Cara Yang Baik Untuk Mempercepat Metabolisme

makanan protein hewani

makanan protein hewani

Sistem metabolism tubuh kita sebagian ditentukan oleh factor genetika. Dan seiring dengan bertambahnya usia seseorang, maka proses metabolisme dalam tubuhnya akan berjalan semakin lamban.

Seperti yang kita ketahui bersama, cara untuk mendapatkan berat badan yang ideal adalah mempercepat laju system metabolism dalam tubuh kita. Metabolsime merupakan proses mengubah nutrisi serta kalori yang kita dapatkan dari makanan maupun minuman menjadi energy yang diperlukan oleh tubuh kita untuk melakukan segala aktivitas.

Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari system metabolism yang baik. Metabolisme tubuh yang baik akan meningkatkan kesehatan anda sehingga anda akan selalu tetap dalam kondisi prima serta tidak mudah terserang penyakit. Dengan system metabolism yang baik maka segala gangguan kesehatan yang dapat mengancam kesehatan anda akan dapat dicegah.

Semakin bertambahnya usia serta factor-faktor lainnya dapat mempengaruhi laju metabolism tubuh kita.

Namun anda tidak perlu terlalu cemas, karena masih ada beberapa cara yang baik untuk mempercepat proses metabolisme tubuh yang mulai lamban. Kita bisa mempercepat laju proses metabolism tubuh dengan cara mengkonsumsi makanan sehat.

Selain itu masih ada beberapa cara lain yang bisa kita lakukan untuk mempercepat lajunya proses metabolism yang mulai menurun, yaitu:

  • Memenuhi asupan nutrisi untuk tubuh
protein hewani

protein hewani

Salah satu nutrisi yang penting bagi tubuh kita, adalah zat besi. Kekurangan zat besi akan membuat sel-sel dalam tubuh kita tidak bisa mendapatkan oksigen dalam jumlah yang cukup. Karena sel-sel tubuh kekurangan oksigen, maka system metabolism tubuh kita ikut menurun.

Maka dari itu, sebisa mungkin kita dapat memenuhi asupan zat besi guna mempercepat system metabolism tubuh. Berbagai jenis makanan, seperti daging tanpa lemak, hati, buah serta kacang-kacangan merupakan sumber dari zat besi.

  • Cukupi kebutuhan kalsium serta vitamin D

Kekurangan kalsium juga bisa mempengaruhi laju system metabolism tubuh kita. Wanita rentan mengalami kekurangan kalsium. Kalsium akan ikut berperan dengan berbagai unsur lain dalam tubuh kita yang nantinya akan mempercepat laju metabolisme tubuh kita. Susu serta yoghurt bebas lemak akan baik sekali untuk menunjang laju metabolism tubuh kita.

Tubuh kita juga memerlukan vitamin D yang bisa kita dapatkan dari berbagai jenis makanan, seperti salmon, udang, telur maupun tahu. Selain itu, sinar matahari pagi juga mengandung vitamin D yang baik untuk mempercepat system metabolism tubuh kita.

  • Memenuhi kebutuhan vitamin B

Vitamin B berfungsi sebagai koenzim dalam proses metabolisme energy dalam tubuh kita. Mulai dari proses metabolism lemak, gula maupun protein, semuanya membutuhkan asupan vitamin B yang cukup.

Kita bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang kaya akan vitamin B, seperti sayuran, ikan, telur, jamur, brokoli, daging merah, buncis, salmon dan masih banyak lagi. Gandum serta padi juga mengandung vitamin B.

  • Sarapan pagi
sarapan pagi

sarapan pagi

Sarapan pagi juga ikut berperan dalam proses metabolism dalam tubuh kita. Bila kita jarang sarapan pagi, maka tubuh kita akan cenderung terasa lemas, kurang bergairah serta buruknya peredaran darah.

Sarapan sangat penting bagi kita. Sebab, ketika kita tidur proses metabolism tubuh kita cenderung menurun. Sarapan pagi bertujuan untuk menggerakkan kembali metabolism tubuh. Bila kita tidak sarapan maka kita tidak dapat membakar lemak dengan lebih sempurna.

  • Cukup minum

Proses metabolism tubuh yang baik memerlukan cairan yang cukup. Bila tubuh kita kekurangan cairan, maka laju metabolism tubuh kita akan menurunyang nantinya akan mempengaruhi proses penguraian lemak.

Ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa setaip kita minum segelas air, maka laju proses metabolism tubuh kita akan meningkat sebesar 30%. Jadi, jangan tunggu tubuh kita berkeringat untuk minum. Minumlah air putih paling tidak 6 gelas per hari. Jangan minum minuman mansi karena efeknya justru berbeda.

  • Konsumsi makanan pedas

Konsumsi makanan pedas dapat mempercepat proses metabolism tubuh. Makanan pedas mengandung senyawa capsaicin yang baik untuk meningkatkan laju proses metabolism dalam tubuh kita.

Tambahkan sesendok cabai merah atau cabai hijau halus dalam makanan yang akan anda konsumsi. Sesendok cabai merah halus akan meningkatkan laju metabolism tubuh kita sebesar 23%. Selain itu, jahe juga bisa digunakan untuk mempercepat laju proses metabolism tubuh.

  • Konsumsi makanan yang kaya protein
protein hewani

protein hewani

Cara lain seperti mengkonsumsi makanan yang kaya protein juga baik untuk memeprcepat proses metabolism tubuh. Metabolism tubuh yang baik memerlukan otot yang sehat. Protein merupakan nutrisi yang penting dalam hal pembentukan otot. Konsumsilah makanan kaya protein, seperti daging tanpa lemak, susu, ikan, telur serta kacang-kacangan akan baik sekali untuk pembentukan otot yang nantinya akan mepercepat laju metabolism tubuh.

Protein akan meningkatkan laju metabolism tubuh sebesar 35% setelah makan. Orang-orang yang mengkonsumsi ikan secara teratur cenderung memiliki kadar hormone yang berhubungan dengan kegemukan serta penurunan metabolism yang lebih rendah.

  • Kurangi porsi dan memperbanyak frekuensi makan

Ketika kita makan, maka proses metabolism tubuh cenderung lebih cepat. Semakin sering kita makan, maka tubuh kita akan beradaptasi dengan sendirinya sehingga proses metabolism tubuh kita akan ikut aktif.

Makanlah dalam porsi kecil namun lebih sering. Anda tidak perlu makan makanan yang berat-berat. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti salad buah diantara jam makan ketika anda mulai merasa lapar.

  • Olahraga

Olahraga di pagi hari tidak hanya membuat tubuh anda menjadi semakin fit, namun juga dapat membantu meningkatkan laju metabolism tubuh kita, dibandingkan dengan melakukan olahraga di sore maupun malam hari.

Sebenarnya, olahraga merupakan satu-satunya cara untuk meningkatkan laju metabolism yang mulai menurun. Olahraga yang dapat mempercepat proses metabolism adalah olahraga seperti aerobic, latihan jongkok serta latihan beban.