Berbagai Penyebab Gusi Berdarah

gusi berdarah

gusi berdarah

Kesehatan gigi dan mulut juga erat kaitannya dengan gusi. Memang, kebanyakan orang kurang begitu memperhatikan kesehatan gusi, namun ketika gusi tersebut sudah sakit makan apa saja akan menjadi tidak enak.

Masalah gusi yang paling sering terjadi di masyarakat adalah masalah gusi berdarah. Masalah gusi berdarah sering diabaikan da dianggep sebagai masalah sepele. Padahal, gusi berdarah bisa saja menyebabkan munculnya berbagai penyakit yang lebih serius. Maka dari itu segera atasi serta obati bila anda mengalami masalah gusi berdarah.

Umumnya penyebab dari masalah gusi berdarah adalah karena penghapusan plak gigi yang tidak benar pada garis gusi. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan gusi atau gingivitis.

Bila plak gigi tidak dihilangkan dengan teratur atau dengan cara menyikat gigi, maka akan mengeras menjadi karang gigi, yang nantinya dapat menyebabkan pendarahan pada gusi atau bahkan bisa menyebabkan sakit lain yang lebih parah seperti penyakit rahang serta gusi yang lebih dikenal dengan sebutan periodontitis.

Adanya darah ketika kita menyikat gigi, merupakan pertanda awal dari adanya masalah pada gusi. Umumnya, darah akan sering terlihat seusai menyikat gigi atau setelah membersihkan sisa makanan yang tersangkut di gigi dengan menggunakan tusuk gigi maupun benang gigi.

Banyak yang mengira bahwa masalah gusi berdarah disebabkan karena menyikat gigi terlalu keras. Padahal, masalah seperti gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh penyebab yag lain, seperti:

  • Penumpukan plak gigi

Plak gigi terdiri dari berbagai macam mikroorganisme yang terbentuk dimana saja pada bagian lapisan gigi maupun gusi. Plak yang menumpuk di bagian bawah gusi dikenal dengan nama gingivitis. Inilah salah satu penyebab utama dari masalah gusi berdarah. Bayak pengidap gingivitis yang menyepelekan masalah pada gusinya karena memang pada umumnya tidak begitu terasa sakit.

  • Kebiasaan merokok

Gusi orang-orang perokok cenderung sangat rentan sekali terserang infeksi. Hal seperti ini disebabkan oleh tembakau yang menyebabkan berkurangnya oksigen pada aliran darah, sehingga justru menghambat aliran darah serta berbagai nutrisi ke jaringan gusi. Kodisi seperti ini justru akan semakin memperlemah mekanisme pertahana tubuh serta membuat gusi menjadi rentan terhadap serangan infeksi yang nantinya dapat menyebabkan masalah gusi berdarah.

  • Pola makan yang buruk

gingivitisPola makan yang buruk merupakan salah satu faktor pemicu buruknya kesehatan mulut. Dengan cara meperbaiki pola makan dan memperbanyak konsumsi sayur dan buah maka sistem kekebalan tubuh anda akan meningkat. Denga meningkatnya sistem kekebalan tubuh maka gusi tidak akan rentan terserang infeksi yang dapat menyebabkan gusi berdarah.

  • Masa kehamilan

Ketika seorang ibu hamil memasuki bulan kedua atau ketiga dari masa kehamilan, maka ibu hamil tersebut umumnya lebih rentan mengalami masalah gusi berdarah. Perubahan hormonal yang terjadi selama masa kehamilan dapat meningkatkan resiko mengalami masalah gusi berdarah. Umumnya, masalah seperti gusi berdarah ini akan meningkat selama bulan kedelapan.

  • Penyakit diabetes

Pengidap penyakit diabetes memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah dibandingan dengan orang-orang yang mengidap penyakit lain. Hal seperti ini lebih disebabkan karena adanya kelainan sistem metabolisme yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darahnya. Akibatnya, berbgai macam bakteri akan tumbuh lebih cepat dari biasanya sehingga menyebabkan lebih mudah terserang infeksi. Bila anda mengidap penyakit diabetes, sebaiknya lakukan perawatan mulut secara tepat serta menyeluruh pada dokter ahli.

gigi yang sehat

gigi yang sehat

Untuk mencegah maupun merawat masalah gusi berdarah, sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter gigi yang ahli terlebih dahulu. Jangan ragu untuk menceritakan semua pengalaman maupun keluhan yang anda rasakan, agar dokter anda dapat melakukan penanganan yang tepat serta dapat memberitahukan langkah-langkah apa saja untuk merawat gusi yang sesuai dengan kondisi kesehatan mulut anda.

Umumnya dokter gigi akan menyarankan anda untuk menggunakan pasta gigi yang khusus untuk merawat gusi anda sehingga anda dapat terhindar dari masalah gusi berdarah.

Beberapa cara yag bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah gusi berdarah, meliputi:

  • Hindari pemakaian tembakau serta jauhi kebiasaan merokok yang dapat memperburuk kondisi gusi berdarah
  • Bila anda mengalami gusi berdarah yang berlebihan sebaiknya lakukan penekanan secara langsung pada gusi yang berdarah dengan menggunakan kain kasa yang sebelumnya sudah direndam dalam air es

    pendarahan di gusi

    pendarahan di gusi

  • Bila menurut diagnosa dokter anda mengalami masalah gusi berdarah karena kurang vitamin, maka segera cukupi kebutuhan vitamin tersebut
  • Batasi konsumsi gula. Kandungan gula yang terdapat dalam minuman bersoda, makana ringan, makanan olahan, maupun permen akan menyebabkan kerusakan gigi serta dapat meperparah kondisi pendarahan pada gusi
  • Hindari pemakaian obat pengencer darah seperti aspirin, kecuali bila dokter anda memang merekomendasikan pemakaian obat tersebut.
  • Makanlah buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C serta berbagai makanan dan minuman yang mengandung kalsium. Kalsium sangat berguna untuk memperbaiki kerusakan gigi yang disebabkan oleh cedera gusi.

Untuk menghidari terjadinya masalah gusi berdarah, sebaiknya biasakan diri untuk berkunjung ke dokter gigi sedikitnya 6 bulan sekali untuk menghilangkan plak gigi, menyikat gigi dengan lembut dan dengan bulu sikat yang halus setelah selesai makan serta hindari pemakian obat pencuci mulut yang mengandung alkohol karena dapat memperburuk masalah gusi berdarah.