Berbagai Manfaat Pala Untuk Kesehatan

buah pala

buah pala

Pala memiliki nama ilmiah Myristica fragrans. Pala merupakan tumbuhan pohon yang berasal dari kepulauan Banda, Maluku. Pala memiliki nilai yang tinggi sebagai rempah-rempah sehingga biji dan buah pala merupakan salah satu komoditi perdagangan yang sangat penting sejak jaman Romawi. Istilah pala juga digunakan untuk menamai biji pala yang diperdagangkan.

Tumbuhan pala memiliki dua rumah atau dioecious, sehingga sering disebut sebagai pohon jantan dan pohon betina. Daunnya berbentuk elips langsing. Buahnya lonjong seperti lemon, memiliki warna kekuningan, berdaging serta memiliki aroma yang khas karena kandungan minyak atsiri pada daging buahnya.

Ketika buah pala sudah mulai masak, maka kulit dan dagingnya akan terbuka sehingga bijinya akan terlihat. Satu buah pala menghasilkan satu biji pala berwarna coklat.

Pala dipanen biji, arillus atau salut biji serta daging buahnya. Dalam perdagangan salut biji pala disebut fuli, yang dalam istilah obat-obatan disebut myristiceaarillus atau macis. Daging buah pala disebut myristicea fructus cortex.

Sebelum dipasarkan biji pala akan dijemur sampai kering setelah dipisahkan dari fulinya. Biji pala mengandung 7 sampai 14% minyak atsiri. Bubuk pala sering dipakai sebagai penyedap untuk makanan seperti roti maupun kue, pudding, sayuran, saus bahkan sampai minuman penyegar. Minyak pala juga digunakan sebagai bahan campuran pembuatan sabun maupun parfum.

Pala merupakan salah satu bumbu masakan yang memiliki rasa sedikit manis dan sudah banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia, termasuk masakan ala Barat maupun ala Asia.

Tanpa kita sadari, pala merupakan salah satu rempah-rempah yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Sebab, pala memiliki banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh kita. Pala, mengandung vitamin B6, serat, mangaan, thiamin, magnesium, asam folat serta tembaga.

Berbagai manfaat pala untuk kesehatan tubuh kita, meliputi:

  • Obat alami penghilang rasa sakit
biji pala

biji pala

Pala memiliki senyawa alami yang hampir mirip dengan mentol yang bersifat penghilang rasa sakit. Maka dari itu, dengan menambahkan pala kedalam suatu masakan, dapat mengurangi rasa sakit karena cedera, luka maupun peradangan kronis seperti arthritis.

  • Menjaga kesehatan organ pencernaan

Pala yang digiling menjadi bubuk dan masih memiliki serat, akan merangsang proses pencernaan menjadi lebih baik. Bubuk biji pala akan mempengaruhi cairan lambung serta usus untuk mempermudah proses pencernaan. Pala juga akan mengurangi rasa tidak nyaman karena sembelit maupun masalah lain pada organ pencernaan.

  • Menjaga kesehatan otak

Minyak atsiri dari pala, mengandung senyawa yang disebut miristisin serta macelignan. Senyawa tersebut terbukti mampu mengurangi gradasi jalur saraf serta fungsi kognitif yang sering dialami oleh orang-orang yang mengidap Alzheimer. Dalam sebuah penelitian, kedua senyawa tersebut mampu memperlambat efek serta menjaga fungsi organ otak.

  • Detoksifikasi alami

Dalam organ hati maupun ginjal, terdapat banyak racun yang merupakan sisa-sisa metabolism yang terkumpul. Pala bisa kita gunakan untuk detoksifikasi tubuh kita. Mengkonsumsi pala akan membantu organ hati maupun ginjal untuk membuang racun sisa-sisa metabolism tubuh, sehingga tubuh kita akan menjadi lebih sehat.

  • Menjaga kesehatan mulut

Pala dipercaya sebagai rempah-rempah yang baik untuk menjaga kesehatan mulut. Pala memiliki senyawa antibakteri yang mampu melawan bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, pala juga akan meningkatkan daya tahan gusi serta gigi. Maka dari itu, ekstrak pala sering juga dimasukkan ke dalam pasta gigi maupun obat kumur.

  • Mencegah insomnia

Mengkonsumsi susu hangat yang diberi sedikit bubuk pala dapat mencegah terjadinya insomnia. Kandungan magnesium pada pala mampu mengurangi ketegangan saraf serta melepaskan hormone serotonin yang membuat anda merasa lebih nyaman.

  • Menjaga kesehatan kulit
bubuk pala

bubuk pala

Pasta yang terbuat dari campuran pala dengan sedikit susu dan dibalurkan ke kulit akan sangat baik sekali untuk perawatan kulit. Cara seperti ini mampu mengurangi peradangan maupun iritasi pada kulit, menambah cairan serta mengaluskan kulit. Campuran serbuk pala dengan susu juga dapat mengurangi bekas luka, bisul maupun jerawat pada kulit.

  • Menjaga peredaran darah

Pala juga mengandung kalium yang akan merenggangkan pembuluh darah, sehingga mampu mengurangi tekanan darah serta menurunkan tekanan darah. Selain itu, kalium juga akan membantu proses penyerapan nutrisi dari makanan sehingga membuat proses pencernaan menjadi lebih baik.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari pala. Namun pala juga telah dicurigai sebagai penyebab dari kasus keracunan makanan. Mengkonsumsi pala secara berlebihan akan memberikan efek halusinasi serta mampu mempersulit proses metabolism tubuh.

Mengkonsumsi pala secara berlebihan juga dapat mengakibatkan kejang-kejang, muntah serta jantung berdebar-debar. Maka dari itu, sebaiknya konsumsilah pala dalam jumlah sedikit saja.