Cara Alami Untuk Mendinginkan Suhu Tubuh

penyebab hiperthermia

penyebab hiperthermia

Suhu tubuh yang normal pada orang dewasa maupun anak-anak adalah 37° Celcius. Namun terkadang suhu normal tersebut bisa naik maupun turun, tergantung dari keadaan di luar maupun di dalam tubuh manusia.

Bila suhu tubuh anda terlalu tinggi, maka anda akan merasa kepanasan. Suhu tubuh yang terlalu tinggi dapat menyebabkan anda mengalami berbagai gangguan, seperti insomnia, iritasi pada bagian mata maupun perut, dan berbagai gejala lain yang tidak menyenangkan.

Suhu tubuh normal dapat berubah sepanjang hari. Umumnya, suhu tubuh terendah terjadi pada pagi hari serta akan meningkat 0,6° Celcius pada sore hari. Berbagai aktivitas yang anda lakukan sehari-hari juga dapat mempengaruhi suhu tubuh anda. Misalnya, bila anda berolahraga di siang hari yang panas, maka suhu tubuh anda akan meningkat 0,6° Celcius. Namun, hal seperti masih bisa dikatakan normal.

Suhu tubuh yang selalu naik turun akibat cuaca maupun aktivitas yang terlalu berat akan mendatangkan berbagai macam gangguan pada kesehatan. Maka dari itu, kita harus menjaga agar suhu tubuh kita selalu dalam kisaran normal. Bila anda kurang minum saat cuaca panas, maka akan ikut memperburuk suhu tubuh. Kebutuhan cairan dalam tubuh kita harus tetap terpenuhi dengan cara memperbanyak minum air.

Hyperthermia merupakan suatu kondisi dimana suhu tubuh meningkat melebihi titik 38,3°Celcius. Hyperthermia terjadi karena tubuh kita gagal mengatuh suhu tubuh sehingga suhu tubuh terus meningkat. Orang yang mengalami hyperthermia akan merasakan tubuhnya panas sekali.

Hyperthermia tidak sama dengan demam. Seseorang akan dikatakan demam bila suhu tubuhnya diatas 37,5° Celcius. Demam merupakan tingginya suhu tubuh yang sepenuhnya dikendalikan oleh sustem pengaturan suhu tubuh, sedangkan hyperthermia adalah peningkatan suhu tubuh diluar kendali system pengaturan suhu tubuh.

Sengatan panas umumnya terjadi ketika seseorang berada di dalam lingkungan yang panas sedangkan tubuhnya tidak mampu mendinginkan suhu tubuhnya sendiri secara efektif. Suhu tubuh yang tinggi dan terjadi dalam waktu yang lama akan menyebabkan dehidrasi parah serta kerusakan pada organ tubuh secara permanen, terutama organ otak. Maka dari itu, kondisi seperti ini perlu ditangani oleh dokter sesegera mungkin.

Sebenarnya ada cara alami untuk mendinginkan suhu tubuh. Beberapa cara alami untuk mendinginkan suhu tubuh, meliputi:

  • Air kelapa

Minum air kelapa ketika anda merasakan suhu tubuh anda meningkat akan sangat baik sekali. Air kelapa akan mengembalikan cairan tubuh anda serta menyeimbangkan elektrolit dalam tuibuh anda secara alami. Mengkonsumsi air kelapa juga cara yang baik untuk mengatur suhu tubuh anda secara cepat.

  • Semangka
jus semangka

jus semangka

Buah semangka mengandung banyak sekali air. mengkonsumsi semangka dalam bentuk segar maupun mengkonsumsi jus semangka mampu menurunkan suhu tubuh anda, sehingga suhu tubuh anda akan kembali ke kisaran normal.

  • Apricot

Bauh apricot juga mengandung air serta memiliki sifat mendinginkan. Semakin manis buah apricot maka sifat mendinginkannya akan semakin berkurang. Apricot bisa dikonsumsi secara langsung atau dibuat jus untuk mendinginkan suhu tubuh anda.

  • Buah persik

Buah persik kaya akan vitamin A serta vitamin B2. Mengkonsumsi buah persik secara langsung maupun mengkonsumsi jus buah persik mampu mendinginkan suhu tubuh serta menghidrasi tubuh anda khususnya kulit anda, sehingga kulit anda juga akan semakin sehat.

  • Melon

Buah melon juga mengandung banyak air. Melon memiliki kemampuan alami untuk mengurangi suhu tubuh. Mengkonsumsi buah melon maupun jus melon saat cuaca panas akan mendinginkan suhu tubuh anda, sehingga suhu tubuh anda kembali dalam kisaran normal.

  • Kapulaga

Kapulaga juga dipercaya memiliki sifat mendinginkan serta baik untuk pencernaan. Dengan mengkonsumsi air rebusan kapulaga, maka baik sekali untuk mendinginkan suhu tubuh anda. Selain itu pencernaan anda juga akan semakin baik.

  • Daun mint

Daun mint sudah sejak lama dipercaya memiliki sifat mendinginkan tubuh. Selain itu air daun mint juga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah mual. Minum air daun mint akan mendinginkan suhu tubuh anda secara alami.

  • Cabai

Cabai dipercaya memiliki sifat menghangatkan namun juga memiliki sifat mendinginkan. Mengkonsumsi cabai akan membuat tubuh anda menjadi berkeringat dan pori-pori kulit akan terbuka, sehingga suhu tubuh menjadi turun.

  • Selada

Selada juga dipercaya memiliki sifat menyejukkan. mengunyah selada maupun mengkonsumsi jus selada akan mengurangi bau mulut serta mendinginkan suhu tubuh yang terlalu tinggi. selain itu jus selada juga dapat mencegah susah buang air kecil.

  • Pegagan
minuman dari pegagan

minuman dari pegagan

Pegagan juga memiliki sifat menyejukkan. Mengkonsumsi jus pegagan akan mendinginkan suhu tubuh serta menetralkan racun yang berada dalam tubuh.

  • Mentimun

Mentimun juga kaya akan air. mengkonsumsi mentimun segar maupun jus mentimun sangat baik untuk mendinginkan suhu tubuh. Selain itu, jus mentimun juga bisa menetralkan segala racun yang menumpuk dalam tubuh.

  • Lobak

Lobak juga kaya akan air serta vitamin C. Mengkonsumsi lobak secara langsung atau mengkonsumsi jus lobak dapat mendinginkan suhu tubuh. Selain itu tubuh anda juga akan semakin sehat dan tidak mudah terserang penyakit, karena lobak memiliki antioksidan alami yang baik untuk kesehatan.

  • Biji adas

Biji adas juga bisa digunakan untuk mendinginkan suhu tubuh. Rendam beberapa biji adas dalam air selama 1 malam. Saring dan minumlah air rendaman adas tadi pada pagi hari untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

  • Biji fenugreek

Biji fenugreek mampu mendinginkan suhu tubuh. Biji fenugreek merupakan salah satu bahan dalam ilmu pengobatan kuno dan sering digunakan untuk mengurangi panas tubuh. Mengkonsumsi biji fenugreek mampu mendinginkan suhu tubuh yang terlalu panas.