Berbagai Manfaat Arugula Untuk Kesehatan

manfaat arugula untuk kesehatan

manfaat arugula untuk kesehatan

Arugula biasa disebut dengan rocket, rugula atau rucola. Arugula merupakan tumbuhan berdaun hijau yang daunnya mengandung banyak vitamin, mineral serta antioksidan. Arugula merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat menjaga kesehatan tubuh serta pikiran tetap focus.

Sekilas arugula tampak mirip seperti selada juga agak mirip dengan kangkung. Arugula merupakan salah satu tumbuhan keluarga Brassicaceae. Jadi arugula masih berkerabat dengan kembang kol, bayam serta lobak.

Arugula banyak dimanfaatkan sebagai bahan tambahan dalam pembuatan salad. Daun arugula memiliki rasa yang sedikit pahit dan pedas. Arugula banyak digunakan dalam kuliner Eropa, Amerika serta Afrika Utara.

Arugula kaya akan kandungan vitamin A, B, C dan vitamin K. Arugula juga kaya akan mineral yang penting, seperti kalium, mangan, zat besi dan kalsium. Selain itu arugula juga rendah kadar oksalat.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang terkandung dalamnya, maka mengkonsumsi arugula akan sangat baik sekali untuk kesehatan. Berbagai manfaat dari arugula untuk kesehatan, meliputi:

  • Kaya akan antioksidan

Arugula merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan antioksidan. Antioksidan berperan dalam menjaga keseimbangan reaksi enzim dalam sel serta menghancurkan semua radikal bebas yang dapat menyerang system kekebalan tubuh anda. Selain itu antioksidan juga akan ikut berperan dalam memerangi berbagai jenis penyakit, seperti flu, kanker maupun penyakit jantung.

  • Membuat tubuh semakin sehat
salad daun arugula

salad daun arugula

Vitamin A merupakan salah satu jenis vitamin yang bersifat antioksidan yang penting sekali bagi kesehatan. Vitamin A akan ikut menjaga kesehatan mata, tulang serta gigi. Selain itu arugula juga mengandung flavonoid yang juga bersifat antioksidan alami. Senyawa flavonoid ini nantinya akan menjauhkan anda dari bahaya kanker kulit, kanker paru-paru serta kanker mulut.

  • Memperkuat otak serta tulang

Arugula juga kaya akan kandungan vitamin K. Vitamin K juga ikut menjaga kesehatan saraf pada organ otak yang nantinya akan menjauhkan anda dari penyakit Alzheimer. Selain itu vitamin K juga ikut menjaga kesehatan sel dalam tubuh maupun sel dalam tulang. Hal ini nantinya akan membuat tulang anda menjadi semakin sehat dan kuat. karena arugula cenderung rendah oksalat serta kaya akan mineral, maka mengkonsumsi arugula akan sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Selain dapat mengurangi gejala osteoporosis, mengkonsumsi arugula secara rutin akan ikut mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Meningkatkan system kekebalan tubuh

Arugula kaya akan vitamin C. Vitamin C sangat baik meningkatkan system kekebalan tubuh. Mengkonsumsi makanan yantg mengandung vitamin C merupakan salah satu cara yang terbaik untuk mencegah berbagai macam penyakit. Vitamin C dan mineral tembaga yang terkandung dalam arugula akan meningkatkan produksi sel darah putih. Semakin banyak sel darha putih dalam tubuh akan membuat system kekebalan tubuh anda semakin meningkat.

  • Mencegah kanker

Mengkonsumsi arugula juga mampu mencegah terjadinya kanker. Arugula mengandung berbagai senyawa alami, seperti tiosianat, sulphoraphane serta indoles. Berbagai senyawa tersebut mampu menghambat pertumbuhan berbagai sel yang menyebabkan penyakit kanker, seperti kanker payudara, kanker prostat, kanker rahim, kanker ovarium serta kanker kolon.

  • Bagus untuk ibu hamil

Arugula merupakan salah satu jenis sayuran yang bagus untuk ibu-ibu hamil. Arugula mengandung banyak asam folat yang mampu menurunkan terjadinya cacat mental pada bayi yang baru lahir. Maka dari itu, sebaiknya ibu-ibu hamil mengkonsumsi sayurna berdaun hijau maupun arugula secara rutin demi perkembangan bayi dalam kandungannya.

  • Memperbaiki fungsi metabolism tubuh
daun arugula

daun arugula

Arugula juga mengandung vitamin B kompleks. Vitamin B memiliki banyak fungsi dalam tubuh kita. Vitamin B ikut berperan dalam semua kegiatan sel yang berbeda dalam tubuh kita, termasuk dalam produksi energy, proses sintesis lemak, produksi sel darah merah serta untuk berbagai macam proses yang diperlukan untuk kesehatan sel dan system metabolism tubuh. Jadi, mengkonsumsi arugula akan membuat fungsi system metabolism anda menjadi lebih baik dan anda menjadi lebih sehat.

  • Memperbaiki mata

Arugula merupakan salah satu sumber karotenoid . Karotenoid sangat berguna untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk melihat. Karotenoid juga mampu memperlambat terjadinya degenerasi macula yang dapat menyebabkan munculnya gangguan pada penglihatan. Degenerasi macula umumnya akan menyebabkan terjadinya katarak pada mata.

  • Meningkatkan penyerapan mineral penting

Arugula rendah kandungan oksalat bila dibandingkan dengan bayam. Oksalat mampu menghambat penyerapan mineral yang ada di dalam tubuh kita. Arugula memiliki kadar oksalat yang rendah, sehingga tubuh kita mampu menyerap mineral penting dalam jumlah yang lebih banyak.

  • Menjaga berat badan

Memasukkan arugula dalam pola makan sehari-hari merupakan hal yang baik untuk menjaga berat badan tetap normal. Arugula kaya akan serat, vitamin, mineral serta rendah kalori. Kandungan seratnya akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, maka anda tidak mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang terlalu banyak.