Berbagai Macam Manfaat Dari Biotin Untuk Kesehatan

makanan kaya biotin

makanan kaya biotin

Biotin, atau yang dikenal sebagai vitamin B7, merupakan salah satu vitamin yang penting sekali bagi kesehatan tubuh kita. Biotin merupakan katalis untuk berbagai macam reaksi metabolism dalam tubuh kita untuk mengekstrak energi.

Karena biotin merupakan salah satu jenis vitamin yang mudah sekali larut dalam air, maka kita harus mengisinya kembali dengan cara mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B. Umumnya, jenis makanan yang kaya akan vitamin B juga mengandung biotin.

Meskipun kondisi seperti kekurangan biotin jarang sekali terjadi, kekurangan biotin ditandai dengan munculnya gejala, seperti kelelahan, nyeri otot, depresi, rambut rontok, serta anemia. Gejala lainnya, seperti dermatitis, kurangnya nafsu makan, ketombe maupun kulit kepala cenderung kering. Gejala yang paling serius dari kekurangan biotin, meliputi gangguan saraf maupun pertumbuhan yang kurang optimal pada bayi.

Ada banyak jenis makanan yang kaya akan biotin, seperti ikan, kuning telur, susu, daging, hati, royal jelly, gandum, jamur, beras tanpa poles, kacang kedelai, kentang, ragi, tomat, wortel, brokoli, pisang, dong quai, bayam serta kembang kol. Putih telur mampu membatasi penyerapan biotin dalam tubuh.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari biotin bagi kesehatan kita, meliputi:

  • Menjaga kelancaran metabolism tubuh

Biotin diperlukan sebagai katalis untuk mengendalikan beberapa reaksi metabolism, seperti metabolism lemak, karbohidrat serta protein yang nantinya akan dirubah menjadi energy untuk tubuh kita. Proses metabolism seperti harus tetap lancar. Jika sampai mengalami gangguan nantinya dapat menyebabkan berbagai macam bahaya bagi kesehatan kita sendiri.

  • Menjaga kesehatan kuku
kuku yang sehat

kuku yang sehat

Biotin juga ikut menjaga dan meningkatkan kesehatan kuku. Memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung biotin akan membuat kuku anda menjadi semakin sehat dan kuat.

  • Menjaga kesehatan saat hamil

Kekurangan biotin pada masa kehamilan dapat menimbulkan resiko perkembangan janin yang cenderung tidak abnormal. Umumnya wanita yang sedang hamil diminta untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung asam folat. Namun biotin juga ikut berperan dalam menjaga pertumbuhan janin. Maka dari itu, selain mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, ibu hamil juga perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung biotin, agar pertumbuhan janin lebih optimal.

  • Merawat kesehatan kulit

Biotin merupakan komponen yang penting untuk menjaga kesehatan kulit serta rambut. Biotin mampu mengembalikan kekurangan pigmen pada kulit yang disebabkan oleh polusi maupun kesehatan yang buruk. Selain itu, kulit kepala kering maupun gejala seperti rambut rontok juga disebabkan karena kurangnya asupan biotin.

  • Memelihara kesehatan jaringan

Biotin ikut membantu dalam pertumbuhan serta memelihara jaringan tubuh dan jaringan otot. Biotin juga ikut memperbaiki kerusakan pada jaringan maupun otot dalam tubuh kita. Hal ini nantinya akan menjadi berbagai macam fungsi dari jaringan system saraf dan otot, serta ikut menjaga pertumbuhan sumsum tulang secara optimal.

  • Menjaga berat badan

Biotin snagat membantu dalam hal mengurangi kelebihan lemak dalam tubuh kita serta menjaga berat badan kita tetap dalam kondisi normal. Orang-orang yang mengalami obesitas umumnya direkomendasikan untuk memperbanyak konsumsi jenis makanan yang kaya akan biotin.

  • Mencegah masalah pada jantung
letak jantung

letak jantung

Biotin ikut memastikan fungsi serta mencegah terjadinya masalah pada organ jantung. Selain itu biotin juga ikut mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita. Tingginya kadar kolesterol dalam tubuh mampu menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti aterosklerosis, serangan jantung maupun stroke.

  • Sintesis komponen

Biotin merupakan vitamin yang diperlukan dalam proses sintesis berbagai komponen penting. Maka dari itu, biotin sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh manusia secara lebih optimal. Contohnya, biotin juga ikut membantu dalam hal mengolah glukosa untuk mengekstrak energy yang sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu biotin juga ikut berperan dalam sintesis asam lemak maupun berbagai asam amino dalam tubuh.

  • Menstabilkan gula darah

Biotin ikut membantu dalam menstabilkan tingkat gula darah. hal ini tentu saja baik sekali untuk orang-orang yang mengidap penyakit diabetes. Biotin dalam tubuh kita akan ikut mengatur jumlah insulin yang dibutuhkan, sehingga akan mengurangi resiko kadar gula darah yang naik turun secara tidak menentu, yang nantinya akan menyebabkan penyakit diabetes.

Selain itu masih ada berbagai macam manfaat dari biotin, seperti mengobati penyakit Parkinson, alopecia, sindrom Rett bahkan sampai keputihan pada wanita. Selain itu, biotin juga ikut berperan dalam pengobatan berbagai penyakit serius lainnya, seperti dermatitis seborrhea, penyakit Crohn serta neuropati purifier.