Berbagai Manfaat Dari Mineral Zinc

makanan yang kaya akan zinc

makanan yang kaya akan zinc

Zinc atau seng, merupakan mineral yang penting bagi tubuh kita. Sebab zinc ikut berperan dalam sintesis protein serta membantu dalam hal pengaturan produksi sel dalam system kekebalan tubuh kita.

Zinc banyak ditemukan dalam otot, sel-sel darah putih, darah merah, retina mata, hati, pancreas, ginjal, tulang, serta kulit. Di dalam kelenjar prostat juga dapat ditemukan mineral zinc. Ada lebih dari 300 enzim berbeda dalam tubuh kita yang sangat membutuhkan zinc agar dapat bekerja secara normal.

Manusia memiliki organ tubuh yang dapat mengeluarkan mineral zinc, yaitu kelenjar ludah, kelenjar prostat serta pancreas. Bahkan sel-sel tubuh yang ikut terlibat dalam system kekebalan tubuh juga sangat memerlukan zinc.

Zinc digunakan dalam berbagai macam proses metabolism dan akan dikeluarkan melalui urin. Jadi, kita perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc agar kita tidak mengalami kekurangan zinc. Beberapa jenis makanan yang kaya akan zinc, meliputi daging, tiram, kacang polong, lobak, gandum, kacang tanah, almond, biji labu, pecan serta jahe.

Berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari mineral zinc, adalah:

  • Menjaga kesehatan kulit

Zinc, sering dijadikan obat rumahan yang efektif untuk menyembuhkan luka maupun jerawat. Antibiotic memang efektif, namun mampu memberikan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Namun, zinc tidak memberikan efek samping maupun dampak yang buruk bagi kesehatan. Zinc mampu merangsang sel darah putih yang nantinya akan memeprcepat proses penyembuhan serta membuat tubuh kita terbebas dari infeksi. Zinc juga diperlukan dalam proses produksi kolagen, yang merupakan jaringan ikat yang sangat diperlukan untuk perbaikan kulit serta pertumbuhan sel kulit yang baru.

  • Mencegah eksim

Eksim atau dermatitis atopic, merupakan gangguan seperti inflamasi bersifat kronis pada kulit. Gangguan seperti ini biasanya terjadi karena tubuh kita mengalami kekurnagan zinc. Zinc berperan dalam menyembuhkan infeksi serta mempercepat pemulihan eksim pada kulit.

  • Mencegah jerawat

jerawat 2Zinc mampu mencegah jerawat dari dalam. Zinc akan mengantur serta menstabilkan jumlah hormone dalam tubuh, yang ikut berperan dalam munculnya jerawat. Zinc juga ikut menjaga kesehatan kulit serta menjaga minyak alami pada kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat. Jerawat dapat menimbulkan luka. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc, maka bekas luka karena jerawat akan semakin berkurang.

  • Gangguan prostat

Masalah seperti gangguan prostat pada pria, umumnya terjadi karena kekurangan zinc. Kekurangan zinc mampu menyebabkan terjadinya pembengkakan pada kelenjar prostat, sehingga membuatnya rentan untuk mengalami kanker prostat.

  • Mencegah gangguan fungsi kognitif

Zinc ternyata juga ikut berperan dalam fungsi mental dan kognitif. Zinc akan bekerjasama dengan vitamin B6 dalam memastikan fungsi dari neurotransmitter. Zinc juga dapat ditemukan dalam hippocampus, yang merupakan bagian otak yang berfungsi untuk mengontrol pikiran serta menyimpan memori. Zinc juga baik untuk memperbaiki fungsi otak karena cedera.

  • Mengurangi gejala flu

Zinc mampu mengurangi gejala flu serta mempercepat proses penyembuhan penyakit flu. Zinc mampu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh flu maupun pilek.

  • Menjaga berat badan

Zinc ikut berperan dalam menurutnkan berat badan, sehingga baik untuk orang-orang yang mengidap obesitas. Menurut penelitian, zinc mampu menurunkan nafsu makan yang nantinya akan mencegah makan secara berlebihan. Sebab, zinc mampu menekan hormone ghrelin yang berfungsi untuk memberikan signal lapar ke otak.

  • Baik untuk ibu hamil

Zinc penting artinya dalam perbaikan serta fungsi dari DNA. Hal ini akan mempercepat pertumbuhan sel pada janin selama masa kehamilan. Selain itu, zinc akan ikut menjaga kelancaran aktivitas enzim selama masa kehamilan.

  • Antioksidan alami

Zinc juga memiliki sifat antioksidan yang nantinya akan ikut terlibat dalam berbagai reaksi biokimia, seperti sintesis protein, fungsi enzim serta proses metabolism karbohidrat dalam tubuh. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc akan menjaga system integral serta fungsi tubuh tetap dalam keadaan normal.

  • Mencegah kanker prostat

Pada pria, zinc ikut berperan dalam menjaga kesehatan serta mencegah kerusakan pada kelenjar prostat. Kerusakan pada kenlejar prostat nantinya dapat menyebabkan munculnya kanker prostat pada pria. Zinc bersifat antioksidan yang nantinya akan mencari serta menghancurkan radikal bebas yang menyebabkan munculnya kanker.

  • Mencegah kelelahan kronis
kelelahan saat bekerja

kelelahan saat bekerja

Orang-orang yang mengalami kelelahan kronis, umumnya akan diobati dengan cara mengkonsumsi minyak ikan. Minyak ikan kaya akan zinc. Banyak dokter yang menyarankan untuk mengkonsumsi minyak ikan dalam mencegah kelelahan kronis. Zinc ikut menjaga fungsi serta kesehatan otot. Para ahli kesehatan percaya bahwa penyebab dari kelelahan kronis adalah kelelahan otot.

  • Mencegah alopecia

Alopecia merupakan suatu kondisi yang menyebabkan hilangnya rambut pada anak-anak maupun pada orang dewasa. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan agar mengkonsumsi zinc untuk mencegah alopecia. Zinc sangat baik sekali untuk menjaga kesehatan rambut. Zinc ikut menyuburkan dan menebalkan rambut.

  • Mencegah keropos tulang

Tulang yang keropos akan menyebabkan tulang menjadi lemah dan rapuh. Zinc merupakan mineral yang ikut memperbaiki massa serta memperkuat tulang. Untuk mencegah keropos tulang, maka sebaiknya tambahkan konsumsilah makanan yang mengandung zinc, terutama apabila anda sudah berusia lanjut.

  • Mencegah rabun senja

Rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc mampu memperbaiki daya penglihatan. Zinc mampu mencegah terjadinya rabun senja, yaitu suatu keadaan dimana kita tidak bisa melihat dengan jelas dimalam hari. Selama ini vitamin A dipercaya mampu menjaga kesehatan mata, namun tanpa adanya dukungan mineral zinc, maka vitamin A tidak dapat diserap dengan baik.