Cara Mengatasi Minyak Di Wajah Secara Alami

Sepertinya hampir setiap orang akan menjadi kurang percaya diri apabila terdapat minyak di wajahnya, terutama jika dirinya tampil di depan umum.

Sebenarnya pada dasarnya kulit memang memproduksi minyak, namun jika produksinya berlebihan maka wajah akan sering terlihat mengkilap.

Setiap orang biasanya memiliki jenis kulit wajah yang berbeda-beda, misalnya seperti kulit kering, kulit sensitif, kulit berminyak dan kulit normal.

Karena jenis kulit wajah berbeda-beda maka cara perawatannya pun tidak sama, dimana setiap karakter kulit wajah memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri.

Apabila Anda sudah memiliki kulit wajah yang berminyak sejak masih kecil maka jangan merasa khawatir, namun apabila waktu kecil kulit wajah masih normal lalu tiba-tiba saat dewasa berubah menjadi kulit wajah berminyak maka dalam proses perubahan tersebut pasti ada yang salah dengan cara perawatan kulit wajah Anda.

Cara Mengatasi Minyak Di Wajah Secara Alami

Cara Mengatasi Minyak Di Wajah Secara Alami

Berikut ini merupakan Cara Mengatasi Minyak Di Wajah Secara Alami, diantaranya :

  • Rajin membersihkan wajah

Sepertinya hampir setiap orang bisa membersihkan wajah, namun yang lebih penting dari itu adalah rutinitasnya.

Bersihkan wajah Anda dengan menggunakan jenis pembersih wajah yang cocok untuk jenis kulit wajah Anda.

Lakukan perawatan wajah tersebut pada saat sebelum berangkat kerja serta sebelum tidur malam.

 

  • Menggunakan produk pembersih wajah yang tepat

Jika kulit wajah Anda termasuk yang berminyak maka disarankan untuk tidak membersihkan kulit wajah dengan menggunakan sabun yang memiliki bahan deterjen atau terlalu banyak busa.

Bersihkan kulit wajah berminyak dengan menggunakan produk pembersih wajah yang memang diformulasikan khusus untuk kulit wajah berminyak.

 

  • Selalu membersihkan make-up dengan bersih

Setelah selesai memakai make-up pastikan bahwa Anda membersihkan sisa riasan make-up tersebut dengan bersih.

Make-up yang tersisa di wajah jika dibiarkan akan menumpuk sehingga bisa mengakibatkan masalah kulit lain pada wajah.

 

  • Membersihkan wajah menggunakan air hangat

Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah, karena air hangat akan membuka pori-pori sehingga hal ini akan membuat minyak pada wajah menjadi berkurang drastis.

 

  • Jeruk nipis dan putih telur masker putih telur

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam jeruk nipis bisa membantu mencerahkan kulit wajah, mencegah jerawat, mengangkat sel kulit mati dan mengatasi produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah.

Adapun putih telur kaya akan mikronutrien dan protein sehingga bisa membantu mencerahkan kulit wajah dan mengenyalkannya.

Caranya gunakan putih telur sebagai masker wajah, kemudian 1 buah jeruk nipis diperas lalu air perasan jeruk nipis tersebut dicampur dengan putih telur.

 

  • Lemon

Lemon mengandung asam alpha hidroksi yang bisa mencegah kulit terkena serangan radikal bebas.

Untuk mengurangi minyak pada wajah caranya mudah yaitu perasan lemon hanya dioleskan pada wajah.

 

  • Apel

    apel merah

    apel merah

Apel mengandung anti-septik yang bermanfaat untuk mengatasi minyak yang menumpuk pada wajah.

Caranya yaitu parut apel, kemudian gunakan sebagai masker wajah.

 

  • Alpukat

Kandungan karotenoid antioksidan, vitamin C dan E pada alpukat bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini misalnya seperti kulit keriput.

 

  • Pisang

Kandungan vitamin C pada pisang bisa membantu mengatasi minyak pada kulit wajah.

Caranya yaitu 1 buah pisang dihaluskan kemudian ditambahkan dengan 1 sendok makan madu, lalu semuanya dicampur secara merata kemudian dioleskan pada wajah.

 

  • Mentimun kulit berminyak

 

Kandungan vitamin dan mineral pada mentimun bisa membantu wajah supaya terlihat lebih cerah.

Bukan hanya itu saja karena mentimun juga bisa, mengatasi minyak yang berlebihan pada wajah, membantu mencegah pigmentasi kulit dan mengatasi lingkar mata hitam.

Caranya yaitu timun diiris tipis-tipis kemudian ditempelkan pada kulit wajah, setelah itu diamkan selama setengah jam lalu langkah terakhir dibilas dengan air bersih.

 

  • Tomat

Tomat mengandung lycopine yang merupakan senyawa antioksidan yang bisa mencegah serangan radikal bebas sehingga wajah bisa terhindar dari minyak dan menjadi terlihat lebih cerah.

Caranya tomat ditumbuk sampai menjadi halus lalu oleskan pada wajah, diamkan selama setengah jam dan terakhir bilas dengan air bersih.

 

  • Bengkoang

Kandungan vitamin B dan C pada bengkoang membuatnya cukup efektif untuk mengatasi kulit wajah berminyak.

Caranya bengkoang diparut kemudian diperas, lalu ambil air perasannya untuk digunakan sebagai masker wajah.

 

  • Almond

Anda bisa menggunakan almond untuk mengatasi kulit wajah berminyak.

Caranya yaitu 2 biji almond ditumbuk lalu tambahkan 2 sendok teh madu, campur kemudian gunakan sebagai masker wajah.

 

  • Susu

Kandungan vitamin D pada susu bisa membantu meningkatkan produksi kolagen yang berfungsi menjaga kekenyalan kulit wajah.

Caranya yaitu 2 sendok makan susu dicampur dengan 1 sendok makan madu, kemudian gunakan sebagai masker wajah selama setengah jam.

 

  • Yoghurt

Anda bisa menggunakan yoghurt sebagai masker wajah, hal ini dikarenakan kandungan zinc di dalamnya berfungsi mengatasi masalah pada kulit wajah, sedangkan kandungan kalsium membantu mencegah kulit kering.

 

  • Oatmeal

Kandungan antioksidan pada oatmeal berfungsi untuk menangkal radikal bebas pada wajah.

Caranya yaitu buatlah bubur oatmeal kemudian tambahkan madu secukupnya, lalu gunakan campuran tersebut sebagai lulur wajah.

 

  • Madu manfaat madu dan susu untuk kesehatan

Kandungan antioksidan pada madu berfungsi untuk membantu melembabkan kulit wajah, mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit wajah.

Caranya 1 sendok makan madu dioleskan pada wajah lalu diamkan selama setengah jam kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

 

  • Cuka apel

Cuka apel berperan sebagai toner alami untuk kulit wajah Anda, caranya yaitu 1 sendok makan cuka apel dicampur dengan 1 gelas air kemudian celupkan kapas lalu oleskan pada wajah Anda.

 

  • Baking soda

Fungsi baking soda adalah untuk mengatur produksi minyak pada kulit, menjaga kadar pH kulit serta mengelupas sel kulit mati yang menumpuk pada wajah.

Caranya yaitu buatlah pasta dengan menggunakan baking soda kemudian oleskan secara merata pada wajah.

 

  • Lidah buaya

Banyak produk pembersih wajah menggunakan bahan lidah buaya karena pada lidah buaya terdapat aloesin yaitu zat yang bisa mencegah wajah terlihat menjadi gelap.

Lidah buaya juga bisa membantu menyerap produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah.

Caranya yaitu hanya mengoleskan gel lidah buaya pada kulit wajah, diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih.

 

  • Minyak Jojoba

Minyak jojoba berfungsi merawat wajah berminyak serta mengurangi produksi minyak pada wajah.

Bukan hanya itu karena minyak jojoba juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan komedo pada wajah.

Caranya yaitu oleskan minyak jojoba pada wajah lalu diamkan selama seperempat jam dan langkah terakhir bilas dengan menggunakan air hangat.