Berbagai Manfaat Mentega Untuk Kesehatan

manfaat mentega untuk kesehatan

manfaat mentega untuk kesehatan

Kata mentega sebenarnya diambil dari bahasa Portugis manteiga. Mentega merupakan salah satu turunan atau produk dari susu yang terbentuk ketika susu yang masih segar atau susu yang sudah difermentasikan diaduk dalam waktu yang cukup lama. Proses pengadukan membuat susu yang berbentuk cair berubah menjadi padat.

Umumnya mentega berasal dari susu sapi. Karena itu mentega banyak diproduksi di daerah yang banyak terdapat peternakan sapi. Terkadang ada juga mentega yang terbuat dari susu kerbau, domba, kambing dan lain sebagainya.

Mentega telah digunakan dalam berbagai macam budaya selama lebih dari 4000 tahun. Dalam budaya India maupun di Alkitab memberitahu kita tentang mentega yang sudah digunakan sejak saat itu. Mentega dianggap jenis makanan yang penting karena memiliki banyak nilai gizi.

Sayangnya, beberapa decade terakhir masyarakat telah menganggap mentega sebagai “sesuatu” yang buruk. Sehingga banyak orang yang beralih ke margarin. Padahal dari segi nutrisi, mentega lebih kaya nutrisi dibandingkan dengan margarin.

Mentega mengandung banyak nutrisi, vitamin dan mineral yang dapat menunjang kesehatan kita. Mentega mengandung vitamin A, D, E dan vitamin K. Berbagai mineral yang terkandung dalam mentega, meliputi mangan, kromium, tembaga, seng, yodium serta selenium. Memang mentega terdiri dari lemak, namun kita perlu ingat bahwa tidak semua lemak itu berbahaya bagi kesehatan.

Dengan banyaknya nutrisi, vitamin dan mineral yang terkandung dalam mentega, maka ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi mentega, yaitu:

  • Mengandung antioksidan

Mentega yang berasal dari susu segar kaya akan karoten yang merupakan salah satu nutrisi penting bagi manusia. Karoten dalam tubuh kita nantinya akan berubah menjadi antioksidan dan diubah menjadi vitamin A. Antioksidan dalam tubuh kita nantinya akan ikut memerangi berbagai macam penyakit. Antioksidan dapat mencegah infeksi serta meningkatkan system kekebalan tubuh. Sedangkan vitamin A akan larut dalam lemak dan ikut menjaga kesehatan mata, mulut, kulit, tenggorokan, pencernaan serta saluran kemih. Selain itu vitamin A juga ikut menjaga dan memperbaiki sel-sel tubuh dan juga meningkatkan system kekebalan tubuh dengan cara merangsang produksi limfosit, yang nantinya akan melindungi tubuh kita dari penyakit maupun virus. Tingginya kadar vitamin A dalam tubuh akan mencegah terjadinya infeksi pernapasan serta penyakit autoimun.

  • Mencegah kanker

mentega thumbMentega kaya akan vitamin A dan beta-karoten. Kedua nutrisi tersebut mampu mengurangi terjadinya kanker kolorektal dan juga kanker prostat. Dalam penelitian lain juga ditemukan bahwa vitamin A mampu mengurangi kanker payudara. Hal ini disebabkan karena vitamin A juga memiliki sifat antioksidan, sehingga mampu memerangi dan mengurangi pertumbuhan sel kanker. bahkan vitamin A juga mampu mematikan sel tumor, sehingga tidak akan berubah menjadi kanker. Mentega juga mengandung CLA atau Conjugated Linoleic Acid yang tinggi, yang nantinya juga ikut berperan dalam mencegah kanker.

  • Menjaga system pencernaan

Mentega juga mengandung glycospingolipids, yaitu sebuah asam lemak khusus yang mampu melindungi dan menjaga system penceraan. Hal ini nantinya akan mencegah terjadinya gastrointestinal dan membuat usus kita tetap sehat dengan cara mengikat bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada usus dan system pencernaan lainnya.

  • Menjaga kesehatan jantung

Mentega alami juga mampu menjaga kesehatan jantung Anda. Sebenarnya, mentega kaya akan asam lemak omega 3, sehingga nantinya akan ikut mengurangi bahaya dari kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh kita. LDL mampu menyumbat arteri dan menyebabkan aterosklerosis, serangan jantung serta stroke.

  • Menjaga kesehatan tiroid

Kelenjar tiroid merupakan bagian tubuh yang penting dari system endokrin. Mentega mengandung vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan serta kestabilan kerja kelenjar tiroid. Orang-orang yang mengalami hipotiroidisme atau penyakit tiroid lainnya, umumnya mengalami kekurangan vitamin A. kelenjar tiroid berfungsi untuk mengatur hormone yang akan dibuat dan disekresikan ke seluruh tubuh. Mentega kaya akan vitamin A. Maka dari itu, bila anda mengalami masalah tiroid serta ingin menjaga kesehatan tiroid, sebaiknya konsumsilah mentega secara teratur.

  • Menjaga kesehatan mata
mentega

mentega

Kandungan beta-karoten yang ada dalam mentega telah lama dianggap sebagai nutrisi untuk menjaga kesehatan mata. Beta-karoten nantinya akan ikut melindungi kesehatan mata serta merangsang produksi dan pertumbuhan sel tambahan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini nantinya juga akan mencegah katarak dan mengurangi kemungkinan terjadinya degenerasi macula yang berkaitan dengan usia. Beta karoten juga ikut mencegah terjadinya gangguan lainnya pada mata serta mengurangi resiko terjadinya angina pectoris.

  • Mencegah arthritis

Mentega mengandung senyawa khusus yang sangat langka. Senyawa tersebut mampu melindungi kita dari terjadinya pengapuran pada sendi yang menyebabkan munculnya arthritis. Senyawa ini nantinya juga mampu melindungi kita dari pengerasan arteri, kalsifikasi kelenjar pineal dan juga katarak. Senyawa ini disebut Factor Wulzen. Senyawa ini banyak ditemukan pada susu yang masih segar.

  • Menjaga kesehatan tulang

Mentega kaya akan mineral mangan, tembaga, seng dan selenium. Semua mineral tersebut merupakan elemen yang penting sekali artinya dalam menjaga kesehatan tulang, merangsang perbaikan tulang serta pertumbuhan kembali sel-sel tulang. Kurangnya asupan mineral tersebut nantinya akan mempercepat anda mengalami osteoporosis, arthritis serta penuaan dini.

  • Mengoptimalkan penyerapan gizi

Sebenarnya mentega mengandung senyawa vitamin khusus yang juga bersifat sebagai katalis yang disebut dengan nama Activator X. Senyawa ini hanya bisa ditemukan pada hewan yang diberi makan berupa rumput segar yang alami. Senyawa ini memiliki kemampuan yang sangat hebat yaitu mampu mengoptimalkan penyerapan gizi dan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. hal ini tentu saja akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat.

Meskipun mentega memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita, ada baiknya bagi kita untuk tetap waspada dan mengkonsumsinya secara bijaksana. Mentega kaya akan lemak yang mampu mendatangkan bahaya bagi orang-orang obesitas.

Mentenga tidak mengandung kolesterol yang tidak sehat. Namun bila dikonsumsi secara berlebihan tentu saja akan mendatangkan masalah bagi kesehatan, seperti penyakit jantung, obesitas, kanker dan berbagai masalah lainnya. Sebaiknya konsultasikan pada dokter ahli terlebih dahulu sebelum menggunakan mentega untuk menjaga kesehatan.