Cara Mengatasi Komedo Secara Alami

Ada banyak masalah yang bisa menyerang daerah sekitar wajah, sebut saja komedo, jerawat, wajah berminyak, wajah kusam, wajah bersisik dan sebagainya.

Komedo sendiri adalah benjolan kecil yang bisa ditemukan pada permukaan kulit, ya bisa dikatakan sebagai jerawat yang termasuk ringan.

Kalaupun komedo terlihat hitam, itu adalah karena terbukanya kulit di atas komedo kemudian terpapar udara.

Ada banyak pilihan perawatan yang bisa Anda pilih untuk mengatasi komedo, mulai dari perawatan yang murah meriah hingga yang harus mengeluarkan banyak uang.

Meski demikian, Anda harus tahu bahwa produk perawatan yang sangat mahal sekalipun, meskipun bisa menghilangkan komedo namun tidak bisa memberikan jaminan bahwa di masa mendatang komedo tidak akan datang kembali.

Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mencoba untuk menggunakan cara alami yang mudah dan tidak harus mengeluarkan banyak uang, sehingga di masa mendatang Anda tidak merasa menyesal ketika sudah mengeluarkan banyak uang namun komedo masih datang juga .

Yang harus Anda ketahui adalah, menghilangkan komedo dalam jangka waktu yang lama termasuk gampang-gampang sulit, karena yang jelas Anda harus rajin dan rutin membersihkan wajah Anda setiap hari untuk mencegah datangnya komedo.

Cara Mengatasi Komedo Secara Alami

Berikut ini merupakan Cara Mengatasi Komedo Secara Alami, diantaranya :

  • Lemon

Berkat kandungan asam alpha hidroksi dan vitamin C yang bisa menangkal serangan radikal bebas maka Anda bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan komedo.

Caranya yaitu buah lemon diperas, kemudian gunakan air perasan lemon untuk dioleskan pada area wajah yang berkomedo lalu diamkan selama 15 menit.

 

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis juga kaya akan kandungan vitamin C dan anti-oksidan, dimana ini bisa membantu mengatasi produksi minyak berlebihan, membantu mengurangi jerawat, mencerahkan wajah serta mengangkat sel kulit mati.

Caranya buah jeruk nipis diperas kemudian air perasannya dioleskan pada area wajah yang terdapat komedo lalu diamkan selama 15 menit.

 

  • Kulit jeruk jeruk-nipis

Kandungan vitamin C kulit jeruk sebenarnya lebih tinggi jika dibandingkan dengan buah jeruk.

Maka dari itu apabila Anda memiliki komedo, jangan buru-buru membuang kulit jeruk apabila Anda mengonsumsi buah jeruk.

Anda bisa menggunakan kulit jeruk sebagai masker wajah untuk menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya kulit buah jeruk dijemur sampai kering lalu ditumbuk sampai jadi halus.

Tumbukannya dicampur dengan air secukupnya sampai menjadi kental, kemudian bersihkan wajah dan oleskan pasta tersebut pada area wajah yang terdapat komedo.

Diamkan selama setengah jam hingga menjadi kering, kemudian bilas dengan menggunakan air hangat.

Kadar anti oksidan yang ada pada kulit jeruk akan membantu kulit untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas sekaligus membersihkan pori-pori wajah.

 

  • Pepaya

Dalam buah pepaya terdapat enzim yang bisa membantu meregenerasi kulit dimana vitamin A, C dan E yang berperan sebagai antioksidan juga akan ikut memberikan nutrisi dan menjadikan kulit Anda lebih lembab.

Dengan demikian masalah kulit mati akan menghilang sehingga komedo pada wajah juga akan ikut menghilang, maka tidak lama kemudian wajah Anda akan menjadi bersih.

Anda bisa menggunakan buah pepaya sebagai tabir surya alami untuk kulit wajah.

Caranya cukup mudah yaitu buah pepaya yang telah masak dipotong berukuran kecil-kecil, lalu dihaluskan hingga menjadi lembut.

Setelah itu Anda bisa menggunakan pepaya yang telah dihaluskan sebagai masker untuk wajah, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibersihkan dengan menggunakan air bersih.

 

  • Tomat

Dalam tomat terdapat Lycopine, yaitu senyawa antioksidan yang bisa menangkal serangan radikal bebas supaya sel kulit mati tidak menumpuk, dengan demikian komedo tidak akan muncul.

Anda juga bisa menggunakan tomat sebagai tabir surya alami untuk mencegah masalah yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

Caranya yaitu tomat ditumbuk sampai menjadi halus, kemudian dioleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas dengan menggunakan air bersih.

 

  • Kacang kedelai manfaat-kesehatan-kacang-kedelai

Kacang kedelai yang bersifat antioksidan mengandung vitamin A, vitamin B kompleks, vitamin E, fosfor, kalsium, dan zat besi.

Anda bisa menggunakan kacang kedelai sebagai bahan masker untuk menghilangkan minyak di wajah, mencerahkan wajah dan mengatasi komedo.

Caranya yaitu kacang kedelai bersih direndam selama semalaman, kemudian pada keesokan harinya kacang kedelai tidak usah diberi air sebelum akhirnya diblender sampai menjadi halus.

Anda bisa menggunakan larutan tersebut sebagai masker wajah untuk menghilangkan komedo, caranya tinggal dioleskan pada wajah lalu diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibersihkan dengan menggunakan air hangat.

 

  • Lidah buaya

Anda bisa menggunakan lidah buaya untuk menjadikan wajah Anda terlihat lebih cerah, menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori wajah.

Caranya yaitu ambil jel yang ada pada daun lidah buaya, lalu dioleskan pada area wajah yang terdapat komedo dan diamkan selama 15 menit sebelum akhirnya dibilas dengan menggunakan air bersih.

 

  • Putih telur

Putih telur kaya akan kandungan mikronutrien dan protein, yang bisa membantu mengecilkan pori-pori wajah, menghilangkan komedo dan membersihkan kotoran pada kulit wajah.

Caranya, gunakan putih telur sebagai masker wajah dan jika Anda tidak suka dengan baunya yang amis, maka Anda bisa menambahkannya dengan air jeruk nipis.

 

  • Madu

Madu juga kaya akan kandungan antioksidan dan bisa membantu mengangkat sel kulit mati.

Caranya yaitu 1 sendok makan madu murni dioleskan pada wajah lalu diamkan selama 30 menit sebelum akhirnya dibilas dengan air bersih.

 

  • Garam garam

Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), dengan demikian garam bisa membentuk senyawa netral tanpa muatan.

Biasanya garam digunakan untuk menambah kuat rasa masakan, namun Anda bisa menggunakannya untuk menghilangkan komedo.

Caranya larutkan garam secukupnya pada wadah yang berisi air panas, kemudian tempatkan wajah Anda di atas uap air garam panas tersebut.

 

  • Scrub kopi dan gula

Caranya siapkan 2 sendok makan kopi, kemudian larutkan dengan air panas dan tambahkan 1 sendok makan gula pasir.

Pastikan bahwa wajah Anda telah bersihkan sebelum dibersihkan dengan menggunakan ramuan ini.

Caranya, gunakan ramuan ini sebagai scrub dan pastikan bahwa Anda telah mengolesnya ke wajah secara merata supaya sel kulit mati bisa terangkat dengan lebih sempurna.

 

  • Tepung gandum

Anda bisa membersihkan komedo di wajah dengan menggunakan tepung gandum sebagai masker.

Caranya tepung gandum dijadikan pasta lalu dioleskan pada area wajah yang terdapat komedo dan diamkan selama 15 menit sebelum akhirnya dibersihkan dengan menggunakan air hangat.

 

  • Baking soda

Caranya oleskan baking soda pada wajah yang terdapat komedo secara merata.

Perawatan ini jika dilakukan secara rutin bisa membantu menjaga kadar pH kulit, menjaga produksi minyak pada kulit dan menghilangkan sel kulit mati pada wajah.