Berbagai Penyebab Tubuh Terasa Cepat Lelah

kelelahan saat bekerja

kelelahan saat bekerja

Anda pasti pernah merasa tubuh anda lebih cepat lelah serta tidak bisa berkonsentrasi sehingga mengganggu pekerjaan anda. Padahal, semalam anda sudah makan dan tidur cukup.

Terkadang kita tidak sadar sehingga sering mengabaikan rasa lelah demi menyelesaikan semua pekerjaan. Ketika anda merasa lelah anda akan berpikir bahwa dengan mengkonsumsi minuman berenergi akan membuat stamina anda meningkat.

Mengkonsumsi minuman berenergi untuk meningkatkan stamina bukanlah solusi yang baik. Tubuh cepat lelah bukan saja disebabkan oleh menurunnya stamina, karena bisa saja disebabkan oleh penyakit tertentu.

Ada begitu banyak factor yang menyebabkan tubuh kita cepat lelah, meliputi:

  • Kekurangan cairan

Tubuh kita terdiri dari 60% cairan. Sebanyak 2/3 dari cairan dalam tubuh kita terdapat di dalam sel yang sering disebut cairan intraseluler, sedangkan 1/3 dari cairan dalam tubuh kita terletak di luar sel atau disebut dengan cairan ekstraseluler. Dalam cairan ekstraseluler terdapat ion serta bahan makanan yang sangat diperlukan oleh sel tubuh untuk tetap hidup.

Bila tubuh kita kekurangan cairan atau dehidrasi, maka akan menyebabkan terjadinya gangguan fungsi sel dan jaringan tubuh. Sehingga, cadangan tenanga dalam tubuh akan berkurang sehingga menyebabkan proses kerja organ ikut mengalami gangguan. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh kita cepat lelah.

  • Makanan yang dikonsumsi
tubuh cepat lelah

tubuh cepat lelah

Mengkonsumsi gula serta kafein secara berlebihan justru akan membuat tubuh kita menjadi lebih cepat lelah karena adanya peningkatan gula darah yang tidak stabil.

Maka dari, sebaiknya kurangi konsumsi gula serta kafein agar tubuh kita tidak cepat lelah. Berbagai makanan segar seperti buah dan sayuran akan memperbaiki kondisi tubuh anda, selain itu mengkonsumsi makanan kaya protein juga dapat mencegah tubuh kita cepat lelah.

Mengkonsumsi makanan sehat akan sangat baik untuk memperbaiki kondisi tubuh yang cepat lelah serta dapat mengurangi berat badan. Berat badan berlebihan juga ikut berperan menyebabkan tubuh kita jadi cepat lelah.

  • Kurangnya waktu tidur

Kurangnya waktu tidur juga bisa menyebabkan tubuh cepat lelah. Kurangnya waktu tidur bisa disebabkan oleh berbagai factor, seperti insomnia, kelebihan kafein dan lain sebagainya.

Jika tubuh anda terasa cepat lelah, sebaiknya kurangi konsumsi kafein maupun alcohol sebelum tidur. Ciptakan suasana tenang agar anda bisa mendapatkan waktu yang cukup untuk tidur.

  • Olahraga

Olahraga merupakan hal yang penting bagi kesehatan. Bila anda merasa cepat lelah, anda bisa berolahraga ringan paling tidak tiga jam sebelum tidur. Cara seperti ini bertujuan agar anda bisa mendapatkan waktu tidur yang lebih baik.

Kebanyakan orang mengira olahraga akan menyebabkan tubuh menjadi cepat lelah. Padahal pada kenyataannya, ketika tubuh kita bergerak maka semakin banyak energy yang kita dapatkan.

  • Anemia
makanan yang mengandung zat besi

makanan yang mengandung zat besi

Anemia merupakan penyebab tubuh terasa cepat lelah yang paling umum. Dengan melakukan tes darah sederhana anda bisa mengetahui apakah anda mengalami anemia atau tidak. Anemia juga menjadi masalah yang paling umum terjadi pada wanita, khususnya wanita yang memiliki periode menstruasi yang berat.

Untuk mengatasi anemiaanda bisa mengkonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, seperti memperbanyak konsumsi daging, sayuran yang berwarna hijau gelap atau suplemen penambah zat besi bagi anda yang mengidap anemia kronis.

  • Tubuh kurang nutrisi

Kurangnya nutrisi penting seperti magnesium serta kalium juga dapat menyebabkan tubuh terasa cepat lelah. Kurangnya nutrisi penting dalam tubuh dapat diperiksa melalui tes darah.

  • Gangguan tiroid

Kelebihan tiroid maupun kekurangan tiroid juga bisa menyebabkan tubuh terasa cepat lelah. Anda bisa mengetahui kelebihan maupun kekurangan tiroid dengan cara melakukan tes darah.

  • Penyakit diabetes

gejala diabetesOrang yang mengidap diabetes, pasti akan merasa tubuhnya cepat lelah. Tubuh cepat lelah karena kadar gula darah yang tinggi.

Bila anda merasa tubuh anda cepat lelah, sering buang air kecil serta penglihatan anda mulai kabur, sebaiknya segera periksakan kesehatan tubuh anda ke dokter ahli. Sebab, kondisi seperti itu merupakan sebagian dari gejala dari penyakit diabetes.

  • Depresi

Bila anda merasakan tubuh anda cepat lelah yang disertai dengan hilangnya nafsu makan serta rasa sedih berlebihan, bisa jadi anda sedang dalam keadaan tertekan atau depresi.

Sebaiknya konsultasikan pada dokter atau psikiater yang dapat membantu anda merasa jadi lebih baik.

  • Gangguan tidur

Gangguan tidur bisa menyebabkan tidur anda menjadi tidak nyenyak sehingga anda tidak punya cukup waktu untuk tidur. Masalah gangguan tidur, meliputi insomnia maupun kebiasaan mendengkur.

Mendengkur merupakan bagian dari gangguan tidur obstruktif, sehingga seseorang akan berhenti untuk bernapas selama beberapa kali ketika sedang tidur. Dan hal seperti ini bisa sangat fatal akibatnya.

  • Penyakit jantung yang tidak terdiagnosis

Menurut beberapa ahli kesehatan, tubuh yang terasa cepat lelah bisa jadi merupakan gejala dari penyakit jantung. Kondisi seperti ini sering dialami oleh wanita.

Bila anda mulai mengalami masalah ketika melakukan latihan atau merasa tidak enak ketika berolahraga, bisa jadi itu disebabkan karena adanya gangguan pada jantung anda. Sebaiknya segera periksakan diri anda ke dokter ahli.