Berbagai Penyakit Yang Biaya Pengobatannya Mahal

Keluarga Sehat Bahagia

Keluarga Sehat Bahagia

Kesehatan itu mahal harganya. Seperti yang kita ketahui bersama, ada begitu banyak macam penyakit. Ada penyakit yang biaya pengobatannya murah, namun ada juga yang biaya pengobatannya mahal.

Kesehatan tidak bisa diukur dengan uang. Kondisi seperti ini berarti kita juga bisa membeli kesehatan saat kita sedang mengalami suatu penyakit. Namun, dalam usaha penyembuhan kita harus rela mengeluarkan biaya yang mahal agar bisa sembuh dari penyakit yang kita alami.

Nyatanya di negara kita, di Indonesia, masih banyak penyakit yang tidak bisa disembuhkan karena alasan seperti kekurangan biaya pengobatan.

Berbagai penyakit yang biaya pengobatannya mahal, meliputi:

  • Penyakit jantung
letak jantung

letak jantung

Biaya pengobatan penyakit jantung mengalami peningkatan sebesar 5% per tahun. Di Amerika, total biaya pengobatan penyakit jantung bisa mencapai US$ 123,1 miliar. Biaya pengobatan penyakit jantung memang sangat tinggi mengingat bahwa penyakit jantung adalah pembunuh nomor 1 di dunia.

Penyakit jantung semakin meningkat dan popular di kalangan masyarakat karena tingginya pola hidup yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi makanan kaya kolesterol, jarang berolahraga serta melakukan kebiasaan buruk seperti merokok.

  • Trauma

Biaya pengobatan untuk trauma meningkat sebesar 6% setiap tahun. Total biaya pengobatan trauma di Amerika sekarang ini telah mencapai nilai US$ 100,2 miliar. Biaya pengobatan orang yang mengalami trauma terus meningkat karena setiap kasus trauma memiliki cara pengobatan yang berbeda-beda.

Selain itu, setiap kasus trauma membutuhkan alat untuk mendiagnosa seperti Computes tomography scan yang harga perawatannya mahal, sehingga biaya pengobatan untuk trauma menjadi semakin meningkat.

  • Diabetes

Biaya pengobatan untuk penyakit diabetes meningkat sebanyak 8% per tahun. Saat ini di Amerika biaya pengobatan penyakit diabetes sudah mencapai US$ 35,8 triliun. Sekitar 24 juta penduduk di Amerika mengidap penyakit diabetes yang kebanyakan dipicu oleh obesitas.

Penyakit diabetes sangat berbahaya karena dapat memicu munculnya penyakit lain, seperti kanker maupun penyakit jantung. Umumnya, biaya pengobatan penyakit diabetes tidak terlalu mahal bila dibandingkan dengan penyakit kanker maupun penyakit jantung.

  • Penyakit mental

Biaya pengobatan penyakit mental meningkat sebesar 6 % per tahun. Total biaya pengobatan penyakit mental di Amerika saat ini sudah mencapai US$ 142,2 miliar. Berbagai penyakit mental yang bisa dikatakan mahal, meliputi Parkinson, Alzheimer, serta Schizoprenia.

Obat-obatan untuk penyakit mental bisa di bilang mahal selain itu, proses penyembuhan penyakit mental cenderung lama, sehingga menyakit ini membutuhkan biaya pengobatan yang sangat tinggi.

  • Hipertensi
komplikasi karena tekanan darah tinggi

komplikasi karena tekanan darah tinggi

Biaya pengobatan penyakit hipertensi mengalami peningkatan sebesar 9% per tahun. Total biaya pengobatan penyakit hipertensi di Amerika bisa mencapai US$ 50,2 miliar. Biaya pengobatan penyakit hipertensi sangat besar karena kebanyakan dokter akan memberikan berbagai macam obat-obatan hanya untuk menangani penyakit hipertensi, itupun masih belum ditambah obat lainnya bila ada penyakit lain dalam tubuh si pasien.

Harga dari obat yang diberikan oleh dokter untuk pasien hipertensi ditentukan oleh kualitas dari obat itu sendiri. Bila obat-obatan untuk hipertensi dibuat dalam bentuk atau versi generic, kemungkinan biaya pengobatan penyakit hipertensi bisa ditekan.

  • Penyakit paru-paru

Biaya pengobatan penyakit paru-paru meningkat sebesar 6% setiap tahunnya. Total biaya pengobatan penyakit paru-paru di Amerika telah mencapai nilai US$ 64,6 miliar. Beberapa penyakit paru-paru yang biaya pengobatannya paling mahal, meliputi asma, emphysema, serta COPD atau Chronic Obstructive Pulmonary Disease.

  • Kanker

Biaya pengobatan kanker meningkat sebanyak 7% per tahun. Di Amerika, total biaya pengobatan penyakit kanker sudah mencapai nilai US$ 99,4 miliar. Jenis kanker yang biaya pengobatannya paling mahal, meliputi kanker payudara, kanker kolon, kanker prostat serta kanker paru-paru.

Penyakit kanker sebenarnya dapat dihindari dengan cara menjaga asupan makanan yaitu mengkonsumsi makanan sehat serta menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok.

  • Osteoarthritis

Biaya pengobatan osteoarthritis atau dikenal dengan nama rematik meningkat sebesar 8% per tahun. Di Amerika sekarang ini, total biaya pengobatan osteoarthritis sudah mencapai nilai US$ 48 miliar. Obesitas serta peningkatan ukuran pinggang merupakan pemicu terbesar penyakit osteoarthritis.

Berbagai obat-obatan yang mahal seperti Celebrex serta Vioxx yang muncul diawal tahun 2000 meningkatkan biaya pengobatan penyakit osteoarthritis. Dan pada tahun 2004 Vioxx telah ditarik dari peredaran dan tidak diperbolahkan lagi untuk digunakan karena mampu memicu terjadinya serangan jantung secara mendadak.

  • Penyakit ginjal
gambaran organ ginjal

gambaran organ ginjal

Biaya pengobatan penyakit ginjal meningkat sebanyak 13% per tahun. Total biaya pengibatan penyakit ginjal di Amerika sudah mencapai nilai US$ 35,9 miliar. Adanya metode dialysis atau cuci darah untuk pengidap penyakit ginjal lah yang menyebabkan biaya penanganan penyakit ini menjadi begitu mahal.

Metode dialysis atau cuci darah merupakan teknologi yang harganya sangat mahal dalam metode pengobatan penyakit ginjal.

  • Sakit punggung

Biaya pengobatan sakit punggu meningkat sebesar 9% per tahun. Total biaya pengobatan sakit punggung di Amerika sekarang ini bisa mencapai US$ 40,1 miliar. Banyak uang yang diperlukan untuk biaya operasi sakit punggung.

Selain untuk biaya operasi, adanya obat-obatan yang bersifat membius juga diperlukan. Obat-obatan yang bersifat membius harganya tidaklah murah. Dan sayangnya, seperti yang pernah dimuat dalam Journal of the American Medical Association bahwa ternyata semua obat-obatan yang harganya mahal tersebut tidak menjamin seseorang yang mengalami sakit punggung menjadi lebih baik atau sembuh total.