Berbagai Manfaat Kesehatan Dari Kacang Mete

manfaat kacang mede untuk kesehatan

manfaat kacang mede untuk kesehatan

Kacang mete merupakan kacang-kacangan yang berasal dari keluarga Anacardiaceae dan masih berkerabat dengan kacang pistachio. Kacang mete berasal dari pesisir timur laut Brasil. Sekarang banyak dibudidayakan di tempat-tempat yang beriklim tropis, seperti Indonesia, Sri Lanka, Kenya, India dan Tanzania.

Kacang mete menempel pada bagian bawah buah yang berbentuk seperti jambu. Getah dari pohonnya banyak digunakan dalam industry. Sementara kulit pohonnya sering digunakan untuk pengobatan diare serta kolik. Daunnya bisa direbus dan dipakai dalam mengobati nyeri pada seluruh bagian tubuh. Sedangkan buahnya mampu mengobati maag dan gastritis.

Kacang mete sebenarnya memiliki banyak nutrisi, protein serta mineral yang peting sekali artinya bagi kesehatan kita. Kacang mete mangandung banyak vitamin, seperti vitamin B1, B2, B3, B6, B9, C, E dan juga vitamin K. Mineral yang terkandung dalam kacang mete, meliputi tembaga, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, kalium serta seng. Selain itu kacang mete juga rendah sodium serta tanpa kolesterol, bila dikonsumsi secara tepat.

Berbagai manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi kacang mete, meliputi:

  • Menjaga kesehatan jantung

Kacang mete kaya akan lemak tak jenuh. Lemak tak jenuh tunggal diperlukan untuk menyerap serta melarutkan vitamin A, D, E dan K. Lemak tak jenuh yang terkandung dalam kacang mete juga baik untuk kesehatan jantung serta mengurangi kadar LDL. LDL akan meningkat bila kita mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh secara berlebihan. Tingginya LDL akan menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti atherosclerosis serte pengerasan arteri. Lemak tak jenuh akan meningkatkan kadar HDL, mengurangi kadar trigliserida serta dapat menurunkan tekanan darah.

  • Otot dan saraf yang sehat
kacang mede

kacang mede

Kacang mete juga kaya akan magnesium. Magnesium sangat diperlukan untuk perkembangan tulang, otot, jaringan, dan juga organ tubuh yang sehat. Magnesium juga ikut menjaga kestabilan tekanan darah, menjaga system kekebalan tubuh, menjaga fungsi saraf serta menjaga kekuatan tulang. Magnesium ikut terlibat dalam fungsi metabolism tubuh, mempengaruhi kerja insulin serta ikut mengatur kadar gula dalam darah. Kekurangan magnesium akan mengganggu metabolism kalsium dan hormone yang mengatur regulasi kalsium dalam tubuh.

  • Aman untuk pengidap diabetes

Kacang mete termasuk jenis makanan yang rendah gula serta tidak mengandung kolesterol berbahaya, sehingga bisa dikatakan relative aman untuk pengidap diabetes. Bahkan mengkonsumsi kacang mete juga mampu menurunkan resiko terjadinya diabetes tipe 2.

  • Kaya akan antioksidan

Dalam sebuah penelitian telah ditemukan bahwa kaang mete mengandung banyak senyawa alami, seperti asam anakardat, cardanols dan cardols. Berbagai senyawa tersebut memiliki sifat antioksidan yang baik untuk orang-orang yang sedang menjalani pengobatan untuk penyakit tumor maupun kanker.

  • Meningkatkan produksi sel darah merah

Kacang mete mengandung mineral tembaga dalam jumlah yang banyak. Tembaga nantinya akan ikut membantu metabolism zat besi dan ikut membantu dalam pembentukan sel darah merah. Tembaga juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan tulang serta menjaga system kekebalan tubuh agar tetap sehat. Tembaga juga berperan penting dalam kesehatan system saraf. Kekurangan tembaga akan menyebabkan detak jantung yang tidak teratur, osteoporosis serta anemia.

  • Menjaga kesehatan tulang dan gigi
susu dari kacang mede

susu dari kacang mede

Kacang mete juga mengandung fosfor yang penting artinya bagi kesehatan tulang dan juga gigi. Fosfor juga diperlukan untuk sintesis protein, penyerapan karbohidrat dan lemak serta memelihara kesehatan sel-sel tubuh.

  • Mencegah anemia

Kacang mete juga kaya akan zat besi. Zat besi merupakan elemen yang penting bagi kesehatan, karena berfungsi sebagai pembawa oksigen dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh. Zat besi juga ikut berperan dalam fungsi enzim serta system kekebalan tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia, kelelahan kronis serta tubuh menjadi lebih rentan terhadap infeksi.

  • Memperkuat system kekebalan tubuh

Adanya kandungan mineral seng dalam kacang mete, membuat kacang mete menjadi salah satu jenis makanan yang baik bagi kesehatan. Mineral seng sangat penting artinya untuk memperkuat system kekebalan tubuh terhadap berbagai macam infeksi mikroba, sintesis protein serta memeprcepat proses penyembuhan luka. Seng juga penting artinya bagi ibu-ibu yang sedang hamil untuk menjaga pertumbuhan janin.

Meskipun kacang mete memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan, sebaiknya jangan mengkonsumsi kacang mete secara berlebihan. Mengkonsumsi kacang mete dalam jumlah yang tepat, dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Kacang-kacangan sangat penting artinya bagi vegetarian yang menghindari konsumsi daging.

Pilihlah kacang mete yang diproses dengan cara dipanggang dan tanpa menggunakan garam maupun bahan-bahan lainnya. Penggunaan bahan lain serta proses pengolahan akan mempengaruhi kandungan nutrisi dari kacang mete.

Selain itu, kacang mete juga termasuk salah satu jenis makanan yang mengandung oksalat. Oksalat mampu mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh. Kalsium yang tidak terserap secara sempurna akan terakumulasi dalam ginjal dan membentuk batu ginjal.