Berbagai Manfaat Dari Buah Malaka Untuk Kesehatan

manfaat buah malaka untuk kesehatan

manfaat buah malaka untuk kesehatan

Buah malaka merupakan salah satu anggota dari keluarga Euphorbiaceae. Malaka memiliki nama ilmiah Phyllanthus emblica. Malaka masih berkerabat dengan cermai dan tumbuhan meniran.

Di India, pohon cermai dianggap sebagai pohon suci. Buah cermai yang masih segar maupun yang sudah dikeringkan dapat dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan di India.

Di India, buah malaka sering dijadikan obat untuk berbagai macam penyakit. Buah malaka mengandung vitamin A, B kompleks dan juga kaya akan vitamin C. selain itu, buah malaka juga kaya akan mineral, seperti kalsium, fosfor, serta zat besi.

Ada begitu banyak masalah kesehatan yang disebabkan oleh adanya kerusakan oksidatif. Kerusakan oksidatif terjadi ketika sel-sel tubuh menggunakan oksigen, dan kemudian menghasilkan produk sampingan berupa radikal bebas.

Berbagai macam makanan yang mengandung antioksidan mampu memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh adanya radikal bebas dalam tubuh. Vitamin C merupakan agen antioksidan yang membuat buah malaka mampu digunakan untuk mencegah berbagai penyakit, termasuk berbagai jenis kanker.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi buah malaka. Berbagai manfaat buah malaka untuk kesehatan, meliputi:

  • Merawat kesehatan rambut

Malaka dapat digunakan sebagai tonik rambut untuk menyuburkan dan memperkuat akar rambut. Mengkonsumsi buah malaka secara langsung maupun mengoleskan pasta buah malaka pada rambut secara langsung akan membuat rambut semakin sehat dan kuat. Minyak dari buah malaka sering digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok serta kebotakan. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan karoten serta zat besi, yang nantinya akan mencegah radikal bebas merusak folikel rambut.

  • Menjaga kesehatan mata
jus buah malaka

jus buah malaka

Minum jus buah malaka yang dicampur dengan madu mampu memperbaiki kondisi kesehatan mata. Hal seperti ini mencegah terjadinya rabun maupun katarak. Hal seperti ini terjadi karena kandungan karoten dalam buah malaka akan ikut menjaga kesehatan mata serta mencegah masuknya radikal bebas ke dalam organ mata.

  • Membantu penyerapan kalsium

Buah malaka dapat dikonsumsi untuk membantu penyerapan kalsium secara optimal. Kalsium sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang, gigi, kuku serta rambut. Adanya kandungan vitamin C membuat buah malaka dapat digunakan untuk membantu penyerapan kalsium secara optimal, yang nantinya akan membuat tulang, gigi, kuku serta rambut anda selalu dalam keadaan sehat dan kuat.

  • Mengurangi kram saat menstruasi

Bila anda sering mengalami kram saat menstruasi, cobalah untuk mengkonsumsi jus buah malaka dengan madu secara rutin. Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah malaka akan membantu mengurangi kram dan nyeri saat menstruasi.

  • Memperbaiki kondisi diabetes

Buah malaka mengandung kromium yang cukup baik untuk orang-orang yang mengidap diabetes. Mengkonsumsi jus buah malaka akan mengaktifkan berbagai jenis sel yang nantinya akan ikut merangsang produksi hormone insulin. Kadar gula yang berlebihan dalam darah nantinya akan diambil untuk dijadikan energy, sehingga kadar gula dalam darah tetap dalam kondisi normal.

  • Membersihkan ginjal

Buah malaka memiliki sifat diuretic. Dengan mengkonsumsi buah malaka dalam bentuk segar maupun jus buah malaka nantinya akan meningkatkan frekuensi serta volume buang air kecil. Hal ini nantinya akan membuat berbagai macam racun, garam, asam urat serta air yang berlebihan akan hilang. Hal seperti ini nantinya juga akan ikut menurunkan berat badan, karena sekitar 4% dari urin yang kita keluarkan terdiri dari lemak. Jadi, mengkonsumsi buah malaka akan ikut membersihkan ginjal serta membuat organ ginjal dapat bekerja secara optimal.

  • Memperbaiki system pencernaan
buah malaka

buah malaka

Seperti buah-buahan yang lainnya, buah malaka juga mengandung serat alami. Serat dalam buah malaka nantinya akan membantu melancarkan pergerakan makanan melalui usus. Hal ini nantinya juga akan mengurangi terjadinya sembelit serta mengurangi gejala diare. serat juga akan merangsang cairan lambung dan pencernaan, sehingga makanan dapat dicerna secara lebih optimal.

  • Mencegah penyakit jantung

Mengkonsumsi buah malaka akan ikut mencegah terjadinya penyakit jantung. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam buah malaka akan memperkuat otot-otot jantung, sehingga darah yang dipompa dalam jantung dapat mengalir dengan lancar. Selain itu, kandungan kromium dalam buah malaka mampu mengurnagi penumpukan kolesterol pada arteri maupun pembuluh darah. kandungan zat besi dalam buah malaka akan ikut berperan dalam produksi sel darah baru, meningkatkan siskulasi darah serta oksigenasi organ dan sel tubuh.

  • Mencegah infeksi

Buah malaka juga memiliki sifat antibakteri. Mengkonsumsi buah malaka akan melindungi tubuh kita dari terjadinya infeksi serta meningkatkan respon system kekebalan tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah malaka akan ikut meningkatkan jumlah sel darah putih, yang berfungsi untuk mempertahakan diri dari berbagai jenis penyakit.

  • Memperbaiki nafsu makan

Mengkonsumsi buah malaka dengan tambahan madu sebelum makan, dapat meningkatkan nafsu makan pada anak-anak. Mengkonsumsi buah malaka sebelum makan juga dapat menyeimbangkan kadar nitrogen dalam tubuh, sehingga berat badan anda akan meningkat dengan cara yang lebih sehat.

  • Mencegah penuaan dini

Mengkonsumsi buah malaka akan mencegah tingginya kadar kolesterol dan trigliserida serta ikut mengurangi kadar radikal bebas dalam tubuh. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan dalam buah malaka. Radikal bebas mampu menyebabkan berbagai macma penyakit dan juga menyebabkan terjadinya penuaan dini.