalool serta lynalyl acetate yang tidak disukai oleh nyamuk.

Sebenarnya ada tumbuhan yang bisa kita gunakan untuk mengusir nyamuk. Kebanyakan masyarakat lebih mengenal tumbuhan lavender sebagai tumbuhan pengusir nyamuk. Padahal, masih banyak lagi tumbuhan lain yang memiliki kemampuan untuk mengusir nyamuk.

Dengan menanam tumbuhan anti nyamuk di pekarangan rumah, maka kita akan terhindar dari gangguan nyamuk secara alami. Selain untuk mengusir nyamuk, tumbuhan ini juga akan menambah keindahan pekarangan rumah kita.

Berbagai jenis tumbuhan untuk mengusir nyamuk, meliputi:

  • Geranium
tumbuhan geranium

tumbuhan geranium

Tumbuhan geranium memiliki nama lain, yaitu tapak dara. Tumbuhan geranium mampu mengusir nyamuk karena mengandung sitronelol serta geraniol pada bagian daunnya. Caranya cukup mudah. Anda cukup menanam geranium dalam pekarangan rumah atau dalam pot dan diletakkan di dekat pintu. Ketika tumbuhan geranium tertiup angina, maka daun-daunnya akan saling bergesekan, sehingga kedua senyawa tersebut ikut terbang ke seluruh ruangan rumah. Aroma sitronelol serta geraniol sangat tidak disukai oleh nyamuk.

  • Akar wangi

Tumbuhan akar wangi juga bisa kita gunakan untuk mengusir nyamuk-nyamuk yang menjengkelkan. Bagian akar dari tumbuhan akar wangi akan mengeluarkan aroma yang wangi dan sangat tidak disukai oleh nyamuk. Caranya ambil bagian akar dari akar wangi kemudian ditumbuk hingga mengeluarkan aroma yang wangi. Lalu tempatkan akar dari akar wangi tadi ke dalam sebuah wadah dan letakkan di dalam rumah maupun di dalam kamar.

  • Zodia
tumbuhan zodia dalam pot

tumbuhan zodia dalam pot

Tumbuhan zodia merupakan salah satu tumbuhan yang tidak disukai oleh nyamuk. Tumbuhan zodia merupakan salah satu tumbuhan asli Indonesia yang banyak tumbuh di Papua. Orang-orang di Papua sering menggunakan daun zodia untuk mengusir nyamuk dengan cara menggosok kulitnya dengan daun zodia. Tumbuhan zodia mengandung evodiamine serta rutaecarpin. Anda bisa menanamnya di halaman rumah atau ditanam dalam pot dan diletakan di tempat yang banyak angin.

  • Serai

Serai sering digunakan sebagai bumbu dalam kegiatan masak-memasak. Orang barat menyebut serai dengan nama lemon grass, karena aromanya hamper mirip seperti lemon namun bentuk daunnya seperti rumput. Serai mengandung senyawa geraniol serta sitronelal yang sangat dibenci oleh nyamuk. Karena kandungan senyawa inilah, serai juga digunakan sebagai bahan dalam pembuatan krim anti nyamuk. Cara penggunaannya juga cukup mudah. Anda tinggal menanamnya di halaman rumah.

  • Kecombrang

Kecombrang merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering dijadikan bahan masakan tertentu. Bahkan tidak sedikit orang yang menggunakan bunga kecombrang muda sebagai lalapan. Selain baik untuk kesehatan tubuh, kecombrang juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk nakal. Aroma dari daun dan bunga kecombrang sangat tidak disukai oleh nyamuk.

  • Daun sirih

Daun sirih juga bisa digunakan sebagai obat anti nyamuk alami. Caranya sangat mudah sekali. Ambillah beberapa lembar daun sirih kemudian dicampur dengan sedikit air dan ditumbuk sampai halus hingga berubah menjadi semacam pasta. Gunakanlah pasta daun sirih sebagai lotion anti nyamuk alami.

  • Rosemary
tanaman rosemary

tanaman rosemary

Bunga rosemary menghasilkan aroma yang mirip seperti aroma minyak kayu putih. Aroma ini sangat tidak disukai oleh nyamuk, karena disinyalir mampu mempengaruhi serta membuat daya penciuman nyamuk menjadi kacau. Rosemary bisa ditanam dihalaman rumah maupun di dalam pot. Jika anda sudah menanam rosemary dalam halaman atau rumah anda namun nyamuk-nyamuk masih menyerang anda, ambil daunnya dan gosokkan ke kulit anda.

  • Mint

Tumbuhan mint juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk. Anda cukup menanam tumbuhan mint dalam halaman rumah maupun dalam pot. Aroma dari daun mint dipercaya mampu membuat nyamuk tidak betah tinggal berlama-lama dalam rumah anda.