Berbagai Manfaat Geranium Untuk Kesehatan

manfaat geranium untuk kesehatan

manfaat geranium untuk kesehatan

Geranium memiliki berbagai macam jenis. Ada sekitar 200 spesies dari tumbuhan geranium. Semuanya disebut dengan nama yang sama yaitu geranium.

Tumbuhan geranium, khususnya jenis Geranium pelargonium memiliki bunga yang bentuknya menyerupai mawar. Aroma dari bunganya juga hampir sama seperti bunga mawar. Geranium pelargonium merupakan salah satu spesies dari geranium yang aman untuk digunakan dalam pengobatan.

Geranium pelargonium sebenarnya merupakan tumbuhan asli dari Afrika Selatan. Namun sekarang geranium pelargonium sudah dibudidayakan di seluruh dunia dan menjadi tanaman hias yang popular.

Awalnya geranium dibawa ke daratan Eropa di abad ke 17. Dan mulai saat itu, geranium banyak disebar di seluruh dunia. Tidak seperti obat-obatan herbal lainnya, yang bisa dimanfaatkan dari geranium adalah minyak esensial serta daunnya.

Selain menjadi tanaman hias, minyak esensial dari bunga geranium pelargonium ternyata juga baik untuk kesehatan. Selain minyak esensial dari bunganya, daun geranium juga digunakan sebagai bahan dalam ilmu pengobatan tradisional.

Umumnya daunnya diseduh dengan air, seperti menyeduh teh biasa. Teh dari daun geranium memiliki aroma yang harum dan manis, seperti bunga mawar.

Karena penggunaannya yang sangat minim, maka tidak begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari geranium. Namun hal seperti ini bukan berarti bahwa geranium tidak bermanfaat sama sekali. Berbagai manfaat dari geranium untuk kesehatan, meliputi:

  • Mengurangi stress

Bila anda mengalami stress yang berkepanjangan, anda bisa mencoba ramuan yang sangat sederhana seperti berikut ini. Ambil beberapa lembar daun geranium kemudian cuci sampai bersih dan seduh dengan air panas. Tunggu sampai hangat dan minumlah. Teh dari daun geranium memiliki sifat menenangkan tubuh. Teh daun geranium dipercaya mampu mengurangi stress berkepanjangan. Berbagai senyawa yang terkandung dalam daun geranium akan membantu keseimbangan hormone dalam tubuh serta mengurangi hormone stress yang berlebihan. Teh daun geranium juga mampu mengurangi depresi.

  • Meringankan peradangan
teh geranium

teh geranium

Selain mampu mengurangi stress berlebihan, teh dari daun geranium juga mampu meringankan peradangan di seluruh bagian tubuh. Bila anda mengalami sakit pada persendian, sakit otot, radang pada system pencernaan, peradangan pada system kardiovaskular, maupun peradangan pada bagian kulit sekalipun, anda bisa mencoba untuk minum teh dari daun geranium untuk mengurangi peradangan dan rasa sakit akibat dari peradangan.

  • Mengurangi nyeri

Daun geranium juga memiliki kemampuan analgesic atau mengurangi rasa nyeri. Meminum teh daun geranium telah dilakukan sejak dulu untuk mengurangi nyeri karena cedera, nyeri sendi maupun nyeri karena sakit kepala yang hebat. Bila anda mengalami sakit kepala kronis yang sering muncul secara tiba-tiba, anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi teh daun geranium. Dalam sebuah penelitian telah ditmeukan bahwa teh daun geranium mampu melepaskan endorphin dan membuat rasa sakit yang timbul karena nyeri menjadi berkurang.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Teh dari daun geranium juga memiliki sifat diuretic alami. Setelah mengkonsumsi teh dari daun geranium, anda akan merasa ingin buang air kecil. Hal ini akan membuat buang air kecil menjadi semakin lancar dan juga membersihkan berbagai racun yang menumpuk pada organ ginjal. Berbagai macam racun yang menumpuk dalam organ ginjal merupakan hasil akhir dari metabolism lemak, garam serta air. hal seperti ini nantinya juga akan mengurangi ketegangan pada organ ginjal.

  • Memperbaiki system kekebalan tubuh

Geranium juga memiliki sifat anti-jamur, antibakteri serta antiseptic alami. Mengkonsumsi teh dari daun geranium akan memberikan dampak yang baik untuk memperbaiki system kekebalan tubuh. Berbagai senyawa antibakteri yang terkandung dalam daun geranium akan meningkatkan system kekebalan tubuh serta mempercepat proses kesembuhan dari berbagai macam penyakit akibat bakteri. Mengkonumsi teh daun geranium juga mampu mencegah pathogen internal maupun eksternal yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit.

  • Mengusir nyamuk
minyak geranium

minyak geranium

Aroma dari daun geranium dapat mengusir nyamuk di rumah. Anda juga bisa mengambil beberapa helai daun geranium dan gosokkan pada kulit anda. Berbagai senyawa yang terkandung dalam daun geranium memiliki aroma yang sangat menyengat bagi nyamuk, sehingga nyamuk tidak akan berani mendekati anda.

  • Menjaga system pencernaan

Bila anda sering merasa kram perut, perut kembung maupun gangguan lainnya pada perut, anda bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi teh daun geranium. Berbagai senyawa yang terkandung dalam daun geranium mampu mengurnagi peradangan serta membersihkan berbagai bakteri yang dapat menyebabkan munculnya rasa tidak nyaman pada system pencernaan. Hal ini nantinya akan membuat kondisi perut anda semakin membaik.

Jarang sekali ada berita terjadinya keracunan karena meminum ramuan dari geranium. Sebaiknya konsultasikan dulu terhadap dokter ahli atau ahli herbal yang terpercaya sebelum menggunakan geranium sebagai obat herbal.

Meskipun teh dari daun geranium memiliki rasa yang ringan, sebaiknya jangan dikonsumsi secara berlebihan. Mengkonsumsi teh daun geranium secara berlebihan dipercaya mampu mengurangi kadar gula dalam darah secara signifikan. Sebaiknya jangan mengkonsumsi teh daun geranium sebanyak 1 sampai 2 cangkir dalam sehari.