Cara Yang Tepat Dalam Mengkonsumsi Makanan Sehat

macam-macam sayuran

macam-macam sayuran

Makanan yang sehat, merupakan sesuatu yang penting bagi tubuh kita. Dengan mengkonsumsi makanan sehat, maka kita akan selalu sehat serta terhindar dari berbagai macam penyakit.

Setiap makanan sehat yang kita konsumsi tidak memberikan manfaat yang sama dengan seperti yang dikonsumsi oleh orang lain.

Mengapa bisa begitu? Karena ada begitu banyak factor yang mampu mempengaruhi kadar serta jumlah nutrisi yang kita dapatkan dari makanan sehat yang kita konsumsi.

Berbagai factor yang dapat mempengaruhi kadar nutrisi meliputi cara memanen, proses pemasakan, makanan pendamping sampai tingkat flora atau bakteri yang ada di dalam usus.

Menurut para pakar nutrisi, ada cara yang paling tepat dalam mengkonsumsi makanan. Ada makanan yang perlu dimasak aja juga makanan yang bisa langsung dimakan.

Berbagai cara yang tepat dalam mengkonsumsi bahan makanan, meliputi:

  • Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan kandungan nutrisi penting bagi kesehatan. Umumnya wortel dipotong kecil-kecil sebelum dimasak.

Ternyata, memotong wortel dalam bentuk kecil-kecil mampu mengurangi kandungan nutrisinya. Cucilah wortel sampai bersih lalu masaklah wortel dalam bentuk utuh. Selain itu, wortel juga sebaiknya dimasak terlebih dahulu daripada dikonsumsi dalam keadaan segar. Sebab, proses pemasakan justru mampu meningkatkan jumlah karotenoid yang terkandung di dalam wortel.

  • Teh
teh hijau

teh hijau

Teh merupakan salah satu minuman yang menyehatkan bagi tubuh kita. Sebaiknya jangan minum teh yang dicampur dengan susu. Protein susu mampu menguraikan bahkan menghancurkan senyawa-senyawa baik dalam teh, sehingga manfaat dari teh menjadi berkurang.

Teh hijau merupakan jenis teh yang paling hebat bagi kesehatan. Jangan mencampurkan gula pada teh hijau anda. Ganti gula pada teh hijau dengan sedikit perasan air jeruk. Air jeruk mengandung vitamin C yang nantinya akan meningkatkan kandungan nutrisi serta kandungan antioksidan dalam teh hijau.

  • Bawang putih

Biasanya bawang putih dihancurkan terlebih dahulu sebelum diolah atau dimasukkan ke dalam masakan. Sebaiknya segera masukkan bawang putih yang sudah dihancurkan ke dalam masakan.

Bawang putih memiliki enzim allicin. Allicin akan hilang bila bawang putih dibiarkan terlalu lama setelah dihancurkan. Enzim allicin memiliki sifat antioksidan serta mampu mengurangi resiko penyakit jantung dengan cara mencegah penumpukan lemak pada pembuluh darah.

  • Kentang

Biasanya kentang dimasak atau diproses dengan cara direbus, ditumbuk, digoreng maupun dipanggang. Kentang yang paling sering dikonsumsi umumnya adalah kentang putih. Ternyata ada kentang yang memiliki banyak sekali nutrisi yaitu kentang ungu.

Kentang ungu memiliki manfaat yang baik sekali bagi kesehatan, seperti menurunkan tekanan darah bahkan mampu mencegah kanker. Kandungan nutrisi kentnag ungu lebih tinggi daripada kentang putih, sebab kentang ungu mengandung polyphenol yang lebih banyak serta mampu mengurangi efek respon gula darah.

  • Salad dressing

Sekarang ini banyak salad dressing bebas lemak yang dijual di pasaran. Ya, banyak orang yang takut dengan lemak. Padahal, lemak memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita.

Lemak merupakan pelarut vitamin A,D, E, K. selain itu, lemak juga mampu membuat kita merasa kenyang lebih lama serta membuat kita menjadi lebih puas setelah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Jadi, mengkonsumsi salad dressing yang berlemak tidak berbahaya bagi kesehatan. Kecuali porsinya terlalu banyak.

  • Apel dan pir
buah apel

buah apel

Sebaiknya pilihlah buah apel dan pir yang sedikit atau sudah matang. Apel dan pir yang sudah melewati proses pematangan akan menguraikan kandungan klorofil yang ada didalamnya.

Buah apel dan pir yang sudah matang menghasilkan lebih banyak nutrisi, seperti vitamin, mineral serta antioksidan yang lebih banyak, sehingga bisa dikatakan lebih baik bagi kesehatan kita.

  • Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik bagi kesehatan. Salah satu dari manfaat brokoli bagi kesehatan adalah mencegah penyakit kanker.

Memasak brokoli dengan cara dikukus merupakan satu-satunya cara yang paling baik dalam mempertahankan, bahkan mampu meningkatkan berbagai vitamin, mineral serta senyawa-senyawa yang menyehatkan tubuh kita. Direbus serta digoreng merupakan cara yang sangat buruk dalam hal mengolah brokoli.

Saat mengukus brokoli anda juga bisa menambahkan sesuatu yang pedas ke dalamnya. Cara seperti ini dipercaya mampu meningkatkan kekuatan dari brokoli dalam melawan penyakit kanker.

  • Mustard

Mustard merupakan salah satu bumbu yang sangat menyehatkan bagi kesehatan. Salah satu manfaat dari mustard adalah mempu mencegah peradangan.

Sebaiknya pilihlah mustard yang sederhana. Mustard kuning biasa lebih bermanfaat bagi kesehatan, karena disinyalir mengandung senyawa curcumin yang biasanya terkandung dalam kunyit.