Berbagai Penyebab Munculnya Bau Mulut

bau mulut

bau mulut

Kanker lambung merupakan salah satu jenis penyakit yang sulit sekali untuk didiagnosis. Namun ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa bau mulut bisa jadi merupakan salah satu pertanda dari penyakit kanker lambung.

Penelitian yang hasilnya telah dimuat dalam British Journal of Cancer telah mengungkapkan bahwa bau mulut menunjukkan tingkat akurasi sampai 90% dalam hal mengindikasikan adanya penyakit kanker lambung pada 130 pasien serta dapat menentukan seberapa jauh tingkat perkembangan kanker itu sendiri.

Tes napas dapat dilakukan dengan sebuah sensor nanmaterial untuk menganalisa zat kimia yang yang keluar dari napas. Zat kimia unik yang menyebabkan munculnya bau mulut dapat mengindikasikan ada tidaknya kanker lambung.

Sejauh ini, cara seperti ini merupakan metode yang paling akurat dan sederhana. Bila metode seperti ini disetujui untuk dipergunakan secara meluas, maka metode ini akan menjadi sebuah langkah yang besar bagi dunia kedokteran karena mampu mendeteksi ada tidaknya kanker lambung dengan lebih akurat sejak dini.

halitosisMetode tes napas yang disebut DFA kepanjangan dari discriminant factor analysis atau pengenalan pola analisis faktor diskriminan. Deteksi pola zat kimia yang keluar dari napas dapat memebdakan bau mulut yang disebabkan oleh makanan maupun konsumsi tembakau bahkan penyakit tertentu.

Bau mulut seringkali membuat seseorang menjadi merasa minder untuk bersosialisasi. Karena, orang yang bau mulutnya tidak sedap cenderung dijauhi oleh orang yang ada disekitarnya. Mayoritas orang menganggap bahwa bau mulut disebabkan karena adanya gigi berlubang, palk gigi maupun infeksi pada bagian mulut.

Ternyata, bau mulut bisa saja disebabkan oleh faktor-faktor yang lain yang tidak kita ketahui sebelumnya, seperti :

  • Belum sarapan

Sarapan baik sekali untuk kesehatan tubuh serta kesehatan mulut. Sarapan pagi akan membantu peningkatan produksi air liur dalam mulut serta akan membersihkan lidah dari bakteri yang menyebabkan bau mulut.

  • Gangguan organ hati

Gangguan pada organ hati seperti sindrom lemak hati maupun penyakit kunging, ternyata juga bisa menyebabkan bau mulut menjadi tidak sedap. Hati berperan dalam proses metabolisme lemak. Saat hati tidak dapat melakukan tugasnya dengan baik, maka jumlah bakteri dalam mulut juga akan meningkat sehingga muncul yang disebut bau mulut.

  • Sariawan

sariawan baik di gusi maupun di bagian bibir sering menyebabkan munculnya bau mulut yang tidak sedap karena adanya pembentukan nanah serta infeksi.

  • Gusi berdarah

Gusi berdarah merupakan penyakit yang disebabkan karena infeksi. Hal seperti ini menyebabkan darah yang menumpuk dalam mulut sehingga mengeluarkan bau yang tidak sedap.

  • Infeksi tenggorokan

Ketika seseorang mengalami infeksi tenggorokan, maka bakteri-bakteri yang ada di dalam mulut terkadang dapat memecahkan sel-sel dari saluran bronkial yang nantinya menghasilkan lendir yang mengeluarkan bau yang tidak sedap sehingga muncullah bau mulut.

  • Gagal ginjal

Gagal ginjal juga bisa menyebabkan munculnya bau mulut yang tidak sedap. Penyakit gagal ginjal membuat ginjal seseorang tidak mampu menyaring makanan dan minuman dengan optimal. Hal seperti membuat sisa-sisa makanan dan minuman jadi terkumpul dan keluar lagi melalui pernapasan sehingga menyebabkan bau mulut.

  • Pola makan

Makanan yang kaya akan protein seperti daging merah merupakan jenis makanan yang dapat memicu munculnya bau mulut. Hal seperti ini disebabkan oleh asam amino yang berlebihan sehingga memicu perkembangan bakteri dalam mulut.

  • Minuman beralkohol

Terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat membuat kelenjar ludah dalam mulut menjadi kering. Air liur berfungsi sebagai media untuk menghilangkan bau yang disebabkan oleh adanya bakteri dalam mulut.

  • Pengidap sleep apnea
mendengkur

mendengkur

Pengidap sleep apnea maupun mendengkur tidak dapat bernapas dengan baik melalui hidung saat tidur, sehingga kebanyakan mereka akan bernapas melalui mulut. Hal seperti ini menyebabkan air liur dalam mulut menjadi kering karena udra yang masuk melalui mulut. Inilah alasannya mengapa sering tercium bau mulut yang tidak sedap.

  • Obat-obatan

Beberapa jenis obat-obatan memiliki efek samping seperti dapat membuat mulut menjadi kering. Contoh obat yang dapat membuat mulut menjadi kering, adalah obat penghilang rasa sakit serta obat anti depresan. Mulut akan menjadi kering karena produksi air liur berkurang sehingga muncullah bau mulut.

  • Obesitas

Penelitian pada tahun 2007 telah mengungkapkan bahwa orang-orang yang mengalami obesitas cenderung memiliki bau mulut. Dan pada tahun 2013 ada sebuh penelitian yang menemukan penyebabnya. Hal seperti ini sebabkan oleh mikroorganisme yang hidup dalam usus pengidap obesitas mampu menciptakan gas tertentu yang nantinya akan menyebabkan bau mulut.

  • Penyakit tertentu

Penyakit tertentu biasa mengeluarkan aroma yang tidak sedap seperti bau amis yang sangat kuat sehingga memicu munculnya bau mulut. Penyakit tertentu seperti diabetes serta kanker bisa menghasilkan zat kimia dalam tubuh sehingga memicu bau mulut yang khas. Rasa mulas kronis juga dapat memicu munculnya bau mulut karena peningkatan produksi asam lambung.