Berbagai Nutrisi Dan Manfaat Dari Royal Jelly

bee pollen dan royal jelly

bee pollen dan royal jelly

Lebah tidak hanya menghasilkan madu, namun juga menghasilkan royal jelly. Royal jelly dikupulkan oleh lebah untuk dikonsumsi ratu lebah serta larva lebah yang baru menetas. Larva lebah yang baru menetas akan mengkonsumsi royal jelly selama 3 sampai 4 hari.

Royal jelly dibutuhkan oleh ratu lebah untuk mengembangkan ovarium sehingga ukuran tubuhnya jauh lebih besar daripada ukuran lebah biasa. Selain itu, royal jelly juga mampu memperpanjang umur ratu lebah sampai 20 kali lebih lama daripada lebah-lebah biasa.

Royal jelly umumnya dapat ditemukan di pasaran maupun toko makanan organic. Selain itu, royal jelly juga bisa dibeli di toko peternakan lebah. Royal jelly kebanyakan dijual dalam bentuk butiran maupun serbuk dan bisa langsung ditambahkan ke dalam salad, yoghurt maupun berbagai macam masakan dan minuman.

Royal jelly mengandung banyak nutrisi yang penting bagi kesehatan kita. Royal jelly kaya akan kandungan vitamin B, seperti biotin, inositol, folat, asam nukleat, serta gamma globulin. Mineral yang terkandung dalam royal jelly, meliputi kalsium, tembaga, fosfor, zat besi, silicon, sulfur, serta kalium.

Selain itu, royal jelly diperkaya dengan 17 asam amino yang sangat penting bagi kesehatan kita. Sebaiknya jangan pernah memanaskan royal jelly, karena dapat menghancurkan semua nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Dengan begitu banyaknya nutrisi penting yang terkandung dalam royal jelly, maka aka nada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, seperti:

  • Menjaga tekanan darah

Royal jelly memiliki beberapa protein yang mampu menjaga tekanan darah. protein hidrolisat memiliki efek yang sangat baik untuk tekanan darah. Ketika protein ini bekerjasama dengan kalium, maka akan bertindak sebagai vasodilator yang mampu mengurangi stress pada pembuluh darah maupun jantung. Selain itu royal jelly juga bagus untuk mencegah kerusakan pada jantung.

  • Menstabilkan kolesterol
manfaat royal jelly untuk kesehatan

manfaat royal jelly untuk kesehatan

Royal jelly memiliki rasa yang manis namun tidak mengandung kolesterol. Mengkonsumsi royal jelly mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL yang dampaknya sangat buruk sekali untuk kesehatan. Berkurangnya LDL akan mencegah terjadinya atherosclerosis serta masalah lainnya, seperti serangan jantung maupun stroke.

  • Menjaga kesuburan

Enzim royalactin yang terkandung dalam royal jelly merupakan protein yang mempengaruhi ratu lebah. Enzim royalactin juga mampu memperbaiki serta menjaga kesuburan manusia. Masih belum diketahui secara pasti bagaimana mekanismenya. Namun, royal jelly telah terbukti mampu meningkatkan kesuburan pada pria maupun wanita.

  • Mencegah kanker

Ada beberapa agen yang bersifat antioksidan yang dapat ditemukan dalam royal jelly. Secara khusus royal jelly mampu menghambat bisphenol A atau yang biasa disebut BPA. BPA mampu mempengaruhi hormone estrogen yang nantinya akan meningkatkan kecenderungan terjadinya kanker payudara pada wanita. Maka dari itu, mengkonsumsi royal jelly akan membantu anda mencegah kanker.

  • Anti inflamasi alami

Berbagai vitamin dan enzim aktif dalam royal jelly memiliki sifat anti inflamasi. Bila royal jelly dipanaskan, maka berbagai nutrisi penting tersebut akan rusak, sehingga manfaatnya akan hilang. Bila anda mengalami peradangan, anda bisa mengkonsumsi 1 sendok royal jelly secara langsung maupun mengoleskannya pada bagian yang mengalami peradangan.

  • Mencegah penuaan dini

Royal jelly mampu memperpanjang umur ratu lebah karena adanya senyawa yang bersifat antioksidan yang terkandung didalamnya. Mengkonsumsi royal jelly akan menghilangkan berbagai radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini dari sel-sel tubuh kita. Royal jelly akan menghilangkan keriput, menjaga kesehatan kulit, mencegah terjadinya rambut rontok serta mengcegah terjadinya degenerasi pada makuka. Selain itu juga mampu mencegah munculnya beberapa penyakit kronis tertentu.

  • Menjaga berat badan
suplemen royal jelly

suplemen royal jelly

Royal jelly mengandung komponen lecithin yang mampu menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan fungsi organ hati serta menjaga kesehatan system pencernaan. Sehingga, mengkonsumsi royal jelly mempu menjaga berat badan kita agar tetap ideal.

  • Mempercepat metabolism tubuh

Berbagai asam amino dalam royal jelly sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan serta mempercepat proses metabolism tubuh. Berbagai asam amino yang terkandung dalam royal jelly digunakan untuk berbagai macam proses metabolism dalam tubuh kita. Maka dari itu, mengkonsumsi royal jelly mampu meningkatkan regenerasi sel, meningkatkan kekuatan otot, meningkatkan kekuatan tulang serta menjaga keseimbangan hormonal dalam tubuh kita.

Meskipun royal jelly sangat baik untuk kesehatan, sebaiknya tetap dikonsumsi secara bijaksana. Ada beberapa orang yang kemungkinan mengidap alergi madu, bee pollen, serta royal jelly. Reaksi alergi yang terjadi bisa sangat parah dan dapat menyebabkan kematian.

Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter ahli, sebelum anda menggunakan royal jelly untuk menjaga kesehatan tubuh anda.