Cara Agar Tetap Sehat Di Musim Hujan

hujan

hujan

Perubahan musim dari musim kemarau ke musim hujan tentunya memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan. Apalagi pada saat musim hujan seperti sekarang ini.

Ada begitu banyak penyakit yang berbahaya yang biasanya sering terjadi di musim penghujan seperti sekarang ini. Berbagai penyakit yang sering terjadi di musim hujan, meliputi flu, diare, bahkan infeksi saluran pernapasan akut atau ISPA.

Mengapa bisa ada begitu banyak penyakit? Karena perubahan cuaca juga ikut meningkatkan kelembaban udara di lingkungan sekitar kita, sehingga berbagai virus, kuman maupun bakteri lebih mudah terbawa oleh angin dan memasuki tubuh kita melalui udara yang kita hirup maupun melalui makanan serta minuman yang telah terkontaminasi.

Penyakit lain seperti demam berdarah juga akan semakin meningkat di musim hujan seperti sekarang ini. Karena dengan adanya hujan, maka banyak tempat yang tergenang air. Genangan air merupakan tempat yang paling disukai oleh nyamuk aedes aegypti.

Belum lagi keluhan banjir di musim hujan. Banjir juga dapat menyebabkan masalah atau gangguan pada kesehatan, seperti penyakit kulit bahkan penyakit leptospirosis.

Ada beberapa cara agar kita tetap sehat di musim hujan seperti sekarang ini, yaitu:

  • Perbanyak konsumsi buah

Agar kita tetap sehat di musim hujan, kita perlu memperbanyak konsumsi buah. Sebaiknya pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, seperti jambu biji, kiwi, jeruk dan lain sebagainya. Vitamin C dibutuhkan oleh tubuh kita untuk memperkuat daya tahan tubuh.

  • Tetap berolahraga

lari3Melakukan olahraga ringan di pagi hari. Olahraga penting sekali artinya, karena mampu memperlancar peredaran darah anda. Dengan berolahraga secara rutin maka tubuh anda akan menjadi lebih sehat dan bugar ketika menjalankan semua aktivitas maupun pekerjaan anda, meskipun di musim hujan.

  • Selalu membawa jas hujan

Jika tempat kerja anda jaraknya cukup jauh dari rumah, pastinya anda akan beresiko kehujanan saat anda melakukan perjalanan, baik perjalanan ke tempat kerja maupun perjalanan pulang dari tempat kerja. Sebaiknya anda selalu membawa jas hujan untuk berjaga-jaga agar tidak kehujanan. Suhu udara yang dingin serta air hujan mampu membuat seseorang menjadi sakit.

  • Kurangi jajan di luar

Suhu udara yang lebih lembab membuat virus, kuman dan bakteri berkembang lebih cepat. Berbagai virus, kuman dan bakteri akan terbang ke udara dan menempel dimana-mana, termasuk di makanan yang dijual di jalanan. Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya jangan lupa untuk membawa bekal dari rumah karena lebih aman untuk dikonsumsi.

  • Waspadai nyamuk yang berbahaya
nyamuk penyebab malaria

nyamuk penyebab malaria

Di musim hujan biasanya akan ada banyak genangan air dimana-mana. Genangan air merupakan tempat yang paling disukai oleh nyamuk untuk bertelur. Nyamuk bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti malaria, demam berdarah bahkan penyakit kaki gajah. Maka dari itu bersihkanlah lingkungan disekitar anda untuk mencegah perkembangan nyamuk.

  • Konsumsi minuman sehat dan hangat

Minuman yang sehat dan dalam keadaan hangat merupakan minuman yang cocok di musim hujan seperti sekarang ini. Berbagai minuman yang baik, seperti teh hangat, jahe hangat mampu menghangatkan tubuh anda serta mencegah anda terserang penyakit.

  • Selalu mencuci tangan

Di musim hujan, banyak sekali virus, kuman serta bakteri yang beterbangan. Berbagai virus, kuman serta bakteri yang berterbangan nantinya akan menempel dimana-mana, termasuk di jari dan tangan anda. Maka dari itu, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum makan maupun setelah melakukan aktivitas apapun di musim hujan seperti sekarang ini.