Berbagai Manfaat Rooibos Untuk Kesehatan

semak rooibos

semak rooibos

Rooibos merupakan tanaman yang berupa semak-semak dan berdaun lebat. Rooibos memiliki nama ilmiah Aspalathus linearis. Daun dari rooibos sering digunakan dalam pembuatan teh herbal.

Umumnya teh dari daun rooibos disebut sebagai teh merah Afrika Selatan, karena tanaman ini memang tumbuh di Afrika Selatan. Sekarang ini teh rooibos telah menyebar dimana-mana.

Di negara asalnya, teh rooibos diminum dengan gula dan susu. Teh rooibos juga bisa langsung diminum tanpa ditambah dengan gula maupun susu. Teh rooibos memiliki rasa yang manis dan cenderung seperti kacang.

Daun rooibos di ambil dan kemudian dikeringkan hingga daunnya berubah warna menjadi kecokelatan. Ketika daunnya diseduh dengan air panas, maka akan berubah menjadi berwarna merah. Teh daun rooibos memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Teh daun rooibos mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan. Rooibos kaya akan mineral penting, seperti kalsium, kalium, tembaga, zat besi, flouride, mangan, seng serta magnesium. Teh daun rooibos juga kaya akan antioksidan, seperti aspalathin, nothofagin serta sneyawa fenolik yang sangat kuat.

Ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengkonsumsi teh daun rooibos, seperti:

  • Mengandung polifenol

Teh daun rooibos mengandung polifenol yang bersifat anti-inflamasi, antivirus serta mampu mencegah mutasi sel. Polifenol merupakan bahan kimia organik yang juga memiliki kemampuan sebagai agen antioksidan. Dalam secangkir teh rooibos mengandung banyak senyawa fenolik serta polifenol alami. Polifenol akan membasmi radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kanker maupun penyakit jantung. Kandungan aspalathin serta nothofagin dalam teh rooibos juga akan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga anda lebih kebal terhadap berbagai macam penyakit.

  • Tidak mengandung cafein
manfaat rooibos untuk kesehatan

manfaat rooibos untuk kesehatan

Teh rooibos tidak mengandung cafein, sehingga baik sekali untuk orang-orang yang mengidap insomnia. Minum secangkir teh rooibos sebelum tidur mampu memperbaiki suasana hati serta membuat anda merasa jauh lebih tenang. Hal ini nantinya akan membuat tidur menjadi lebih berkualitas.

  • Mencegah hipertensi

Hipertensi terjadi karena tekanan darah terlalu tinggi. Minum teh rooibos akan membuat tubuh menjadi lebih tenang dan akan ikut mengurangi tekanan darah. berbagai senyawa dalam teh rooibos akan mengurangi ketegangan saraf serta melancarkan peredaran darah. Mengurangi tekanan darah dapat mencegah terjadinya hipertensi yang nantinya dapat menyebabkan atehrosclerosis maupun serangan jantung.

  • Menjaga kesehatan tulang

Teh rooibos kaya akan kalsium, mangan serta flouride yang nantinya akan ikut mempertahankan kepadatan tulang dan juga gigi anda. Hal ini nantinya juga akan mencegah terjadinya arthritis, osteoporosis serta nyeri sendi kronis. Mangan mampu merangsang berbagai anzim yang dibutuhkan untuk membangun tulang yang baru serta memperbaiki kerusakan pada tulang. Flouride berkaitan dengan kesehatan gigi.

  • Menjaga kesehatan kardiovaskular

Teh daun rooibos juga mengandung quercetin. Quercetin sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan jantung. Quercetin merupakan salah satu agen anti-inflamasi yang mampu mengurangi tekanan darah serta menghalau radikal bebas dalam tubuh. Quercetin juga ikut meningkatkan kadar HDL dan mengurangi kadar kolesterol LDL yang menumpuk dalam pembuluh darah.

  • Menyeimbangkan kadar gula darah

Kandungan senyawa aspalathin dalam teh rooibos memiliki kemampuan yang sangat unik. Aspalathin mampu menyeimbangkan gula darah, meningkatkan resistensi insulin, meningkatkan penyerapan glukosa serta meningkatkan sekresi insulin dari pancreas. Dengan kadar gula darah yang seimbang, maka kita akan terhindar dari penyakit diabetes tipe 2. Kadar gula darah yang seimbang juga akan mencegah terjadinya komplikasi pada pengidap diabetes.

  • Aman bagi siapa saja

Teh rooibos juga tidak mengandung asam oksalat, sehingga baik sekali untuk siapa saja. Teh rooibos juga baik untuk orang-orang yang mengidap batu ginjal. Asam oksalat adalah zat yang dapat membentuk batu ginjal. Asam oksalat akan mengikat kalsium yang nantinya menjadi batu ginjal.

  • Mampu menenangkan perut
teh rooibos

teh rooibos

Teh rooibos juga memiliki sifat antispasmodic alami. Minum teh rooibos akan membuat perut kita menjadi lebih tenang dan terhindar dari kram perut serta nyeri perut. Umumnya nyeri perut dan kram perut disebabkan karena aktivitas dari ion kalium yang mengganggu kegiatan kalsium. Hal ini nantinya juga akan mencegah diare serta berbagai masalah pada usus lainnya.

  • Mengurangi alergi

Di Afrika Selatan, teh rooibos seringkali digunakan untuk mengurangi gejala alergi, seperti demam, gatal-gatal serta eksim. Minum teh rooibos juga mampu mengurangi gejala alergi yang mempengaruhi pernapasan. Hal seperti ini disebabkan karena adanya kandungan fenolik yang mampu mencegah terjadinya inflamasi pada seluruh bagian tubuh.

  • Mencegah penuaan dini

Kandungan antioksidan dalam teh rooibos dapat meningkatkan system kekebalan tubuh dan juga mampu memperlambat proses penuaan pada manusia. Antioksidan akan mencari radikal bebas yang dapat merusak kulit, tulang, rmabut, serta berbagai system organ lainnya dalam tubuh. Selain dapat mencegah penuaan, teh rooibos juga mampu menjaga fungsi kognitif.

Meskipun teh rooibos sangat baik sekali untuk kesehatan, sebaiknya kita tetap bijaksana dalam menggunakannya. Teh rooibos bisa dikatakan sebagai teh herbal yang sangat kuat. sebaiknya orang-orang yang sedang menjalani kemoterapi tidak mengkonsumsi teh rooibos.

Teh rooibos merupakan minuman yang bersifat untuk mencegah, bukan untuk mengobati. Sebaiknya jangan mengkonsumsi teh rooibos secara berlebihan. Dan pastikan untuk berkonsultasi pada dokter ahli sebelum menggunakan teh rooibos.