Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Barley

manfaat barley untuk kesehatan

manfaat barley untuk kesehatan

Barley atau jelai, memiliki nama ilmiah Hordeum vulgare. Barley merupakan sejenis serealia yang sering digunakan sebagai bahan pakan ternak serta penghasil malt. Barley merupakan salah satu anggota suku padia-padian atau Poaceae.

Belakangan ini ada banyak sekali penyakit yang muncul. Umumnya penyakit tersebut muncul karena adanya kesalahan dalam pola makan kita sehari-hari. Salah satu nutrisi penting yang kita butuhkan adalah serat.

Tanpa kita sadari, barley mengandung dua jenis serat, yaitu serat larut dan serat yang tidak larut. Kedua jenis serat ini akan saling melengkapi dan menjaga kesehatan kita dalam waktu yang lebih lama.

Barley bisa dijadikan sebagai alternative pengganti nasi. Ada penelitian terbaru yang menyatakan bahwa mengkonsumsi barley mampu mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh banyaknya asam amino esensial yang terkandung dalam barley.

Selain kaya akan serat serta asam amino, barley juga kaya akan protein. Sehingga dengan cara mengkonsumsi barley, maka kita akan memiliki lebih banyak energy serta tentu saja lebih sehat.

Barley juga mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Barley kaya akan vitamin B1, B2, B3, B5, B9, C dan juga vitamin K. Sementara kandungan mineral dalam barley, meliputi mangan, fosfor, selenium, magnesium, zat besi, tembaga, kalium serta kalsium.

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang terkandung didalamnya, maka mengkonsumsi barley akan baik sekali untuk kesehatan kita. Berbagai manfaat kesehatan dari barley, meliputi:

  • Menjaga kesehatan system pencernaan

Barley kaya akan serat yang baik sekali bagi kesehatan kita, khususnya bagi system pencernaan. Serat mampu menetralkan berbagai macam racun dan kotoran dalam tubuh kita. Rumput barley bisa dibuat jus dan mengandung banyak sekali serat makanan alami. Serat ini nantinya akan menjadi sumber bahan bakar berbagai macam bakteri baik yang ada dalam system pencernaan kita. Hal ini nantinya akan membuat usus besar kita selalu dalam keadaan bersih dan sehat. Nantinya anda akan terbebas dari kanker usus maupun wasir.

  • Mencegah batu empedu
tanaman barley

tanaman barley

Serat larut yang terkandung dalam barley mampu membantu mencegah munculnya batu empedu. Serat larut ini nantinya akan mengurangi produksi cairan asam empedu, yang nantinya akan meningkatkan sensitivitas insulin serta ikut menurunkan kadar trigliserida. Menurut beberapa penelitian, orang-orang yang tidak mengkonsumsi serat lebih cenderung memiliki batu empedu.

  • Ikut mencegah osteoporosis

Adanya kandungan fosfor, tembaga dan kalsium dalam barley, akan ikut mencegah terjadinya osteoporosis. Fosfor merupakan mineral yang efektif untuk menyembuhkan penyakit pada tulang maupun gigi. Jus rumput barley memiliki kandungan kalsium lebih banyak daripada susu. Kalsium merupakan komponen yang penting dalam menjaga kesehatan tulang. Selain itu, barley juga mengandung mangan dan vitamin B kompleks yang nantinya akan ikut menjaga kesehatan tubuh serta mengurangi peradangan. Tubuh kita memerlukan mangan untuk mendukung pertumbuhan tulang yang normal.

  • Mendukung system kekebalan tubuh

Jus rumput barley mengandung vitamin C yang lebih banyak daripada jeruk. Vitamin C akan ikut memperkuat system kekebalan tubuh serta mengurangi kemungkinan terserang penyakit. Zat besi juga ikut meningkatkan volume darah serta mencegah terjadinya anemia. Dengan begitu, organ ginjal kita akan berfungsi dengan baik dan lebih lancar. Kandungan tembaga dalam barley juga ikut membentuk sel darah merah.

  • Menjaga elastisitas kulit

Barley mengandung selenium yang nantinya akan ikut menjaga elastisitas kulit. Selenium juga ikut melawan terjadinya kerusakan akibat dari radikal bebas yang mampu membuat kulit menjadi kendur. Kekurangan selenium mampu menyebabkan terjadinya kanker kulit, kanker usus besar, kanker prostat, kanker hati serta kanker payudara.

  • Mengendalikan kadar kolesterol

Serat larut yang terkandung dalam barley nantinya akan menghasilkan asam propionate yang ikut menjaga kadar kolelesterol dalam darah tetap terkendali. Rendahnya kolesterol dalam darah nantinya akan mencegah terjadinya atherosclerosis, serangan jantung serta stroke.

  • Mengelola diabetes

Barley mampu mencegah terjadinya diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 umumnya terjadi karena peningkatan berat badan serta kurangnya aktivitas fisik. Orang-orang yang mengidap diabetes sebaiknya memasukkan makanan yang kaya akan serat dalam pola makannya sehari-hari. Serat larut dari barley mampu memperlambat penyerapan glukosa, yang nantinya juga akan membuat insulin menjadi lebih peka.

  • Mencegah alergi

Ada beberapa orang yang mengidap alergi terhadap tepung. Tepung dari barley bisa digunakan sebagai bahan dalam membuat roti maupun kue yang tentunya akan menjadi lebih sehat dan baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang alergi terhadap tepung.