Cara Untuk Menstabilkan Hormon

hormon dalam tubuh manusia

hormon dalam tubuh manusia

Salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi adalah tidak stabilnya hormone dalam tubuh. Hormon yang tidak seimbang akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang secara keseluruhan.

Ketidakseimbangan hormone akan menyebabkan kadar hormone dalam tubuh kita menjadi tidak stabil. Kondisi seperti ini akan menyebabkan berbagai gangguan, seperti menstruasi yang tidak teratur, jerawat, masalah pada kesuburan, stress, masalah pada berat badan, bahkan sampai penyakit diabetes maupun kanker.

Memang, kadar hormone pada pria maupun wanita terdapat perbedaan. Namun, tidak stabilnya hormone pada wanita maupun pria akan menyebabkan masalah kesehatan yang hampir sama.

Tubuh yang sehat dan bugar akan mempengaruhi kestabilan hormone dalam tubuh. Salah satu cara untuk menjaga tubuh kita tetap sehat dan bugar adalah dengan berolahraga secara rutin. Olahraga seperti fitness, jogging serta berenang merupakan jenis olahraga yang baik untuk menjaga kestabilan hormone.

Untuk menjaga kestabilan hormone, anda juga perlu untuk mengendalikan asupan makanan yang mengandung gula. Sebisa mungkin ganti kebiasaan makan nasi atau roti putih dengan makanan yang lebih sehat, seperti gandum.

Selain itu, kurangi konsumsi kafein seperti kopi. Kopi tidak baik untuk hormone dalam tubuh kita. Bila anda mengalami masalah gangguan hormonal pada tubuh anda, maka sebaiknya kurangi, kalau bisa jauhi kopi agar kadar hormon dalam tubuh anda kembali seimbang.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang baik untuk menjaga kestabilan hormone dalam tubuh kita. Berbagai makanan dan minuman tersebut, adalah:

  • Air putih

Air putih merupakan minuman yang kaya akan manfaat untuk kesehatan. Air putih akan menjauhkan anda dari masalah dehidrasi. Rajin mengkonsumsi air putih akan menjaga kelembaban tubuh serta dapat menurunkan tingkat stress. Maka dari itu, sebaiknya konsumsi air putih paling tidak 8 gelas per hari.

  • Minyak kelapa

Minyak kelapa sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, minyak kelapa juga mampu membantu kita dalam hal menjaga kestabilan hormone dalam tubuh kita.

  • Kacang-kacangan
kacang-kacangan

kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu sumber protein yang baik bagi tubuh kita. Salah satu dari manfaat protein bagi tubuh kita adalah menjaga hormone dalam tubuh kita tetap stabil. Berbagai jenis kacang, seperti kacang hijau, almond, kacang kedelai serta kenari, juga baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki masalah hormone yang tidak stabil.

  • Alpukat

Alpukat mengandung lemak yang baik untuk menjaga kesttabilan hormone dalam tubuh. Selain buah alpukat, anda juga bisa mengkonsumsi buah pisang untuk menjaga kestabilan hormone dalam tubuh.

  • Sayuran

Sayuran merupakan jenis makanan yang memiliki serat yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain memberikan serat yang baik untuk kesehatan, sayur juga dapat menjaga kestabilan hormone dalam tubuh.

  • Ikan

Mengkonsumsi ikan, seperti ikan salmon, makarel dan lain sebagainya juga baik untuk menjaga kestabilan hormone dalam tubuh kita. Sebab, ikan salmon mengandung omega 3 yang baik untuk kesehatan serta baik juga untuk kestabilan hormone dalam tubuh.

  • Yoghurt tanpa lemak

 

plain yoghurt dengan buah

plain yoghurt dengan buah

Yoghurt tanpa lemak juga bisa kita konsumsi untuk menjaga kestabilan hormone, khususnya bagi wanita. Mengkonsumsi yoghurt tanpa lemak akan mengurangi resiko terjadinya kanker payudara. Selain itu, yoghurt juga dapat mengurangi masalah pada bagian usus serta saluran pencernaan.

Tidak stabilnya hormone dalam organ pencernaan akan menyebabkan masalah pada pencernaan, baik pada wanita maupun pria. Yoghurt juga dapat mengurangi penyakit maag. Mengkonsumsi yoghurt rendah lemak saat sarapan maupun makan siang akan sangat baik bagi kestabilan hormone.

  • Likopen

Mengkonsumsi buah-buahan yang banyak mengandung likopen seperti tomat maupun semangka, juga baik untuk menjaga kestabilan hormone. Hormone yang tidak stabil pada pria dapat menyebabkan terjadinya kanker prostat, sednagkan pada wanita dapat menyebabkan kanker payudara.

Selain dapat mencegah terjadinya kanker, jenis makanan yang mengandung likopen juga dapat mencegah munculnya penyakit jantung, baik pada pria maupun wanita. Umumnya, jenis makanan yang mengandung likopen juga mengandung antioksidan yang memiliki kemampuan untuk mencegah penuaan dini.