Berbagai Manfaat Dan Makanan Yang Kaya Akan Mineral Kromium

 

makanan sehat

makanan sehat

Kromium merupakan salah satu mineral yang sangat diperlukan dalam proses metabolism protein, karbohidrat, proses metabolism lipid atau lemak serta meningkatkan sensitivitas hormone insulin dalam tubuh kita.

Dulu, kromium tidak diakui sebagai suatu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh kita. Kromium baru diakui sangat penting pada tahun 1977, ketika banyak pasien yang menerima penambahan nutrisi jangka panjang tanpa kromium yang justru menyebabkan para pasien tersebut tidak mampu memetabolisme glukosa secara normal. Sejak saat itulah para ahli kesehatan baru menyadari betapa pentingnya asupan kromium.

Kekurangan mineral kromium jarang terjadi pada manusia. Namun, kekurangan kromium akan menyebabkan terjadinya resistensi insulin serta kelainan metabolism pada seseorang. Kadar kromium pada manusia sangat bervariasi, dan cenderung menurun ketika seseorang telah berusia lanjut.

Penurunan kemungkinan terjadi berhubungan dengan asupan makanan, sebab asupan makanan yang mengandung kromium cenderung dibawah jumlah yang direkomendasikan. Orang-orang yang banyak mengkonsumsi makanan kaya gula sederhana akan mengalami kekurangan kromium.

Makanan kaya gula sederhana akan menyebabkan kita kekurangan kromium dan tidak mampu mengontrol gula darah. Kondisi seperti ini akan semakin parah bila orang tersebut sering mengkonsumsi makanan olahan. Perlahan tapi pasti, orang-orang seperti ini akan mengalami diabetes.

Selain itu, kromium juga merupakan mineral yang ikut berperan dalam membangun otot dan juga untuk menurunkan berat badan. Banyak atlet yang menggunakan suplemen kromium untuk meningkatkan kerja metabolism tubuh serta meningkatkan energy.

Suplemen kromium juga dapat digunakan untuk mengibati gangguan toleransi glukosa serta diabetes tipe 2. Namun, sayangnya sampai saat ini masih belum ditemukan bukti nyata tentang hal tersebut.

sayuran brokoli kukus

sayuran brokoli kukus

Kita tidak perlu menggunakan suplemen kromium, karena semua jenis makanan seperti buah dan sayur banyak mengandung kromium. Maka dari itu, untuk meningkatkan kadar kromium dalam tubuh kita, kita cukup mengkonsumsi buah-buahan, sayuran, serta kacang-kacangan.

Selain itu, mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C akan mempermudah penyerapan kromium. Misalnya, mengkonsumsi satu porsi brokoli dan minum segelas jus jeruk. Hal ini akan mempercepat dan memudahkan tubuh kita dalam menyerap kromium.

Berbagai jenis makanan, seperti brokoli, hati, ragi, kentang, selada, tomat, makanan laut, daging, serta kacang hijau, dipercaya mengandung banyak kromium. Sedangkan berbagai produk olahan susu, susu serta telur justru rendah kromium.

Beberapa biji-bijian seperti gandum, beras merah dan barley juga kaya akan kromium. Beberapa buah-buahan seperti apel dan pisang juga mengandung kromium. Untuk rempah-rempah, lada hitam merupakan salah satu rempah-rempah yang kaya kromium.

Cara pengolahan makanan juga dapat mengurangi kadar kromium. Gandum yang sudah ditumbuk hingga halus akan menyebabkan kandungan kromiumnya berkurang. Satu porsi roti putih mengandung kromium lebih sedikit daripada satu porsi roti gandum.

Memasak sayuran dengan cara dikukus tidak akan mengurangi kadar kromium didalamnya. Sebaiknya jangan memasak terlalu lama, karena akan menyebabkan kadar kromiumnya berkurang.

makanan kaya kromium

makanan kaya kromium

Masih belum ada laporan tentang keracunan akibat dari kelebihan kromium karena asupan makanan. Konsumsi suplemen kromium dalam dosis besar justru mampu menyebabkan gangguan, seperti lesi atau pembengkakan pada kulit, hipoglikemia, kerusakan pada hati, ginjal serta kerusakan saraf.

Penggunaan suplemen kromium mampu menganggu penyerapan obat tiroid. Suplemen kromium juga dapat berinteraksi dengan obat antasida, kortikosteroid, H2 bloker, beta-blocker, obat anti-inflamasi non steroid, serta prostaglandin inhibitor.

Pola makan yang baik dan konsumsi makanan secara seimbang, secara keseluruhan merupakan hal yang penting dalam mencegah berbagai macam penyakit serta mencapai kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Lebih baik mengkonsumsi makanan segar, banyak mengandung vitamin dan mineral yang baik sekali untuk kesehatan daripada hanya berkonsentrasi dengan mengkonsumsi satu jenis makanan saja.