Cara Menjaga Kesehatan Organ Ginjal

organ ginjal

organ ginjal

Organ ginjal sering dianggap sepele oleh beberapa orang sehingga jarang sekali dibahas tentang menjaga kesehatan organ ginjal.

Hal ini menyebabkan orang-orang menjadi tidak begitu perduli tentang kesehatan organ ginjalnya sendiri.

Padahal, organ ginjal sangat berperan dalam sistem metabolisme tubuh manusia dan sama penting dengan organ-organ yang lain dalam tubuh kita sehingga dengan tetap menjaga kondisi organ ginjal dalam tubuh kita merupakan suatu hal yang wajib.

Tidaklah mengherankan jika banyak sekali orang yang baru mengetahui bahwa ia sudah menderita penyakit ginjal saat penyakit ginjalnya sudah dalam tahap tradium lanjut. Karena memang dampak dari penyakit ginjal maupun tanda-tanda dari penyakit ginjal tidaklah begitu nyata saat masih dalam tahap stadium awal.

Karena itu, kesehatan organ ginjal bukanlah suatu hal yang bisa diremehkan bila sudah mencapai tahap stadium berat karena biaya pengobatannya sangat mahal sekali harganya. Selain itu penyakit ginjal juga dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi seperti diabetes, pengeroposan tulang sampai gangguan jantung.

Penyakit ginjal dibagi menjadi dua, yaitu penyakit ginjal yang bisa disembuhkan serta penyakit ginjal yang tidak bisa disembuhkan. Kedua jenis penyakit ginjal ini memerlukan perawatan medis yang berbeda.

batu ginjal

batu ginjal

Penyakit ginjal yang masih bisa disembuhkan, seperti batu ginjal. Penyakit seperti batu ginjal masih bisa disembuhkan bila penyebab dari penyakit batu ginjal yaitu batu yang terdapat pada ginjal sudah diangkat atau hancur dengan sendirinya sehingga fungsi dari ginjal menjadi normal seperti biasanya.

Penyakit ginjal yang tidak dapat disembuhkan, seperti kebocoran pada ginjal atau dikenal dengan nama penyakit ginjal kronis. Penyakit ginjal kronis memang tidak dapat disembuhkan, namun bisa disiasati dengan cara menghambat perkembangan melalui pengobatan medis serta menjalankan gaya hidup yang sehat.

Dibawah ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan organ ginjal kita sehingga kita terhindar dari bahaya penyakit yang dapat menyerang ginjal kita.

  • Menjaga Gula Darah

Cara yang pertama untuk menjaga organ ginjal adalah dengan menjaga gula darah dalam tubuh kita tetap stabil. Kadar gula yang terlalu tinggi dalam darah bisa menjadi salah satu penyebab dari penyakit ginjal. Sebuah data yang dikeluarkan oleh badan bernama Indonesia Renal Registry telah menyebutkan bahwa tahun 2010 lalu, penyakit diabetes ikut menyumbang sekitar 25% menyebabkan penyakit ginjal.

  • Menjaga Kondisi Fisik

tetap berolahragaCara untuk menjaga organ ginjal adalah dengan menjaga kondisi fisik dengan cara berolahraga secara rutin serta mengkonsumsi makanan yang bergizi seimbang. Makanan yang tidak menyehatkan seperti makanan yang mengandung zat pewarna juga ikut berperan dalam pembentukan penyakit ginjal.

Selain itu, kita juga perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi minuman seperti teh dan kopi. Sebaiknya jangan terlalu sering mengkonsumsi teh maupun kopi dalam jumlah yang berlebihan. Karena jika terlalu berlebihan dapat mengganggu fungsi organ ginjal. Biasakan mulai sekarang untuk berolahraga secara rutin serta menjaga asupan makanan dan minuman dalam tubuh kita.

  • Jaga Tekanan Darah

Cara selanjutnya adalah dengan menjaga tekanan darah. Tekanan darah tinggi juga ikut berperan dalam penyebab penyakit ginjal sekitar 35%, sesuai dengan data yang ada pada tahun 2010 yang dikeluarkan oleh Indonesia Renal Registry. Jadi, sebisa mungkin mulai dari sekarang kita harus menjaga tekanan darah tetap stabil agar tidak terjadi peningkatanan pada tekanan darah secara tiba-tiba. Konsumsi makanan-makanan yang dapat menjaga tekanan darah tetap stabil seperti buah dan sayuran.

  • Air Putih
air putih

air putih

Air putih dalam jumlah yang cukup dapat mencegah dehidrasi serta menjaga kesehatan organ ginjal kita. Jika tubuh kita mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi maka organ ginjal kita akan menjadi terganggu. Jadi, untuk menjaga kesehatan organ ginjal kita memerlukan cairan yang baik seperti air putih. Selain dari air putih, kita dapat memperoleh cairan dari sayuran dan buah segar.

  • Memeriksakan Diri Secara Rutin serta Jauhi Rokok

Cara untuk menjaga kesehatan ginjal adalah memeriksakan diri secara rutin dengan cara memeriksakan protein dalam air seni serta mengukur laju filtrasi glomerulus. Selain itu kebiasaan buruk seperti merokok dapat menyebabkan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit ginjal. Sebaiknya kurangilah atau hentikan kebiasaan merokok anda untuk menjaga kesehatan organ ginjal.