Berbagai Manfaat Cabai Untuk Kesehatan

cabai merah

cabai merah

Cabai merupakan salah satu bumbu masakan yang selalu ada dalam menu makanan di Nusantara. Banyak orang yang menyukai cabai. Namun tidak sedikit orang yang tidak suka dengan cabai karena rasanya yang pedas.

Cabai merupakan anggota genus Capsicum, sehingga cabai bisa digolongkan sebagai sayuran maupun bumbu masakan, tergantung dari cara pemakaiannya.

Sebagai bumbu masakan, cabai sangat popular di seluruh Nusantara bahkan di Asia Tenggara sebagai penguat rasa dalam setiap jenis makanan.

Bahkan dalam seni kuliner masakan Padang, cabai sudah dianggap sebagai salah satu bahan pokok. Karena sangat sulit untuk membuat masakan Padang tanpa menggunakan cabai.

Namun siapa yang menyangka bahwa cabai mengandung banyak sekali nutrisi serta mineral yang baik sekali untuk kesehatan kita. Bahkan cabai sudah digunakan sejak jaman dulu untuk mengobati berbagai penyakit.

Cabai, merupakan salah satu jenis bumbu masakan yang kaya akan vitamin dan mineral. Cabai memiliki kandungan vitamin A serta vitamin C yang baik untuk kesehatan organ mata serta kesehatan tubuh secara menyeluruh.

cabai

cabai

Selain itu, cabai juga mengandung berbagai mineral penting seperti kalsium serta fosfor, khususnya pada cabai rawit. Cabai hijau mengandung lebih banyak vitamin C, sedangkan cabai merah mengandung lebih banyak vitamin A.

Cabai memiliki sifat yang hampir sama dengan paprika, dan bahkan kandungan vitamin C pada cabai lebih tinggi dua kali lipat jika dibandingkan dengan paprika.

Cabai sering digunakan untuk meredakan pilek serta hidung tersumbat karena penyakit influenza. Sebab, cabai mengandung senyawa capsaicin yang dapat mengencerkan lendir. Sehingga, dengan mengkonsumsi cabai dipercaya dapat mengencerkan serta mengeluarkan berbagai lendir di rongga hidung yang menyebabkan hidung tersumbat.

Cabai juga akan meringankan gejala hidung tersumbat karena sinusitis maupun batuk berdahak karena memiliki sifat mengencerkan lendir.

Selain itu, masih banyak lagi manfaat cabai untuk kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Meringankan nyeri

Cabai dapat meringankan rasa nyeri yang kita alami, baik itu nyeri sendi maupun nyeri karena sakit kepala. Rasa pedas dan panas yang ditimbulkan oleh senyawa capsaicin dalam cabai akan menghambat rinyal rasa sakit dari system saraf pusat ke organ otak. Sehingga rasa nyeri tersebut akan berkurang dan bahkan bisa hilang seketika.

  • Menghambat pertumbuhan jamur

Ekstrak cabai memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan berbagai jamur, khususnya jamur Candida Albicans yang merupakan jamur yang dapat tumbuh pada permukaan kulit. Pertumbuhan jamur Candida Albicans akan menyebabkan penyakit kulit.

  • Mencegah kanker
sambal

sambal

Menurut sebuah penelitian di Inggris, sensasi rasa pedas dari kandungan capsaicin dalam cabai mampu membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel yang normal di dalam tubuh kita. Maka dari itu, mengkonsumsi cabai setiap hari akan mencegah terjadinya kanker.

  • Mengurangi kolesterol

Orang-orang di Indonesia suka mengkonsumsi gorengan dengan cabai. Cabai dipercaya mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh kita. Kadar kolesterol yang berkurang dalam tubuh kita akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

  • Membakar kalori

Dengan mengkonsumsi cabai, maka tubuh kita akan membakar kalori dalam jumlah yang lebih banyak. Mengkonsumsi cabai akan membuat tubuh kita terasa panas dan semakin banyak keringat yang kita keluarkan.

  • Meningkatkan nafsu makan

Orang-orang yang nafsu makannya kurang bisa mencoba untuk mengkonsumsi cabai. Cabai dapat meningkatkan nafsu makan karena adanya senyawa capsaicin yang dapat merangsang produksi hormone endorphin yang nantinya akan membuat kita menjadi lebih bahagia.

  • Mencegah gangguan kesehatan

Gangguan kesehatan seperti ketidaksuburan serta penuaan akan dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi cabai. Cabai juga memiliki sifat afrodisiak karena sifatnya yang panas dalam tubuh. Selain itu kandungan vitamin A dan vitamin C dalam cabai memiliki sifat antioksidan yang baik untuk mencegah penuaan.

  • Mencegah hipertensi
cabai bubuk

cabai bubuk

Kandungan capsaicin dalam cabai dapat meningkatkan oksida nitrat dalam sirkulasi darah yang juga memiliki sifat antiradang serta mampu menurunkan tekanan darah. dengan mengkonsumsi cabai, maka sirkulasi darah akan tetap stabil. Bahkan, cabai dipercaya memiliki efek untuk menurunkan darah lebih cepat jika dibandingkan makanan pedas lainnya.

  • Menstabilkan tekanan darah

Tekanan darah yang stabil akan mengurangi terjadinya penyumbatan pembuluh darah atau arteriosclerosis, yang nantinya bisa menyebabkan terjadinya impotensi, jantung coroner maupun stroke. Karena, kandungan capsaicin juga memiliki kemampuan dalam mencegah penggumpalan darah serta pembentukan kerak lemak dalam pembuluh darah.

  • Menurunkan berat badan

Mengkonsumsi makanan yang pedas dan panas akan dapat meningkatkan system metabolism tubuh sebanyak 8%. Selain itu orang yang mengkonsumsi makanan pedas biasanya enggan untuk nambah lagi sehingga hanya makan dalam porsi kecil. Mengkonsumsi cabai akan meningkatkan laju metabolism tubuh dalam membakar lemak dan kalori berlebih dalam tubuh sehingga dapat menurunkan berat badan.

  • Menjaga kesehatan jantung

Mengkonsumsi makanan pedas seperti cabai akan dapat meningkatkan fungsi organ jantung. Kandungan capsaicin dalam cabai terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Capsaicin dalam cabai dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat dengan cara memperbaiki aliran darah sehingga darah mengalir lebih cepat dalam tubuh kita.