Cara Mencegah Sinusitis Secara Alami

gambaran sinusitis

gambaran sinusitis

Sinusitis, merupakan peradangan pada jaringan yang melapisi sinus. Sinus yang mengalami peradangan akan berisi dengan cairan yang bercampur dengan virus, bakteri, jamur, debu dan lain sebagainya dan dapat menyebabkan infeksi yang snagat berbahaya.

Sinusitis merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa kita cegah. Mencegah memang lebih baik dairpada mengobati, karena bagaimanapun juga proses pencegahan lebih mudah dan lebih murah dibandingkan dengan proses pengobatan.

Cara mencegah terjadinya penyakit sinusitis secara alami, meliputi:

  • Menjaga pola makan

Dengan cara menjaga pola makan dan mengkonsumsi makanan sehat setiap hari, maka tubuh kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit.

  • Rajin berolahraga

Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh kita dan membuat tubuh kita tetap bugar. Rajin berolahraga juga dapat membuat peredaran darah kita menjadi semakin lancar.

  • Mandi air hangat

Mandi air hangat juga baik untuk mencegah sinusitis. Uap dari air hangat dapat mencairkan dahak yang terlalu kental dan sulit untuk keluar. Mandi sauna juga baik untuk pengidap sinusitis.

  • Perbanyak minum air putih
minum air putih

minum air putih

Memperbanyak minum air putih dapat mengencerkan dahak dan sangat baik untuk mencegah terjadinya sinusitis. Dahak yang lebih encer akan memperkecil kemungkinan terjadinya penyumbatan pada saluran pernapasan.

  • Berhenti merokok

Menghentikan kebiasaan merokok bagi para perokok aktif akan sangat baik sekali untuk kesehatan serta dapat mencegah terjadinya sinusitis. Rokok mampu menyebabkan terjadinya sinusitis karena mampu mengeringkan selaput lendir lunak dalam saluran lendir.

  • Menjaga kesehatan mulut

Kebersihan dan kesehatan rongga mulut juga ikut mempengaruhi terjadinya sinusitis. Di dalam rongga mulut yang tidak sehat cenderung banyak kuman. Kuman yang ada pada gigi dan gusi bisa saja memasuki area sinus dan menyebabkan sinusitis.

  • Selalu mencuci tangan

Kuman yang terdapat pada tangan dan jari bisa saja masuk ke dalam ke dalam saluran pernapasan dan memasuki area sinua. Ada banyak kasus sinusitis yang terjadi setelah seseorang mengalami pilek yang lama sekali sembuhnya. Ada banyak kuman dan virus yang menempel pada tangan yang kotor.

  • Menghindari penyebab alergi

Bila anda mengidap alergi tertentu, sebaiknya hindarilah penyebab dari alergi anda. Seperti yang kita ketahui bersama, alergi dapat mempermudah terjadinya sinusitis.

Fungsi utama dari sinus adalah untuk mengeluarkan lendir yang menghangatkan serta membasahi bagian dalam hidung. Lendir dalam hidung berfungsi sebagai perangkap debu serta kotoran yang masuk melalui udara.

cabai

cabai

Mencegah sinusitis bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan mengkonsumsi jenis makanan tertentu yang bisa mencegah terjadinya sinusitis. Cara yang paling mudah adalah dengan mengkonsumsi makanan yang pedas.

Makanan yang pedas, seperti cabai, mampu membuat sinus yang tersumbat oleh dahak menjadi terbuka. Selain cabai, anda juga bisa mengkonsumsi makanan yang memiliki rasa pedas yang lainnya dalam masakan anda.

Senyawa capsaicin dalam cabai mampu merangsang saraf dalam mulut serta tenggorokan untuk merangsang hidung mengeluarkan lendir yang berlebihan.

Selain mengkonsumsi cabai dan makanan pedas lainnya, berbagai jenis makanan yang bisa anda konsumsi untuk mencegah sinusitis, adalah:

  • Nanas

Salah satu makanan yang bisa kita konsumsi untuk mencegah sinusitis adalah nanas. Buah nanas mengandung banyak enzim yang mampu mencerna protein, yaitu enzim bromelain yang juga memiliki sifat antiinflamasi. Enzim bromelain dalam buah nanas juga dapat membantu mengurangi lendir dalam sinus.

  • Bawang putih

Bawang putih juga baik untuk mencegah sinusitis. Bawang putih merupakan jenis makanan yang memiliki sifat antibakteri serta antijamur yang dapat menangkal terjadinya infeksi pada sinus. Bawang putih juga ikut membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh anda untuk melawan infeksi lainnya.

  • Cuka apel

Cuka apel merupakan jenis makanan yang kaya akan potassium yang dapat mengurangi produksi lendir dalam sinus.

  • Yoghurt
yoghurt buah

yoghurt buah

Yoghurt mengandung bakteri probiotik lactobacillus. Bakteri lactobacillus merupakan bakteri baik yang dapat membantu dalam hal mengurangi berkembangnya alergi. Alergi dapat memperburuk penyakit sinusitis.

  • Vitamin C

Makanan yang kaya akan vitamin C merupakan antihistamin alami yang memiliki sifat antioksidan. Vitamin C dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta mampu mengurangi peradangan pada sinus. Jambu biji, kiwi, jeruk, brokoli, tomat serta strawberry merupakan beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin C.

  • Minyak kayu putih

Minyak kayu putih dapat menyingkirkan lendir berlebihan pada saluran pernapasan serta mengurangi gejala hidung tersumbat. Selain itu minyak kayu putih juga merupakan eskpektoran atau pengencer dahak alami yang memiliki sifat antibakteri.

  • Air

Air dapat membantu kita mencegah terjadinya sinusitis. Dengan mengkonsumsi air sebanyak 8 gelas per hari maka tubuh kita akan terhindar dari dehidrasi. Tubuh yang memperoleh cairan dalam jumlah cukup akan membuat lapisan rongga hidung tetap dalam kondisi lembab.