Cara Penyakit Masuk Ke Dalam Tubuh

virus penyakit

virus penyakit

Semua manusia selalu berusaha untuk menghindari serangan berbagai macam penyakit. Tubuh yang terserang suatu penyakit tentunya akan mengurangi kualitas hidup pada seseorang serta dapat mengancam kehidupan seseorang.

Maka dari itu, sebaiknya kita harus berupaya agar kita tidak terserang oleh berbagai macam penyakit. Untuk mengurangi resiko terserang penyakit, kita harus mengetahui terlebih dahulu tentang bagaimana cara penyakit masuk ke dalam tubuh kita .

Kali ini kami akan membahas berbagai cara penyakit masuk ke dalam tubuh kita agar kita bisa lebih waspada terhadap berbagai macam penyakit yang dapat mengurangi kualitas hidup kita.

Lewat Saluran Pernapasan

penularan penyakit lewat pernapasan

penularan penyakit lewat pernapasan

Saluran pernapasan merupakan saluran yang paling mudah untuk berbagai virus penyakit memasuki tubuh kita. Beberapa jenis penyakit dapat masuk dengan mudah melalui saluran pernapasan, meliputi penyakit paru-paru, selesma, pneumonia, cacar serta influenza.

Cara penularan penyakit lewat saluran pernapasan terbagi dalam dua cara, meliputi:

  • Berbagai bibit penyakit terbang di udara yang berasal dari percikan ludah yang terdapat di permukaan tanah serta bercampur dengan debu. Kuman maupun virus yang bercampur dengan debu tersebut akan terbang terbawa angin lalu memasuki saluran pernapasan kita.
  • Bibit penyakit berasal dari percikan cairan yang dikeluarkan oleh mulut maupun hidung seseorang yang mengalami penyakit saat penderita penyakit tersebut berbicara, bersin maupun batuk.

Lewat Kulit

Ada juga beberapa jenis penyakit yang masuk ke dalam tubuh dan menyebar lewat kulit. Jenis penyakit yang penyebarannya lewat kulit, meliputi tetanus, bisul, cacingan khususnya cacing tambang serta malaria. Umumnya, penyakit seperti ini terjadi karena adanya kontak secara langsung dengan di penderita seperti di sebuah perkampungan, pasar dan lain sebagainya.

Penyakit yang terjadi lewat kulit bisa juga karena adanya perantara seperti sapu tangan, baju dan lain sebagainya. Umumnya penyakit yang terjadi karena adanya kontak langsung antara benda seperti baju dengan kulit akan memunculkan penyakit kuli,t seperti kudis, kurap maupun panu.

Sebaiknya jangan bertukar pakaian dengan siapapun yang memang mengalami sakit kulit serta tidak tidur bersama orang yang memiliki masalah penyakit yang dapat menular lewat kulit.

Lewat Pencernaan

bakteri penyebab keracunan makanan

bakteri penyebab keracunan makanan

Jenis penyakit seperti tipus, kolera, keracunana makanan serta cacingan umumnya terjadi karena adanya bibit atau sumber penyakit yang masuk lewat saluran pencernaan. Umumnya, bibit penyakit nantinya masuk ke dalam tubuh kita melalui makanan maupun minuman maupun peralatan makan yang sudah tercemar berbagai bibit penyakit.

Berbagai bibit penyakit akan masuk ke dalam rongga mulut bersamaan dengan makanan maupun minuman yang kita konsumsi. Makanan yang sudah dihinggapi lalat maupun telah tercampur dengan racun akan menyebabkan seseorang yang memakannya akan terserang berbagai jenis penyakit yang berbahaya.

Lewat Plasenta

Plasenta juga bisa menjadi perantara penularan beberapa jenis penyakit. Penyakit yang diderita oleh seorang ibu dapat menular pada anaknya lewat plasenta. Umumnya, penyakit yang menular lewat plasenta merupakan menyakit yang snagat berbahaya. Berbagai jenis penyakit yang dapat menular lewat plasenta, meliputi AIDS, hepatitis, toksoplasmosis serta syphilis.

Lewat Hubungan Intim

Penyakit juga bisa masuk cengan cara lewat hubungan intim, baik hubungan intim dengan berlainan jenis maupun dengan sesama jenis. Berbagai jenis penyakit yang cara penularannya lewat hubungan intim, meliputi AIDS, keputihan, gonorhea, herpes genital, hepatitis B sipilis serta klamida. Untuk tidakan pencegahan sebaiknya jangan berhubungan intim dengan berganti-ganti pasangan.

Bila kita dapat mengetahui dengan baik tentang cara penyakit masuk ke dalam tubuh, maka kita bisa lebih waspada agar tidak melakukan berbagai hal yang dapat menyebabkan penyakit masuk ke dalam tubuh kita.