Cara Alami Untuk Mengobati Gastroenteritis

gejala gastroenteritis

gejala gastroenteritis

Gastroenteritis sebenarnya adalah istilah medis yang umum untuk flu perut atau flu lambung. Gastroenteritis kebanyakan disebabkan oleh virus yang menyerang lambung. Gastroenteritis umumnya disebabkan oleh rotavirus pada anak-anak serta novovirus pada orang dewasa.

Umumnya, gastroenteritis ditandai dengan adanya rasa mual yang ekstrem, sakit perut dan kram perut, yang akhirnya akan menyebabkan muntah, diare atau bahkan keduanya. Gastroenteritis menyebabkan munculnya rasa yang tidak enak selama 3 sampai 4 hari, namun ada juga yang sampai lebih dari 4 hari.

Kebanyakan orang akan menggunakan obat antiemetic untuk menghentikan muntah maupun antibiotic untuk pencegahan terhadap infeksi. Namun hal seperti ini justru membuat kekebalan tubuh menjadi semakin lemah, sehingga tubuh kita mudah terserang penyakit yang lain.

Berbagai gajala dari gastroenteritis, menyebabkan kita seperti sangat membutuhkan obat-obatan. Padahal masih ada beberapa solusi alami yang bisa kita lakukan untuk mengobati gastroenteritis. Obat alami untuk pengobatan gastroenteritis, meliputi:

  • Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi terkadang berbahaya bagi kesehatan. Namun minuman berkarbonasi juga dapat digunakan untuk mengobati gejala gastroenteritis. Minuman berkarbonasi, seperti air mineral, minuman bersoda maupun ginger ale mampu mengurangi gejala bahkan mengobati gastroenteritis. Mekanisme dari minuman berkarbonasi dalam mengurangi gejala gastroenteritis masih belum bisa dipahami, meskipun air dan jahe merupakan obat yang baik untuk flu perut. Sebaiknya minuman berkarbonasi tidak dikonsumsi secara berlebihan.

  • Yoghurt
yoghurt buah

yoghurt buah

Untuk memerangi gastroenteritis, senjata yang paling tepat sebenarnya adalah yoghurt. Berbagai bakteri yang menguntungkan dalam usus ikut mencerna makanan serta melindungi system pencernaan dari infeksi. Namun karena seseorang yang mengalami gastroenteritis mengalami muntah dan diare, maka bakteri menguntungkan dalam usus menjadi berkurang. Probiotik yang terkandung dalam yoghurt mampu menggantikan fungsi dari bakteri menguntungkan dalam usus serta ikut memeprcepat proses penyembuhan.

  • Konsumsi karbohidrat sederhana

Ketika perut anda terserang virus penyebab gastroenteritis, perut anda pasti terasa tidak nyaman. Anda tetap perlu mengkonsumsi makanan untuk mendapatkan nutrisi yang anda butuhkan. Untuk itu, sebaiknya konsumsi makanan khususnya karbohidrat sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh anda. Karbohidrat sederhana, seperti bubur, kentang, sereal maupun roti bisa anda konsumsi agar kebutuhan nutrisi tetap tercukupi serta memeprcepat proses pemulihan.

  • Batasi asupan makanan

Sebaiknya batasi asupan makanan anda saat mengalami gastroenteritis. Kurangi konsumsi susu, produk susu, makanan olahan, kafein, makanan pedas serta makanan yang kaya akan lemak. Konsumsilah makanan sederhana yang mudah untuk dicerna saat and amengalami gastroenteritis.

  • Teh chamomile

Teh chamomile juga baik sekali untuk mengobati gastroenteritis. Teh chamomile mengandung antioksidan serta memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga akan mengurangi rasa sakit pada bagian perut dan akan meningkatkan daya tahahn tubuh anda untuk memerangi penyebab terjadinya gastroenteritis.

  • Jahe

Jahe dikenal sebagai obat dari berbagai macam penyakit sejak jaman dulu. Jahe memiliki berbagai komponen alami yang dapat menenangkan kondisi perut, melindungi lapisan dalam perut, mencegah berbagai bakteri berbahaya, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Mengunyah jahe juga mampu mengurangi rasa mual. Selain itu mengkonsumsi teh yang dicampur dengan juga dapat memberikan efek yang sama.

  • Perbanyak minum air

Gastroenteritis menyebabkan muntah dan diare, bahkan kedua-duanya. Kondisi seperti ini akan menyebabkan seseorang yang mengidap gastroenteritis mengalami dehidrasi parah. Ketika seseorang mengalami dehidrasi, maka akan ikut memeprlambat proses kesembuhan dari penyakit gastroenteritis yang dialaminya. Sebaiknya perbanyak konsumsi air bila anda mengalami gastroenteritis. Dengan cara seperti ini, anda tidak akan mengalami dehidrasi.

  • Mint
teh daun mint

teh daun mint

Mint mampu mendinginkan, menenangkan serta memiliki sifat anti-inflamasi. Mengunyah daun mint mampu mengatasi gejala gastroenteritis serta menenangkan kondisi perut anda. Minum air yang dicmapur dengan daun mint atau teh yang beri sedikit daun mint cukup untuk mengobati gastroenteritis.

  • Kayu manis

Mengkonsumsi teh yang diberi madu dan kayu manis juga bisa dilakukan untuk mengobati gastroenteritis. Obat ini sudah digunakan sejak jaman dahulu di Eropa. Mekanismenya masih belum diketahui, namun madu dna kayu manis memiliki senyawa alami yang mempu meningkatkan daya tahan tubuh serta mengurangi inflamasi.

  • Kunyit

Kunyit juga telah digunakan sebagai obat alami untuk berbagai macam masalah kesehatan. Kunyit mengandung antioksidan, bioflavonoid, vitamin serta mineral yang baik untuk mengurangi gejala serta mengobati penyakit gastroenteritis. Perut anda akan menjadi lebih tenang dan proses penyembuhannya juga akan lebih cepat.