Cara Merangsang Kecerdasan Calon Bayi Dalam Kandungan

Bagi seorang ibu yang sedang dalam kondisi hamil biasanya memiliki keinginan ingin mempunyai bayi dengan tingkat kecerdasan yang tinggi supaya dalam masa proses tumbuh kembangnya nantinya bisa menjadi anak yang pandai dan cerdas.

Sebenarnya kecerdasan bayi sudah bisa dipersiapkan sejak masih berada di dalam kandungan, jadi bukan hanya setelah proses kelahiran saja.

Merangsang kecerdasan bayi yang dilakukan sejak masih berada di dalam kandungan bisa membantu bayi untuk beradaptasi dengan lebih cepat terhadap proses masa tumbuh kembangnya setelah masa kelahiran.

Di luar negeri sudah bukan hal yang aneh jika seorang ibu yang sedang dalam kondisi hamil memiliki kesibukan tersendiri untuk melakukan berbagai kegiatan khusus yang dilakukan supaya bayi yang di dalam kandungan bisa memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi.

Apalagi tingkat kecerdasan anak di sekolah atau lembaga akademis biasanya diukur dengan tingginya tingkat IQ (intelligence quotient) anak.

Berikut ini adalah Cara Merangsang Kecerdasan Calon Bayi Dalam Kandungan diantaranya :

  • Makan makanan yang bergizimakanan-sehat-untuk-ibu-hamil

Seorang ibu yang sedang dalam posisi mengandung bayi wajib makan makanan yang bergizi karena apa yang dimakan si ibu ini nantinya juga ikut dimakan oleh si bayi yang ada di dalam kandungan.

Dengan demikian sudah sepatutnya jika ibu yang sedang dalam kondisi hamil mengonsumsi makanan dan minuman yang lebih banyak dari masa sebelum hamil karena si bayi dalam kandungan juga membutuhkan asupan gizi dari makanan.

Kebutuhan gizi si ibu harus bisa terpenuhi dengan baik, namun kebutuhan gizi bayi dalam kandungan juga harus diperhatikan dengan baik.

Tingkat kecerdasan anak memiliki hubungan yang erat dengan omega 3, AHA, DHA dan asam folat yang bisa diperoleh dari berbagai makanan sehat.

Berbagai makanan sehat yang mengandung omega 3, AHA, DHA dan asam folat bisa diperoleh dari ikan tuna, ikan salmon, minyak dan telur ikan.

Kebutuhan DHA bisa diperoleh dari berbagai makanan yang terbuat dari daging unggas ataupun kuning telur.

Bahan makanan lain yang disarankan untuk dikonsumsi selama masa kehamilan adalah hati ayam, kacang kedelai, gandum cokelat, bayam, pisang, brokoli, jagung manis dan sayur kangkung.

Hal yang tidak kalah penting adalah ada baiknya jika ibu yang sedang mengandung untuk mengonsumsi lebih banyak makanan yang mengandung mineral untuk melengkapi gizi si bayi dalam kandungan yang bisa diperoleh dari sayur, buah dan susu.

 

  • Merangsang dengan Visual ibu-hamil-membaca-buku

Anda bisa merangsang otak calon bayi melalui rangsangan visual dimana impuls-impuls listrik akan timbul pada otak bayi setelah otak ibu mendapatkan rangsangan.

Misalnya dengan membayangkan pemandangan alam yang sangat indah, mengingat-ingat kenangan masa lalu yang indah, ataupun menganggap bahwa perjalanan hidup ini indah dimana pikiran-pikiran ini bisa merangsang otak kanan sang ibu hamil.

Sedangkan aktivitas seperti menulis hal-hal yang baik, membaca buku yang bagus, berpikir atau berhitung bisa merangsang otak kiri sang ibu hamil.

 

  • Merangsang melalui pendengaran

Ketika memasuki trimester kedua biasanya bayi yang ada di dalam kandungan sudah mulai bisa memberikan respon misalnya dengan menendang perut ibunya.

Dengan kata lain ketika memasuki usia 20 mingguan bayi yang ada di dalam kandungan sudah mulai bisa memberikan respon terhadap cahaya dan sudah bisa mendengar suara.

Bayi yang ada di dalam kandungan bisa diberi rangsangan dengan mendengar berbagai nada suara yang indah seperti mendengar musik klasik, membaca kitab suci atau bercerita dari tulisan pada buku.ibu-hamil-mendengar-musik-klasik

Pada usia kehamilan 23 minggu si ibu hamil bisa mengajak ngobrol janin dalam kandungan walaupun dimasa ini kemampuannya masih sangat terbatas namun si bayi bisa mengenali suara bapak atau ibunya.

Di masa ini bayi yang ada di dalam kandungan sudah mulai bisa memberikan respon terhadap cahaya, jadi misalnya terkena cahaya yang silau maka bayi akan sering menunjukkan respon.

 

  • Pola makan teratur, istirahat teratur dan hindari stres

Sebagian besar aktivitas yang dilakukan bayi yang ada di dalam kandungan adalah tidur jadi pola tidur sang calon bayi harus diperhatikan dengan baik karena pola tidur si calon bayi akan mengikuti pola tidur si ibu.

Supaya anak yang ada di dalam kandungan merasa nyaman dan bisa melakukan aktivitasnya dengan baik maka si ibu harus bisa mengatur gaya hidup yang sehat seperti pola makan yang tepat dan sehat, istirahat dengan teratur dan terhindar dari stres.cara-merangsang-kecerdasan-calon-bayi-dalam-kandungan

Selama anak di dalam kandungan merasa nyaman dan bisa melakukan pola aktivitas yang baik maka hal ini bisa memberikan pengaruh positif bagi masa tumbuh kembangnya nanti.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghindari stres misalnya dengan membuat tubuh dan pikiran rileks dengan melakukan yoga atau prenatal.

Keadaan ini yang akan membuat janin yang ada di dalam kandungan merasa rileks dan mampu meningkatkan kecerdasannya.