Berbagai Manfaat Dari Teh Putih Untuk Kesehatan

manfaat teh putih untuk kesehatan

manfaat teh putih untuk kesehatan

Teh putih adalah dauh teh yang belum diawetkan dan belum teroksidasi. Sama halnya dengan teh hijau, teh oolong, maupun teh hitam, teh putih sebenarnya berasal dari tanaman Camellia sinensis. Teh putih terkadang mengandung bunga serta daun teh yang masih muda.

Dauh teh yang masih muda memiliki kandungan kafein yang lebih rendah, jika dibandungkan dengan daun teh yang sudah tua. Jadi, semakin tua daun teh maka semakin tinggi kadar kafeinnya. Dengan begitu, maka teh putih mengandung lebih sedikit kafein daripada teh hijau.

Daun teh putih dipanen saat umurnya masih muda. Maka dari itu, teh putih dianggap sebagai barang langka dan harganya bis alebih mahal daripada teh hijau. Setelah daun teh putih dipanen akan langsung dikukus sebentar dan dikeringkan, tanpa memasuki tahap fermentasi. Sedangkan teh hijau tetap memasuki tahap fermentasi namun hanya sebentar saja.

Karena teh putih tidak melewati proses fermentasi, maka kandungan antioksidan didalamnya sangat tinggi sekali. Sehingga, kandungan antioksidannya bisa dikatakan lebih tinggi lagi jika dibandingkan dengan teh hijau. Selain itu, teh putij memiliki rasa yang lebih ringan dan lebih manis daripada teh hijau.

Selain kaya akan kandungan antioksidan, teh putih juga memiliki sifat antimikroba yang sangan luar biasa. Teh putih juga mengandung tannin, flouride serta senyawa flavonoid seperti katekin serta polifenol.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari teh putih untuk menunjang kesehatan tubuh kita, seperti:

  • Kaya akan antioksida
teh putih

teh putih

Tingginya kadar radikal bebas dalam tubuh kita mampu menyebabkan kerusakan pada semua organ tubuh kita. Radikal bebas juga ikut berperan dalam mempercepat proses penuaan pada kulit. Teh putih mengandung polifenol yang mampu mengurangi serta menetralkan radikal bebas dalam tubuh kita. Senyawa tersebut juga mampu mencegah peroksida yang muncul karena toksisitas atau kelebihan racun dalam tubuh. Selain itu, teh putih juga ikut membantu sel tubuh serta saraf.

  • Mencegah kanker

Teh putih juga mampu mencegah terjadinya kanker, khususnya kanker paru-paru. Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa teh putih mengandung senyawa antikanker yang mampu menyebabkan kematian pada sel kanker serta mencegah pertumbuhan sel kanker pada organ paru-paru.

  • Menjaga kulit tetap sehat

Teh putih akan ikut menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit tetap awet muda. Kandungan antioksidan alami yang tinggi dalam teh putih nantinya akan memperbaiki serta memulihkan kulit yang rusak. Selain itu, antioksidan dalam teh putih juga akan ikut melindungi kulit kita dari bahaya sinar ultraviolet.

  • Menjaga kesehatan mulut

Teh putih juga ikut menjaga kesehatan mulut. Adanya kandungan polifenol dan tannin dalam teh putih mampu menghambat pertumbuhan berbagai macam bakteri didalam mulut, yang mampu menyebabkan terbentuknya plak. Kandungan fluoride dalam teh putih juga mampu mengurangi terjadinya karies atau pembusukan gigi.

  • Mencegah terjadinya gangguan pada system kardiovaskular

Kandungan flavonoid dalam teh putih mampu mencegah serta menurunkan gangguan pada system kardiovaskular. Flavonoid mampu mengurangi tekanan darah, sehingga kita akan terhindar dari penyakit hipertensi. Flavonoid juga ikut mencegah terjadinya penumpukan lemak dalam darah, memperbaiki fungsi endotel serta menghambat oksidasi kolesterol jahat dalam darah.

  • Baik untuk pengidap diabetes

Minum teh putih juga baik sekali untuk pengidap diabetes. Minum teh putih mampu mengurangi rasa haus berlebihan atau polydipsia, menurunkan kadar gula dalam darah serta mampu meningkatkan produksi insulin bagi para pengidap diabetes.

  • Mencegah infeksi

teh putih thumbBeberapa penyakit dan kondisi medis tertentu disebabkan oleh adanya pathogen yang menyerang system kekebalan tubuh dan nantinya akan menyebabkan infeksi. Teh putih memiliki sifat antibakteri yang mampu mencegah bakteri dan berbagai mikroorganisme lainnya menyerang system kekebalan tubuh dan menyebabkan infeksi maupun penyakit. Saat ini banyak produk sabun cuci tangan yang berbahan dasar teh putih. Bahkan minum teh putih hangat mampu meredakan penyakit pilek dan flu.

  • Menjaga kestabilan berat badan

Kesibukan serta pola makan yang salah mampu menyebabkan terjadinya peningkatan berat badan. Untuk menguranginya maka kita perlu melakukan olahraga serta memperbaiki pola makan kita sehari-hari. Selain itu cobalah untuk minum teh putih secara rutin. Teh putih mampu mencegah proses pembentukan lemak serta mengeluarkan lemak melalui urin. Teh putih juga akan meningkatkan proses metabolisme tubuh, sehingga lemak akan lebih cepat terbakar.

Dengan begitu banyaknya manfaat dari minum teh putih untuk kesehatan, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Minumlah 2 sampai 3 cangkir teh putih secara rutin untuk mendapatkan berbagai manfaatnya bagi kesehatan tubuh anda.