Berbagai Macam Kecerdasan Pada Manusia

organ otakKata cerdas biasanya diberikan kepada seseorang yang memiliki IQ yang tinggi. Padahal, kecerdasan manusia tidak hanya sampai disitu saja. Ada sekitar 8 macam kecerdasan yang dimiliki oleh seseorang serta tidak dapat dihitung dengan IQ.

Para ahli memiliki pengertian yang berbeda-beda tentang kecerdasan. Kecerdasan atau intelegensi dipandang sebagai kemampuan dalam memahami sekitarnya, mampu berpikir rasional, serta mampu menggunakan sumber-sumber yang efektif ketika harus berhadapapan dengan suatu tantangan.

Ada juga yang berpendapat bahwa kecerdasan merupakan general dari manusia untuk melakukan tindakan-tindakan yang memiliki tujuan serta bisa berpikir secara rasional. Selain itu, kecerdasan juga dapat diartikan sebagai kemampuan individu dalam memahami, berinovasi serta menemukan solusi yang tepat dalam berbagai macam situasi.

Berbagai pengertian dari kecerdasan yang telah dikemukakan oleh berbagai ahli, adalah:

  • Gregory : Kecerdasan merupakan suatu kemampuan atau ketrampilan dalam memecahkan masalah atau menciptakan sesuatu produk yang bernilai.
  • C. P. Chaplin : Kecerdasan merupakan suatu kemampuan dalam menyesuaikan diri serta menghadapi situasi yang baru secara efektif dan tepat.
  • Anita E. Woolfolk : Kecerdasan merupakan suatu kemampuan untuk mempelajari pengetahuan secara keseluruhan yang telah diperoleh serta kemampuan dalam beadaptasi dengan situasi maupun lingkungan yang baru.

Jenis kecerdasan yang telah diketahui secara umum sekarang ini, adalah:

  • Kecerdasan intelektual atau Intelegent Quotient yang biasa disebut IQ
  • Kecerdasan emosi atau Emotional Quotient yang disebut dengan EQ
  • Kecerdasan spiritual atau Spiritual Quotient yang disebut dengan SQ

Ada begitu banyak jenis kecerdasan yang dimiliki oleh manusia, meliputi:

  • Kecerdasan linguistic

Kecerdasan linguistic adalah kecerdasan dalam berbahasa. Seseorang yang memiliki kecerdasan dalam berbahasa memiliki kemampuan yang lebih dalam mengolah kata-kata, baik dalam bentuk tulisan maupun lisan, serta mampu mengartikan berbagai tulisan dengan baik dan jelas. Orang-orang yang memiliki kecerdasan linguistic umumnya memiliki kegemaran mengisi TTS, membaca, menulis serta bermain scrable.

Pekerjaan yang cocok untuk orang-orang yang memiliki kecerdasan linguistic, adalah jurnalis, pengacara serta penyiar.

  • Kecerdasan logika dan matematis
kecerdasan matematis

kecerdasan matematis

Kecerdasan logika dan matematis merupakan kecerdasan dalam logika serta mengolah angka. Seseorang yang memiliki kecerdasan logika dan matematis memiliki kemampuan dalam menganalisa sebab akibat, membuat hipotesa serta melakukan klasifikasi secara baik dan tepat. Kecerdasan seperti ini membuat seseorang mampu untuk berpikir secara logika serta rasional.

Pekerjaan yang cocok untuk seseorang yang memiliki kecerdasan logika dan matematis, adalah ilmuwan, peneliti, programmer serta akuntan publik.

  • Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan interpersonal merupakan kecerdasan yang membuat seseorang memiliki kemampuan yang lebih untuk mengerti dan mampu mengendalikan perasaan, motivasi serta watak dari orang lain. Orang-orang yang memiliki kecerdasan seperti ini mampu menghadapi orang lain, memperhatikan orang lain dengan baik serta mendorong orang lain untuk menceritakan apa saja yang dialaminya.

Pekerjaan yang cocok untuk orang yang memiliki kecerdasan interpersonal, adalah negosiator, guru serta psikolog.

  • Kecerdasan intrapersonal

Kecerdasan intrapersonal merupakan kemampuan dalam memahami serta mengenali diri sendiri. Seseorang yang memiliki kecerdasan intrapersonal umumnya terkesan cuek, mampu bekerja sendiri, mampu mengintrospeksi diri sendiri serta mampu mengetahui secara pasti kekurangan maupun kelebihan yang dimilikinya.

Pekerjaan yang cocok untuk seseorang dengan kecerdasan intrapersonal, adalah konselor, penasehat serta teolog.

  • Kecerdasan musical

Kecerdasan musical membuat seseorang memiliki kemampuan lebih dalam mengembangkan, menikmati serta mengekpresikan suara maupun music. Umumnya seseorang yang memiliki kecerdasan musical suka bersiul, suka bernyanyi serta mampu menghafal berbagai nada dan irama.

Pekerjaan yang cocok untuk seseorang yang memiliki kecerdasan musical, adalah pemain alat music, penyanyi maupun pencipta lagu.

  • Kecerdasan visual
kecerdasan visual

kecerdasan visual

Kecerdasan visual merupakan kemampuan atau kepekaan dalam visual, seperti menganalisa bentuk, warna, ruang maupun garis pada suatu benda. Kecerdasan seperti ini juga membuat seseorang mampu menuangkan segala idenya dalam bentuk sketsa yang jelas.

Pekerjaan yang cocok untuk seseorang yang memiliki kecerasan visual, meliputi pemahat, pelukis, insinyur, fotografer serta arsitek.

  • Kecerdasan naturalis

Kecerdasan naturalis adalah suatu kemampuan dalam memahami, menikmati, memanfaatkan alam secara produktif serta mampu mengelola dan mengolah alam dengan baik. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan naturalis, adalah mencintai lingkungan, mampu memahami tingkah laku hewan serta suka melakukan aktivitas di alam.

Pekerjaan yang cocok untuk seseorang yang memiliki kecerdasan naturalis, meliputi pendaki gunung, pemburu, petani maupun nelayan.

  • Kecerdasan fisik

Kecerdasan fisik merupakan suatu kecerdasan yang membuat seseorang mampu mengekspresikan perasaan maupun gagasan dengan baik melalui gerak tubuh. Seseorang yang memiliki kecerdasan seperti ini mampu mengendalikan gerak tubuhnya dengan baik, mampu menjaga keseimbangan tubuh, serta gerakannya lebih lincah.

Pekerjaan yang cocok untuk seseorang yang memiliki kecerdasan fisik, meliputi pengrajin, penari, atlet serta penjahit.