Berbagai Manfaat Kapulaga Untuk Kesehatan

kapulaga

kapulaga

Kapulaga merupakan sejenis buah yang umum digunakan sebagai bumbu masakan tertentu maupun sebagai bahan campuran dalam pembuatan jamu. Ada dua macam kapulaga yang banyak digunakan di Indonesia, yaitu kapulaga Jawa dengan nama ilmiah Amomum compactum serta kapulaga sabrang atau kapulaga India dengan nama ilmiah Elettaria cardamomum. Keduanya termasuk dalam suku Zingiberaceae atau jahe-jahean.

Seperti rempah-rempah lainnya, kapulaga sudah dikenal dalam ilmu pengobatan tradisional sejak dahulu kala. Dalam setiap 100 g kapulaga terkandung sekitar 300 kalori. Kapulaga juga mengandung nutrisi penting bagi kesehatan kita, seperti Vitamin A, B, C, karbohidrat, natrium, serat, kalium, zat besi, kalsium, serta magnesium

Kapulaga juga mengandung kimia alami yang baik bagi kesehatan, seperti sineol, terpineol, borneol, protein gula serta sedikit lemak. Kandungan sineol yang ada pada kapulaga juga sangat bermanfaat sebagai obat ekspektoran atau pengencer dahak. Kapulaga juga mengandung karminatifyang mampu mengobati masuk angin.

Ada dua macam cara untuk mendapatkan berbagai manfaat kapulaga, yaitu sebagai obat dalam maupun obat luar. Untuk obat dalam, anda bisa menumbuk biji kapulaga kemudian direbus dan minumlah air rebusannya. Untuk obat luar, anda bisa menumbuk kapulaga sampai halus lalu dicampur dengan sedikit air hingga berbentuk seperti pasta, kemudian balurkan pasta tersebut ke bagian tubuh yang sakit.

Berbagai manfaat kapulaga untuk kesehatan, meliputi:

  • Mencegah penyakit kanker
manfaat kapulaga untuk kesehatan

manfaat kapulaga untuk kesehatan

Tanpa kita sadari, kapulaga mengandung banyak senyawa bersifat antioksidan yang baik untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh kita. Kapulaga secara efektif mampu mencegah terjadinya kanker prostat, kanker payudara, serta kanker ovarium.

  • Memperbaiki peredaran darah

Kapulaga mampu memperbaiki peredaran serta mengurangi tekanan darah sehingga sangat baik untuk orang yang mengidap penyakit hipertensi. Kapulaga juga mampu mencegah terjadinya pembekuan darah dengan cara menghentikan agregasi platelet.

  • Mengobati sakit tenggorokan

Kapulaga memiliki sifat menghangatkan, dengan demikian maka dapat kita gunakan untuk mengobati sakit tenggorokan. Tumbuk beberapa biji kapulaga hingga menjadi bubuk lalu rebus dengan air dan campurkan sedikit madu. Ramuan seperti ini baik untuk mengobati tenggorokan gatal, batuk rejan maupun batuk karena asma.

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Kapulaga dapat menjaga empedu serta cairan lambung tetap stabil. Cairan lambung yang terlalu asam akan menyebabkan berbagai gangguan pada system pencernaan. Selain itu, kapulaga akan menjaga perut anda tetap hangat.

  • Menjaga kesehatan tulang

Kapulaga mengandung vitamin C serta mangaan yang baik untuk kesehatan tulang. Kondisi tulang yang sehat sangat penting bagi kita, khususnya bagi wanita karena dapat mencegah terjadinya osteoporosis.

  • Obat analgesic alami

Kapulaga merupakan salah satu tumbuhan yang mampu meredakan rasa sakit serta nyeri. Sejak jaman dahulu, kapulaga sering digunakan untuk mengobati nyeri sendi, kejang maupun nyeri otot.

  • Menjaga kesehatan ginjal

Kapulaga termasuk dalah satu rempah-rempah yang memiliki sifat diuretic sehingga bisa digunakan untuk menjaga kesehatan ginjal. Kapulaga juga bisa kita manfaatkan untuk mengatasi penyakit lain pada saluran kemih, seperti sistitis maupun nefritis.

  • Mencegah peradangan

kapulagaKapulaga memiliki sifat antiperadangan, sehingga sering digunakan untuk mencegah radang pada persendian maupun radang pada gusi.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

Kapulaga bersifat menghangatkan serta mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Daya tahan tubuh yang semakin meningkat mampu mencegah penyakit karena virus maupun bakteri.

  • Aromaterapi

Kapulaga juga bisa dijadikan bahan aromaterapi. Mencium aroma kapulaga akan membuat tubuh menjadi lebih rileks serta dapat menghilangkan stress.

  • Mengurangi racun kafein

Kapulaga memiliki bahan-bahan alami untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Mengkonsumsi kopi terlalu banyak akan meracuni tubuh kita. Untuk mengeluarkan racunnya, kita bisa mengkonsumsi kapulaga.

  • Balsam untuk meringankan sakit kepala

Di India, kapulaga dan kayu cendana sering dijadikan pasta serta digunakan untuk balsam. Selain untuk balsam, kapulaga terkadang ditumbuk dan dicampur ke dalam minuman untuk mengurangi sakit kepala.