Berbagai Manfaat Dari Mineral Sulfur

sayuran dan buah yang banyak mengandung sulfur

sayuran dan buah yang banyak mengandung sulfur

Sulfur, merupakan suatu mineral yang tidak banyak dibahas dalam buku-buku kesehatan, karena masih banyak yang menganggap tidak begitu penting. Sebab, kekurangan sulfur tidak begitu menampakkan gejala yang signifikan.

Kadar sulfur dalam tubuh kita tidak terlalu banyak, mirip dengan mineral kalium. Sulfur didistribusikan dalam jumlah sedikit ke semua sel dan jaringan tubuh kita. Sulfur memiliki bau yang khas seperti aroma rambut terkabar.

Sulfur juga banyak terdapat pada dua vitamin B, yaitu tiamin serta biotin. Tiamin sangat baik untuk kulit sedangkan biotin sangat baik untuk rambut. Sulfur sudah banyak digunakan sejak awal tahun 1800an. Sejak lama sulfur digunakan sebagai obat pencahar.

Selain untuk obat pencahar, sulfur juga sering disebut sebagai mineral untuk kecantikan. Sebab, sulfur mampu membantu kulit tetap sehat dan tampak awet muda. Gas hydrogen sulfide dalam bawang dapat menyebabkan mata berair. Gas seperti ini juga bisa dihasilkan oleh bakteri dalam usus kita yang nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh sebagai gas dengan bau yang khas.

Sulfur diserap oleh usus kecil dalam bentuk asam amino yang mengandung sulfur yang kita dapatkankan dari air, buah-buahan, sayuran, serta makanan yang mengandung protein. Kemudian sulfur akan disimpan ke semua sel-sel dalam tubuh, khususnya pada bagian kulit, rambut serta kuku. Sulfur yang berlebihan dalam tubuh akan dikeluarkan melalui tinja maupun urin.

Seperti yang kita sebutkan sebelumnya, sulfur banyak ditemukan dalam makanan yang mengandung protein, seperti susu, daging, telur, unggas, ikan, serta kacang-kacangan. Kuning telur adalah salah satu jenis makanan yang kaya akan sulfur.

Makanan lain yang juga banyak mengandung sulfur, meliputi bawang putih, bawang merah, kubis, Brussels sprout, serta lobak. Makanan lain, seperti kangkung, rumput laut, selada serta raspberry juga mengandung sulfur.

masalah kebotakan karena kekurangan sulfur

masalah kebotakan karena kekurangan sulfur

Orang-orang vegetarian atau orang yang melakukan diet rendah protein kemungkinan tidak bisa mendapatkan banyak sulfur dalam asupan makannnya.

Mineral sulfur melakukan berbagai fungsi yang penting dalam reaksi enzim serta sintesis protein. Hal ini nantinya akan dibutuhkan untuk pembentukan kolagen, yaitu suatu protein yang banyak ditemukan di jaringan ikat dalam tubuh kita.

Sulfur dalam tubuh kita juga akan diubah menjadi keratin, yang sangat diperlukan dalam memelihara kesehatan kulit, rambut, serta kuku. Sehingga kulit, rambut, serta kuku menjadi lebih kuat dan tetap dalam keadaan sehat.

Sulfur dalam bentuk sistin serta metionin juga sangat penting artinya dalam pembentukan insulin, yang nantinya akan sangat diperlukan dalam mengatur metabolism karbohidrat. Selain itu juga berfungsi untuk system darah dan mencegah terjadinya pembekuan darah.

Sulfur dalam bentuk taurin dapat ditemukan dalam asam empedu, yang nantinya digunakan dalam proses pencernaan. Sulfur juga ikut berperan dalam respirasi sel yang nantinya akan mencegah terjadinya oksidasi sel dan membantu sel-sel dalam tubuh untuk menggunakan oksigen dengan baik.

Dalam bentuk unsur, sulfur sudah digunakan sejak jaman dahulu. Sebagaian salep untuk gangguan kulit, seperti dermatitis, eksim serta psoriasis kebanyakan mengandung sulfur. Untuk psoriasis diperlukan sulfur bersama dnegan seng. Masalah lain dari kulit maupun rambut terkadang juga dapat disembuhkan dengan penggunaan sulfur.

Berbagai manfaat dari mineral sulfur dalam tubuh kita, meliputi:

  • Meningkatkan penyerapan berbagai nutrisi penting, seperti vitamin A, B, C, D, E, asam amino, selenium, kalsium, magnesium, dan sebagai koenzim Q10
  • Mengurangi atau menghilangkan nyeri otot dan kram
  • Mengurangi nyeri kronis
  • Mencegah terjadinya kanker
  • Mengurangi gejala alergi
  • Mencegah parasite atau mikroorganisme berbahaya, seperti cacing gelang, nematode, Thricomonas, Enterobius serta cacing yang lain
  • Meningkatkan fungsi paru-paru dengan cara meningkatkan tingkat efektifitas dalam mengambil oksigen
  • Mencegah penyakit saraf dengan memperbaiki kerusakan oksidatif serta memulihkan elastisitas membran sel dan permeabilitas
  • Mencegah dan mengurangi gejala penyakit autoimun dengan memerangi peradangan kronis
  • Mencegah diabetes dengan meningkatkan fungsi hormon insulin
  • Meningkatkan kekuatan dan daya tahan, dan mengurangi stres
  • Sebagai detoksifikasi racun dalam tubuh
kuku yang rusak karena kekurangan sulfur

kuku yang rusak karena kekurangan sulfur

Masalah pada persendian juga dapat dibantu dengan penggunaan chondroitin sulfat, yang merupakan turunan sulfur yang banyak ditemukan dalam jumlah banyak di jaringan persendian. Selama berabad-abad lamanya penderita penyakit arthritis dapat dibantu dengan cara mandi di perairan yang banyak mengandung sulfur.

Sulfur juga digunakan sebagai obat dalam bentuk suplemen. Magnesium sulfat, yang tidak mudah diserap oleh tubuh, justru telah digunakan sebagai obat cuci perut yang alami. Taurin, asam amino yang juga mengandung sulfat telah digunakan dalam pengobatan epilepsy dan umumnya digunakan secara bersamaan dengan seng.

Tidak ada gejala yang signifikan ketika kita mengalami kekurangan sulfur. Kekurangan sulfur umumnya terjadi karena menjalankan diet rendah protein atau kurangnya bakteri baik dalam usus. Kurangnya sulfur dalam tubuh kita kebanyakan tidak menimbulkan masalah yang serius dalam fungsi tubuh maupun system metabolism.