Berbagai Manfaat Dan Kebaikan Dari Bersepeda

bersepeda

bersepeda

Kebanyakan orang akan setuju bila olahraga merupakan salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan. Agar tubuh tetap sehat dan prima, seseorang perlu melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari.

Olahraga selama 30 menit sama dengan berjalan sebanyak 10.000 langkah atau bersepeda sampai 8 kilometer.

Sepeda merupakan salah satu alat transportasi yang sering dijadikan media rekreasi serta media untuk berolahraga.

Selain dapat menyehatkan tubuh, bersepeda juga dapat menjaga kesehatan mental. Olahraga bersepeda dapat dinikmati oleh siapapun, baik tua maupun muda dan bisa juga dilakukan dimana dan kapan pun.

Bahkan, akhir-akhir ini minat masyarakat terhadap olahraga bersepeda terus mengalami peningkatan. Banyak sekali komunitas-komunitas pecinta olahraga bersepeda.

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang menarik dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Beberapa penelitian juga telah menunjukkan bahwa ada begitu banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari bersepeda.

bersepeda ke kantorBagi para pecinta olahraga bersepeda, bersepeda sudah seperti gaya hidup. Bukan hanya untuk olahraga, namun ada juga yang bersepeda untuk pergi ke kantor. Dengan bersepeda, anda akan langsung terkena paparan sinar matahari serta lebih banyak mengeluarkan keringat.

Bersepeda memang termasuk aktivitas yang ramah lingkungan serta menyehatkan. Selain itu, ada sebuah studi yang menyatakan bahwa orang-orang yang bersepeda ke kantor merasakan dirinya lebih bahagia jika dibandingkan dengan orang yang naik mobil saat pergi ke kantor.

Orang-orang yang mengendarai mobil saat pergi ke kantor, mengaku lebih sering mengalami stress serta sulit untuk berkonsentrasi. Terlebih lagi ketika harus melewati jalanan yang macet. Mengendarai mobil memang lebih nyaman daripada bersepeda, karena anda akan terhindar dari kepanasan maupun kehujanan, namun tidak dapat menjamin anda bisa merasa lebih bahagia.

Tanpa kita sadari, ada begitu banyak manfaat serta kebaikan dari olahraga bersepeda.

  • Menjaga system imunitas tubuh

System imunitas tubuh berguna untuk melindungi tubuh kita dari berbagai macam bentuk penyakit maupun infeksi. Dalam sebuah penelitian telah terungkap bahwa, melakukan aktivitas sedang seperti bersepeda, dapat memperkuat system imunitas tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sebab, system imunitas tubuh dapat melawan serta mencegah terjadinya berbagai menyakit yang berat, misalnya tumor.

  • Memperkuat otot
bersepeda santai

bersepeda santai

Semua otot dalam tubuh kita akan bergerak secara aktif saat kita bersepeda. Otot kaki bergerak untuk mengayuh pedal sepeda, otot perut serta punggung bergerak untuk menstabilkan tubuh serta otot lengan dan bahu berfungsi untuk mendukung tubuh.

Semua otot akan bergerak secara dinamis yang nantinya akan memperkuat serta mengencangkan otot-otot tersebut. Otot yang kuat dan kencang akan berfungsi lebih baik. Salah satu fungsi dari otot tubuh adalah ikut melindungi system kerangka tubuh.

  • Memperkuat kerangka tubuh

Melakukan olahraga bersepeda memiliki dampak yang baik terhadap kepadatan serta kekuatan tulang. Dengan tulang yang padat dan kuat maka system kerangka tubuh akan semakin kuat, dan anda akan terhindar dari penyakit osteoporosis.

  • Mencegah penyakit tulang belakang maupun sakit punggung

Ketika kita bersepeda, postur tubuh kita sangat baik. Saat mengayuh pedal sepeda nantinya akan merangsang otot-otot di punggung bawah. Dengan cara seperti ini, tulang belakang akan semakin kuat serta terlindung dari stress eksternal.

Kegiatan seperti bersepeda memiliki keistimewaan tersendiri, karena hanya kegiatan inilah yang dapat merangsang berbagai otot-otot kecil vertebra yang sulit dilakukan oleh jenis olahraga yang lain. Dengan kondisi tulang belakang serta otot vertebra yang kuat, maka kita akan terhindar dari sakit punggung.

  • Mengurangi stress

Tanpa kita sadari, bersepeda juga memiliki relaksasi bagi tubuh kita. Mengayuh sepeda akan menstabilkan berbagai fungsi tubuh baik secara fisik maupun mental. Sehingga, dengan melakukan olahraga bersepeda maka kita akan terhindar dari depresi, kecemasan serta stress lainnya. Bersepeda juga dapat menstabilkan hormone dalam tubuh.

  • Mencegah penyakit jantung

Jantung merupakan organ tubuh yang penting artinya bagi kehidupan. Jantung yang rusak merupakan gambaran dari gaya hidup yang tidak sehat.

Olahraga bersepeda merupakan latihan yang sangat baik untuk memperkuat organ jantung. Selain mencegah terjadinya penyakit jantung, bersepeda juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya serangan jantung.

  • Menurunkan tekanan darah

Bersepeda dalam skala moderat dapat mencegah serta mengurangi tekanan darah tinggi sehingga mampu mencegah terjadi kerusakan pada organ tubuh. Tekanan darah yang stabil akan membuat denyut jantung ikut stabil.

  • Meningkatkan stamina
olahraga bersepeda

olahraga bersepeda

Bersepeda sama dengan melakukan olahraga aerobic, karena akan memberikan tegangan atau tekanan yang tidak terlalu berat jika dibandingkan dengan olahraga ketahanan yang lainnya.

Dengan meningkatnya stamina, maka kita tidak akan mudah untuk merasakan lelah maupun letih dan bahkan dapat meningkatkan perasaan jadi lebih bahagia.

  • Mudah untuk dilakukan

Olahraga bersepeda termasuk olahraga yang mudah untuk dilakukan bagi semua orang, termasuk oang-orang yang memiliki masalah pada bagian persendian. Kita bisa melakukan olahraga bersepeda dengan tingkat intensitas yang berbeda, tergantung dari keinginan kita.

  • Tidak menyebabkan polusi

Bersepeda lebih hemat serta tidak menimbulkan polusi. Selain itu, bersepeda akan mencegah anda dari terjebak macet di jalanan khususnya jalanan perkotaan.

  • Menjaga ukuran pinggang tetap stabil

Kita dapat membakar kalori lebih banyak saat kita bersepeda. Semakin tinggi intensitas dalam mengayuh pedal sepeda, maka semakin banyak kalori yang kita bakar. Semakin banyak kalori yang kita bakar, maka berat badan kita akan ikut berkurang. Selain itu bersepeda juga akan meningkatkan laju metabolisme tubuh kita.

  • Panjang umur

Melakukan olahraga bersepeda secara rutin akan memperpanjang umur kita. Ada beberapa riset yang hasilnya menunjukkan bahwa melakukan olahraga bersepeda secara rutin ikut berperan dalam penambahan usia seseorang, meskipun sudah disesuaikan dengan resiko yang terjadi ketika melakukan olahraga bersepeda.